NewsMusik

Hari Musik Nasional, Deretan Musisi Indonesia yang Berkarier di Pasar Internasional

Hobring.com – Setiap tanggal 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013. Hal ini juga berkaitan erat dengan hari lahirnya pencipta lagu Indonesia Raya yaitu WR Supratman.

Meskipun penetapan Hari Musik Nasional sempat mengundang kontroversi dikalangan musikus tanah air. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat para musisi Indonesia lainnya untuk terus berkarya dan mengharumkan nama Indonesia.

Salah satu impian yang umumnya diinginkan oleh para musisi yakni dapat menggapai ke pasar Internasional. Jika belakangan ini musisi atau grup idol dari Asia yakni BTS yang berhasil bertengger di tangga musik Billboard.

Ternyata para musisi Indonesia juga tak kalah keren dan menganggumkannya, lho. Selain berkarier di pasar Internasional, beberapa musisi asal Indonesia ini juga pernah menduduki di tangga musik di Billboard, Amerika Serikat. Kira-kira siapa saja ya?

1. Anggun C. Sasmi

Musisi legendaris yang sudah tidak diragukan lagi kualitas suaranya adalah Anggun Cipta Sasmi atau yang biasa dikenal dengan nama Anggun C. Sasmi.


Baca Juga:


Lahir di Jakarta pada 29 April 1974, Anggun mengawali kariernya dengan berlatih vokal bersama Ayahnya ketika usia Anggun masih tujuh tahun.

Pada 1986, Anggun menelurkan album rock pertamanya yang berjudul ‘Dunia Aku Punya’. Di usianya yang baru 12 tahun, Anggun tidak serta merta mendapatkan perhatiannya dimata publik.

Dua tahun kemudian, di tahun 1989, singel andalannya yang berjudul ‘Mimpi’ meroket di belantika musik Indonesia. Majalah Rolling Stone merilis pernyataan bahwa lagu tersebut menjadi lagu terbaik Indonesia sepanjang masa.

Karier Anggun C. Sasmi di Indonesia semakin bersinar yang kemudian ia pun mencoba peruntungan dengan berkarier di mancanegara. Ia hijrah dari Indonesia ke Eropa demi mewujudkan impiannya sebagai musisi internasional.

Nyatanya, berkarier di pasar internasional tidaklah mudah. Ia harus menerima kekecewaan saat semua demo rekamannya tidak mendapatkan respon positif dari perusahaan-perusahaan rekaman di Eropa.

Namun bukan Anggun namanya jika ia menyerah begitu saja. Pertama kalinya, di tahun 1997, Anggun C. Sasmi berhasil mewujudkan impiannya.

Buah dari kerja kerasnya selama bertahun-tahun membawanya untuk melahirkan album berbahasa Perancis pertama yang berjudul Au nom de la lune atau yang dikenal dengan Snow on The Sahara.

Tidak hanya itu saja, ia pun menggebrak pasar internasional dengan merilis lagu-lagu berbahasa Inggris di 33 negara untuk wilayah Eropa, Asia bahkan Amerika. Hal itu yang kemudian membawanya menjadi musisi pertama di Indonesia yang menembus tangga musik Billboard.

Singel lagu Snow on The Sahara berhasil masuk ke Billboard Hot Dance/Club Play yang bertengger di posisi 16. Kemudian berada di posisi 19 untuk Billboard Border Breakers Chart dan posisi 22 di Billboard Adult Contempory Chart.

Pencapaian inilah yang membuat Anggun C. Sasmi dikenal sebagai musisi asal Indonesia yang berkarier di pasar Internasional.

2. Agnez Mo

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh AGNEZ MO (@agnezmo)

Selain Anggun C. Sasmi, nama Agnes Monica atau Agnez Mo juga berhasil menembus pasar Internasional sejak tahun 2010.

Berawal dari penyanyi cilik, musisi yang lahir pada tanggal 1 Juli 1986 ini berhasil melahirkan album anak-anak pertamanya pada tahun 1994 yang diberi judul Si Meong.

Kesuksesan Agnez Mo membawanya menjadi penyanyi cilik yang popular di era tahun 1990-an. Ia pun berhasil memboyong penghargaan bergengsi salah satunya Panasonic Award.

Tak hanya sukses di bidang musik, Agnez juga menjajal peruntungan di bidang seni peran dengan sinetron pertamanya di tahun 1999. Ia pub semakin sukses saat membintangi Dini dalam sintron Pernikahan Dini.

Perjalanan karier Agnez semakin menanjak saat dirinya menjadi salah satu pembawa acara red carpet pada ajang penghargaan bergengsi yaitu American Music Award di Los Angeles pada tahun 2010.

Pengalaman itu yang kemudian membawanya untuk bertemu bahkan berduet dengan para penyanyi terkenal asal Amerika misalnya Michael Bolton yaitu salah satu penyanyi senior yang berkelas.

