NewsLifestyle

Doodle Art, Seni Gambar yang Ampuh Untuk Atasi Rasa Setres

Hobring.com – Menggambar adalah suatu aktivitas yang merepresentasikan sebuah ide, gagasan dan imajinasi seseorang untuk kemudian menghasilkan suatu ekspresi yang unik dan menarik.

Sementara Doodle Art adalah sebuah seni menggambar ‘mencoret-coret’ yang memiliki makna representasi dari imajinasi yang abstrak.

Istilah Doodle Art semakin popular di Indonesia. Selain dapat menghasilkan sebuah karya seni.

Doodle Art ternyata juga ampuh mengatasi rasa setres. Oleh karena itu, dalam beberapa tahun terakhir terutama di masa pandemi Covid-19.

Ada banyak orang yang mulai tertarik menekuni aktivitas doodle art bahkan menjadikannya sebagai hobi.


Baca Juga:


Azalia Paramatatya atau Anya, Pendiri Komunitas Doodle Art Indonesia menceritakan tentang peran doodle art dalam kehidupannya.

Mengenal dunia gambar sejak duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Anya (nama panggilan Azalia Paramatatya) pada saat itu menyadari bahwa ia sudah memiliki ketertarikan pada dunia gambar.

Namun karena keterbatasannya dalam mengakses segala macam informasi melalui internet. Ia pun belum dapat mengetahui bahwa menggambar memiliki jenis yang beragam salah satunya adalah doodle art.

“Pengen bisa gambar tapi nggak bisa gambar orang, nggak bisa gambar hewan. Jadi kalau saya pribadi, yaudah deh yang penting gambar. Cuman kayak coret-coret,” ujar Pendiri Komunitas Doodle Art Indonesia, Azalia Paramatatya pada Selasa (1/6/2021) kepada Hobring.com melalui Zoom.

“Nah itu ternyata, ke bawa sampai SMA. Sampai kuliah akhirnya saya mencoba mencari tahu. Cari-cari di internet akhirnya ketemu namanya doodle art.”

Sejak saat itulah, Anya mulai menekuni dunia doodle art. Menurut Anya, menggambar doodle art dapat memengaruhi suasana hatinya menjadi lebih baik.

“Selama ini yang saya rasakan dari doodling itu yaitu mood jadi lebih baik. Terus jadi lebih kreatif sama jadi lebih fokus,” kata Anya.

“Apalagi kalau misalkan memang akhirnya bergabung dengan komunitas itu juga lebih banyak lagi benefitnya (keuntungan) sih. Jadi ketemu teman-teman yang hobinya sama.”

Bagi Anda yang tertarik untuk menggambar doodle art Anya mengatakan bahwa alat-alat yang dibutuhkan sangat mudah dicari yaitu kertas dan pensil.

Selain itu, jenis-jenis doodle art yang kini diminati oleh banyak orang berdasarkan sepengamatan Anya adalah karakter lucu, pattern atau pola berulang, floral dan original karakter setiap individu.

“Kayaknya yang paling banyak sekarang itu yang karakter yang lucu-lucu, yang ditumpuk-tumpuk jadi banyak gitu,”tuturnya.

“Tapi banyak juga yang bikin motif atau pattern. Karena itu mengisi satu bidang dengan objek yang berulang-ulang. Keliatannya sederhana tapi ketika udah jadi keliatan lebih rumit.”

doodle art
Contoh doodle art pattern. Foto: Freepik

Untuk lebih mengeksplorasi lagi, doodle art dapat digunakan pada berbagai media. Misalnya menggambar doodle art dengan mengaplikasnnya ditembok. Kemudian kayu dan lainnya.

Anda juga bisa mengganti pensil dengan ampas kopi, spidol atau cat tembok. Hal itu yang kemudian menurut Anya doodle menjadi semakin unik dan menarik.

“Jadi sebenarnya (hanya) alat dan bahan aja yang bisa kita kreasikan sebebas mungkin. Semakin kreatif medianya, semakin menantang gitu,” jelasnya.

Antusiasme masyarakat baik kalangan anak-anak sampai orang dewasa terhadap doodle art terlihat dari partisipasi mereka untuk bergabung dengan Komunitas Doodle Art Indonesia.

Menurut Anya komunitas yang telah berdiri sejak 2015 ini sudah memiliki 60 regional cabang Doodle Art Indonesia yang tersebar diberbagai wilayah di Indonesia.

Ia sendiri membuat komunitas ini sebagai wadah bagi siapapun yang ingin belajar dan menjadikan doodle art hobi bahkan peluang karier.

Baginya, menekuni seni menggambar doodle art bisa membuka kesempatan berkarier di masa depan selama menjalaninya dengan serius dan tekun.

“Banyak banget yang menjadikan ini (hobi doodle art) untuk sumber pemasukan. Kalau untuk menjanjikan masa depan atau enggak itu tergantung usahanya masing-masing. Tapi jalannya bisa, terbuka ke sana,” katanya.

“Karena banyak juga misalkan kafe atau misalnya restauran yang melirik doodle art itu mau diaplikasikan ke kafe mereka. Jadi sebenarnya jalannya ada, tapi tergantung usaha masing-masing.”

Peran keluarga bagi Anya begitu penting. Dukungan merekalah yang membuat Anya terus berkembang sama halnya dengan berkembangnya komunitas Doodle Art Indonesia.

Kehadiran Doodle Art Indonesia layaknya seperti keluarga yang saling mendukung satu sama lainnya.

Anya mengatakan bahwa Doodle Art Indonesia berusaha untuk membantu para pemula yang mengalami kebingungan untuk memulainya dari mana.

“Ada hastag khususnya #TutorialDAI itu tuh emang buat teman-teman yang bersedia untuk memberikan sedikit ilmunya. Jadi kasih ke Doodle Art Indonesia untuk kita bikin tutorialnya. Teman-teman bisa lihat.”

Anya berharap agar lebih banyak lagi orang-orang yang tertarik untuk berkarya dan bergabung bersama Doodle Art Indonesia.

Menggambar doodle art adalah suatu aktivitas yang menyenangkan dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Sementara bagi para pegiat doodle art yang sudah terjun lama dalam komunitas maupun kegiatan lainnya diharapkan dapat terus mengembangkan karya seni doodle agar tidak hanya produktif tapi juga sehat secara mental.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button