NewsTech

Fitur Unduh dan Tips Sembunyikan Foto di Google Photos

Hobring.com – Google kembali mengumumkan pembaruan yang berguna bagi penggunanya. Kini bagi pengguna yang kerap mengunduh foto dari Gmail, terdapat sebuah opsi unduhan lampiran foto langsung di Gmail.

Dalam opsi tersebut terdapat sebuah tombol bernama “Save to Photos” yang memungkinkan pengguna bisa langsung menyimpan foto dari lampiran e-mail ke Google Photos tanpa harus unduh terlebih dahulu.

Diketahui selama ini hanya ada dua opsi unduhan di lampiran foto Gmail, yakni unduh ke perangkat atau menambahkannya di Google Drive.

Menurut Google, fitur ini bisa memberikan opsi bagi pengguna yang ingin langsung mencadangkan foto ke Google Photo tanpa harus mengunduh foto lebih dulu dari Gmail.

Sayangnya, pembaruan ini belum merata ke seluruh pengguna Gmail, nantinya kehadiran tombol “Save to Photos” berada di sisi paling kanan, bersebelahan dengan logo Google Drive.

Anda juga dapat menemukannya di tombol menu (titik tiga vertikal) yang berada di pojok kanan atas saat membuka gambar secara penuh.

Fitur ini, baru berlaku untuk jenis foto JPEG, sementara untuk format gambar PNG, GIF, atau TIFF hanya akan memiliki dua opsi yang ada selama ini.

Sekadar informasi, terkait Google Photos, yakni adanya opsi penyimpanan tanpa batas (unlimited) tidak akan tersedia lagi mulai 1 Juni mendatang.

Semua foto baru yang akan dicadangkan mulai atau setelah 1 Juni nanti akan masuk ke dalam ruang penyimpanan 15GB gratisan bawaan Google.

Apabila ruang penyimpanan ini telah digunakan seluruhnya,pengguna bisa membeli tambahan kapasitas penyimpanan cloud Google.

Namun, semua foto dan video yang telah dicadangkan sebelum 1 Juni tidak akan memakan ruang penyimpanan 15GB tersebut.

Tips sembunyikan foto kenangan di Google Photos

Untuk Anda pengguna Google Photos pasti akrab dengan memories, fitur yang memunculkan foto dari tanggal yang sama di setiap tahunnya.

Namun bagi Anda yang tidak ingin mengingat kenangan tersebut, kini Google telah menambahkan alat baru yang memungkinkan Anda untuk menghapus foto dari Memories, begini caranya:

  • Langkah pertama, buka aplikasi seluler Google Photos. Di atas Above Photo View, Anda akan melihat kreasi, seperti Spotlight, Recent Highlights, One Year Ago dan banyak lagi.
  • Jika Anda mengetuk salah satu kreasi, Anda akan melihat opsi di kanan bawah untuk memfavoritkan gambar, membagikannya, atau berinteraksi lebih lanjut dengan pengaturan, lalu klik ikon “Settings”.
  • Selanjutnya, pilih “Memories Settings“. Di sana Anda bisa cukup spesifik gambar apa yang ingin atau tidak ingin Anda lihat kembali.

Sayangnya, untuk saat ini cara ini hanya akan menyembunyikan subjek seperti yang muncul dalam ingatan atau kreasi. Jika Anda menggulir melalui Photo View, masih ada kemungkinan Anda bisa menemukan gambar yang tidak diinginkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button