NewsLifestyle

Diet Sattvic, Sebuah Manfaat Yoga Untuk Diet

Hobring.com – Diet adalah cara ampuh yang digunakan oleh mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Sedangkan yoga merupakan olahraga yang dapat membantu seseorang untuk melengkapi progam dietnya. Siapa sangka kalau manfaat yoga untuk diet ternyata punya pengaruh besar dalam menurunkan berat badan.

Nah mungkin saat ini Anda juga sedang bertanya-tanya apakah yoga bisa membantu program diet. Jawabannya adalah iya. Lalu, pernahkah Anda mengetahui Diet Sattvic?

Menurut The Yoga Institute bahwa diet sattvic adalah diet vegetarian murni yang mencakup buah segar musiman, banyak sayuran segar, kacang-kacangan, kecambah, kacang-kacangan kering, biji-bijian, madu, herba segar, dan susu rendah lemak. Asupan ini pada akhirnya akan meningkatkan sattva atau tingkat kesadaran kita.

Jika kita sudah mengontrol asupan makanan kita dengan melakukan diet sattvic, lalu manfaat apa yang akan kita terima? Nah berikut ini adalah manfaat yoga untuk diet jika kita melaksanakan diet sattvic.

1. Membuang toxic dalam tubuh

Dalam diet yoga, ada sebuah aturan untuk memulai hari dengan segelas air hangat bersamaan jus lemon di dalamnya.

Hal ini bertujuan untuk membersihkan tubuh dan membantunya membuang racun yang berbahaya.


Baca Juga:


Dengan proses detoksifikasi yang teratur, organ-organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik, sehingga tubuh tidak terserang penyakit dan penyakit.

2. Menjadi lebih lincah

Diet sattvic tidak hanya membuat sehat secara fisik, tetapi juga membuat kita menjadi lebih lincah.

Inilah salah satu manfaat yoga untuk diet karena pola makan yang telah menyeimbangkan tubuh, pikiran dan jiwa, sehingga menghasilkan kualitas kesehatan yang lebih baik dari sebelumnya.

 

3. Menurunkan berat badan

Sudah sangat jelas jika diet sattvic dipercaya dapat menurunkan berat badan karena kita mengonsumsi asupan makan yang terkontrol baik.

manfaat yoga untuk diet
Foto: Drobotdean

Oleh karena itu, salah satu cara terbaik untuk menghilangkan lemak, dan sekaligus memperkuat daya kekebalan tubuh Anda dengan cara melakukan diet sattvic.

4. Memperlancar buang air besar

Karena diet sattvic adalah diet dengan pola asupan makanan seperti sayuran berdaun hijau, buah-buahan dan lainnya sebagainya. Maka, hal ini membuat sistem pencernaan tidak perlu banyak kerja keras untuk mencerna makanan.

Hasil akhirnya pun dapat dilihat dari lancarnya buang air besar, bahkan membuat kulit tampak lebih bercahaya dan lain-lain.

5. Meningkatan daya ingat otak

Penting sekali untuk Anda yang ingin meningkatkan kesehatan dan daya ingat otak dengan cara melakukan diet sattvic.

manfaat yoga untuk diet
Foto: Lookstudio

Tahukah Anda bahwa makanan sattvic termasuk minyak kelapa, biji kecambah memiliki kandungan lemak yang baik untuk tubuh. Selain rasanya enak, tentu saja makanan ini memiliki manfaat yang luar biasa.

Diet sattvic atau diet yoga adalah jenis diet terbaik jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat bersama dengan pikiran yang damai.

Menggabungkan jenis diet ini dengan yoga dan meditasi dapat meningkatkan kekuatan pada diet yoga.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, diet sattvic merupakan diet yang baik karena manfaat yoga untuk diet memiliki pengaruh yang besar pada hidup Anda di masa depan.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button