NewsHiburan

Fenomena Aphelion, Saat Bumi Berada di Titik Terjauh dari Matahari

Hobring.com – Seluruh dunia akan menghadapi fenomena Aphelion yaitu fenomena di mana posisi Bumi berada pada titik terjauh dengan Matahari.

Hal ini disebabkan karena orbit planet Bumi tidak sepenuhnya berada di lingkarang sempurna melainkan berbentuk oval dengan kelonjongan di angka sekitar 1/60.

Menurut Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) bahwa fenomena Aphelion akan terjadi pada tanggal 6 Juli 2021 pukul 05.27 WIB, 06.27 WITA dan 07.27 WIT.

Sementara beberapa negara lainnya yang berada di wilayah Amerika Utara dengan zona waktu Timur akan menghadapi fenomena Aphelion pada hari ini 5 Juli 2021 pukul 18.27 EST.

Secara umum memang tidak tampak perbedaan yang signifikan. Hanya saja penduduk Bumi akan merasakan suhu yang lebih dingin dari biasanya ketika di pagi hari yang disebabkan oleh pola angin bertiup.


Baca Juga:


Saat ini posisi Matahari berada di bagian Utara di mana tekanan udara di belahan Utara akan lebih rendah jika dibandingkan dengan bagian Selatan yang sedang mengalami musim dingin.

Angin bertiup dari arah Selatan menuju Utara dan saat ini angin sedang bertiup dari arah Australia. Sehingga efek yang ditimbulkan adalah penurunan suhu udara.

Adapun beberapa wilayah di Indonesia yang mengalami penurunan suhu adalah Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara yang terletak di selatan khatulistiwa.

Selain mengalami Aphelion, Bumi juga mengalami Perihelion sebuah fenomena yang membuat Bumi berada paling dekat dengan Matahari. Hal ini terjadi setelah titik balik matahari di bulan Desember.

Aphelion dan Perihelion
Foto: Old Farmer Almanac

Baik fenomena Aphelion dan Perihelion adalah dua fenomena yang terjadi karena orbit elips yang diikuti oleh planet. Artinya adalah ada satu titik di bagian yang paling dekat dengan Matahari dan ada titik lainnya yang menjauhi Matahari.

Dilansir dari laman Science Times, saat Bumi berada paling dekat dengan Matahari maka belahan bumi bagian Utara akan mengalami musim dingin. Sebaliknya, Bumi bagian Utara akan mengalami musim hangat sampai panas ketika Bumi berada di titik terjauhnya selama Aphelion.

Meskipun tidak berdampak besar tapi tetaplah jaga kesehatan di mana pun Anda berada. Serta patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan atau gunakan handsanitizer dan menjaga jarak.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button