TravelingNews

Hanya Ada 500, Ini Paspor Terlangka di Dunia

Paspor adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh pihak berwenang dalam suatu negara dengan memuat identitas pemegangnya guna mengunjungi perjalanan antar negara. Namun ada beberapa negara yang memiliki label paspor terlangka.

Meski dunia tengah dihadapkan dengan virus corona yang tak kunjung membaik membuat aktivitas di luar rumah baik di dalam atau luar negeri menjadi terbatas. Meski demikian Henley Passport Index tetap merilis daftar peringkat paspor semua negara di dunia.

Adapun paspor Jepang menduduki paspor terkuat di dunia dengan skor 191, diikuti oleh Singapura pada posisi kedua.

Tidak hanya bisa mengunjungi banyak negara, paspor juga memiliki hal lain yang dapat dibanggakan lainnya seperti hak eksklusif. Untuk paspor jenis ini hanya dikeluarkan oleh Sovereign Military Order of Malta atau Ordo.

Ordo Berdaulat Malta sendiri adalah ordo agama Katolik tradisional militer, ksatria, dan bangsawan tertua di dunia yang masih berdiri hingga saat ini yang bertempat di Palazzo Malta, Roma. Ordo sendiri menjadi lembaga berdaulat di bawah hukum internasional.

Misi Ordo adalah melindungi Gereja Katolik dan melayani orang-orang yang membutuhkan bantuan, hal ini terangkum dalam semboyan Tuition Fidei et Obsequium Pauperum.

Paspor dari Ordo pun menjadi paspor yang paling langka di dunia. Dikutip dari laman Travel and Leisure, diklaim hanya ada 500 paspor Ordo yang beredar di seluruh dunia untuk saat ini. Paspor ini pun hanya diberikan pada Dewan Sovereign (pemerintah), kepala, dan anggota Misi Diplomatik.

Meski demikian, ada beberapa negara, seperti Selandia baru, dan Amerika Serikat yang tidak menerima paspor ini sebagai bentuk identitas dari perjalanan yang sah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button