Pada 2018, salah satu lagu Agnez Mo dan Chris Brown yang berjudul Overdose berhasil menembus dua tangga lagu Billboard di Amerika Serikat yaitu R&B/Hip-Hop Airplay di urutan 36 dan Top 40 Rhythmic Songs di posisi 38.

Baru-baru ini, Agnez merilis single terbarunya yang berjudul Promises dan Fuckin’ Boyfriend. Diketahui lagu Promises adalah lagu yang didedikasikan untuk mereka yang terdampak Covid-19.

Pada Hari Musik Nasional tahun ini, pencapaian Agnez Mo dibuktikan dengan panggelaran untuk penggalangan dana Internasional yang diadakan beberapa bulan lalu. Agnez pun tampil dengan membawakan lagu Promises yang diharapkan dapat membantu mereka yang membutuhkan.

3. Rich Brian

Musisi asal Indonesia yang kembali menorehkan prestasi di belantika musik Internasional adalah Rich Brian.

Rapper yang bernama lengkap Brian Imanuel Soewarno ini mengawali kariernya pada tahun 2015. Ia merilis single perdananya yang berjudul Living the Dream melalui kanal YouTube pribadi miliknya.

Single kedua yang berjudul “Dat $tick” menjadi awal debutnya pada tahun 2016 dan berhasi merebut perhatian publik melalui keahlian ngerapnya.

Di tahun 2017, Rich Brian mulai melakukan tur Amerika yang kemudian membawanya bertemu dengan 88rising dan mereka pun berkolaborasi bersama.

Karier Rich Brian semakin bersinar tatkala saat ia masuk Billboard 200 melalui albumnya yang berjudul AMEN. Pada 2018, hal itu membuatnya menjadi musisi Asia pertama yang memuncaki tangga lagu hip hop iTunes.

Pada debutnya, Rich Brian bertengger di posisi 18 dengan berhasil mengalahkan beberapa musisi ternama seperti Chris Brown bahkan Eminem.

Rich Brian semakin diakui sebagai salah satu musisi Indonesia yang berhasil menampakki kariernya di belantika musik internasional.

Hari Musik Nasional kali ini membawa karier Rich Brian semakin gemilang sebagai musisi Indonesia yang berbakat.

4. Blue Diamonds

Bagi anak milenial nama grup musik Blue Diamonds atau The Blue Diamonds mungkin tidak terlalu popular. Tapi bagi penikmat musik 1960-an, grup musik asal Indonesia ini pasti sudah tidak asing lagi.

Berkarier sejak zaman kolonial Belanda, Blue Diamons merupakan duo du-wap Belanda di tahun 1960-an. Mereka dikenal dengan singel terlarisnya berjudul Ramona.

Dipelopori oleh Ruud de Wolff dan Riem de Wolff, musisi Belanda-Indonesia ini mendirikan grup musik tersebut setelah mereka pindah ke Belanda di tahun 1949.

Karier musik mereka semakin melejit setelah lagu Ramona ditampilkan pada sebuah pertunjukan seni musik di Belanda.

Kesuksesan itu membawa The Blue Diamonds menempati peringkat ke 72 pada tangga lagu Billboard Hot 100 Amerika Serikat di tahun 1960.

Meskipun The Blue Diamonds sudah tidak memungkinkan untuk tampil aktif seperti dahulu. Tapi kira-kira apakah kamu sudah pernah mendengarkan lagu-lagu epik mereka? Kalau sudah, bagaimana tanggapanmu?

5. Dara Puspita

Hari Musik Nasional, Deretan Musisi Indonesia yang Berkarier di Pasar Internasional
Dara Puspita. Sumber: Twitter Rolling Stone Indonesia

Musisi yang berkarier di pasar internasional dan berhasil mencetak prestasi di tangga musik Billboard berikutnya adalah Dara Puspita.

Grup musik asal Surabaya, Jawa Timur yang terbentuk sejak tahun 1964 mengawali album perdananya yang berjudul Jang Pertama dan dirilis dalam piringan hitam pada 1966 di bawah label Mesra.

Dua tahun kemudian, Dara Puspita mencoba kariernya di Eropa pada bulan Juli 1968. Selama 3 tahun lamanya, Dara Puspita menyinggahi beberapa negara di Benua Eropa dan kembali lagi ke Indonesia pada tahun 1971.

Pada 2010, Dara Puspita berhasil menembus pasar internasional dengan menduduki posisi 15 dalam tangga lagu Billboard World Album.

Meski mengalami pasang surut personil dan sempat diterpa kabar atas ketidakharmonisan antar personil, namun Dara Puspita tetap menunjukkan eksistensinya sebagai musisi legendaris tahun 60-an.

Nah itulah beberapa musisi Indonesia yang berhasil berkarier di pasar Internasional dan menduduki tangga musik Billboard.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Billboard adalah tangga lagu bergengsi di Amerika Serikat yang sudah mendunia. Ternyata musisi Indonesia tak kalah suksesnya dengan musisi mancanegara lainnya.

Selamat Hari Musik Nasional, semangat terus musisi Indonesia!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button