NewsTraveling

Deretan Tempat Wisata di Mandalika yang Wajib Dikunjungi Saat ke Pulau Lombok

Tempat wisata apa yang ingin Anda kunjungi di Mandalika?

Hobring.com – Baru-baru ini, Mandalika berhasil merebut perhatian publik tentang sirkuit MotoGP 2021. Ternyata, ada beragam tempat wisata di Mandalika yang juga menarik untuk dikunjungi dan tentu saja mengagumkan.

Mandalika merupakan sebuah kawasan yang letaknya berdekatan dengan Pulau Bali, lebih tepatnya di Nusa Tenggara Barat.

Terletak di bagian Selatan Pulau Lombok, kawasan Mandalika memiliki beragam destinasi wisata bahari dengan pesona pantai dan alam bawah lautnya yang mengagumkan. Tak heran, jika Mandalika menjadi destinasi wisata impian bagi semua orang.

Sebelum Anda melancong, ada baiknya Anda mengetahui tempat wisata apa saja yang bisa dikunjungi dan cocok untuk petualangan. Berikut ini Hobring.com rekomendasikan tempat wisata di Mandalika yang bisa menjadi refrensi Anda sebelum menuju ke tempat tujuan.

1. Pantai Kuta Mandalika

Tempat Wisata di Mandalika
Pantai Kuta Mandalika. Sumber: Wonderin.id

Kawasan Mandalika adalah kawasan yang berbatasan langsung dengan pesisir laut Lombok. Oleh karenanya, Mandalika memiliki keunggulan yaitu pantainya yang indah dan memesona.


Baca Juga:


Selain itu juga, Mandalika memiliki air laut yang jernih dan hembusan angin sepoi-sepoi yang selalu memuaskan bagi siapapun yang sedang mengunjungi wilayah pesisir tersebut.

Kaya akan wisata bahari, Mandalika pun berupaya memberikan pelayanan dengan berdirinya beberapa penginapan di pesisir pantai.

Anda bukan hanya dapat menikmati di kala matahari bersinar, bahkan Anda bisa menikmati Pantai Mandalika ketika senja bahkan saat malam hari tiba.

Suasana romantis dan ketenangan tentunya akan Anda dapatkan saat Anda mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

2. Patung Puteri Mandalika

Tempat Wisata di Mandalika
Patung Puteri Mandalika. Sumber: Penujak Online

Tidak jauh dari Pantai Mandalika terdapat sebuah patung yang menceritakan tentang kisah Puteri Mandalika.

Patung-patung tersebut menggambarkan mengenai legenda yang cukup menyedihkan. Kisah patung Mandalika pun berkaitan erat dengan tradisi Bau Nyale yang kerap dirayakan pada bulan Februari sampai Maret, setiap tahunnya.

Dalam sejarah legenda Suku Sasak terdapat puteri yang cantik dari Raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting bernama Puteri Mandalika.

Puteri yang satu ini diperebutkan oleh pangeran-pangeran tampan yang berasal dari kerajaan yang berbeda. Permasalahan itu pun membuat hidup sang puteri menjadi tidak tenang.

Ia pun memilih untuk mengakhiri hidup dengan cara menerjunkan dirinya ke dalam lautan. Sayangnya, sejak saat itu, Puteri Mandalika tidak ditemukan jasadnya melainkan muncul sebuah fenomena alam dengan kehadiran cacing berwarna-warni atau yang disebut dengan nama cacing palolo di balik batu karang pantai.

Masyarakat setempat khususnya Suku Sasak yang berada di Pantai Seger Mandalika percaya bahwa fenomena tersebut adalah bagian dari kisah Puteri Mandalika.

Sejak saat itu, masyarakat Suku Sasak terutama dipesisir Pantai Seger menetapkan sebuah tradisi ritual upacara yang diperingati setiap tahunnya dengan sebutan nama Bau Nyale.

Dalam bahasa Sasak, Bau artinya menangkap. Sedangkan kata Nyale artinya cacing laut yang hidup di dalam lubang-lubang batu karang. Sehingga, Bau Nyale memiliki makna menangkap cacing di laut.

3. Bukit Seger

Setelah puas menikmati pesisir pantai di dekat patung Puteri Mandalika, tidak ada salahnya berjalan ke arah bukit untuk bisa melihat panorama alam dari atas Bukit Seger.

Dari atas bukit ini, Anda bisa melihat keindahan alam Pantai Seger yang memesona dengan ditemani hembusan angin yang membelai rambut Anda.

Tak hanya itu saja, tempat wisata di Mandalika yang satu ini juga sangat cocok untuk berswafoto sambil mengabadikan momen kebersamaan Anda bersama orang tersayang.

Dengan latar belakang Pantai Seger yang menakjubkan, Bukit Seger adalah tempat terbaik untuk Anda melepas penat.

4. Bukit Kenjering

Masih belum puas dengan pemandangan alam di Bukit Seger? Tenang, Mandalika masih punya beragam alternatif destinasi wisata salah satunya adalah Bukit Kenjering.

Berada di Kawasan Ekonomi Kreatif Mandalika, Bukit Kenjering letaknya tidak terlalu jauh dari Bukit Seger. Anda hanya membutuhkan waktu berjalan kali sekitar 10 menit dari Bukit Seger untuk bisa mencapai ke Bukit Kenjering.

Pemandangan di Bukit Kenjering pun tidak kalah memesona. Panorama alam yang menakjubkan dari atas Bukit Kenjering akan menyambut Anda dengan pemandangan alamnya yang eksotis dan deburan ombaknya.

Jika Anda ingin mengunjunginya, disarakan untuk membawa perbekalan sendiri karena kemungkinan masih belum ditemukan penjaja makanan yang berjualan di pesisir pantai.

Selain itu juga, jika Anda membawa anggota keluarga disarankan untuk tetap menjaga keselamatan dan menjaga kebersihan dimanapun Anda berada. Jangan sampai, kita menjadi penyumbang sampah dan merusak ekosistem alamnya, ya.

5. Tanjung Bongo

Jika Anda ingin petualangan yang seru dan menantang, cobalah untuk menuju Tanjung Bongo yang letaknya di ujung timur Bukit Merese.

Kabarnya, akses yang cenderung sulit membuat Tanjung Bongo jarang didatangi oleh orang-orang di luar dari Mandalika.

Bagi sebagian orang, Tanjung Bongo dianggap sebagai ‘surga’ tersembunyi di Pulau Lombok yang menawarkan banyak keindahan alam yang menakjubkan.

Perjalanan yang melelahkan akan terbayar tuntas ketika kaki Anda telah menginjakkan Tanjung Bongo dan menyaksikan pemandangan alam yang memesona disertai Bukit Merese yang berdiri gagah.

Tempat wisata di Mandalika yang satu ini memang instagrammable banget. Tidak heran, banyak orang yang rela berjuang untuk sampai ke Tanjung Bongo.

6. Batu Payung

Tempat Wisata di Mandalika
Batu Payung. Sumber: flickr

Di sebelah Timur Tanjung Bongo terdapat fenomena alam yang sangat unik yang disebut dengan nama Batu Payung.

Objek wisata ini adalah batu karang yang terbentuk secara alami oleh erosi, gerusan air laut dan gerusan angin dari ribuan tahun dengan membentuk formasi karang dan mirip sekali seperti cendawan atau payung kuncup.

Nama Batu Payung pun lahir dan masyarakat serta pemda setempat menetapkannya sebagai salah satu objek wisata yang ikonik.

Kabar terbaru, batu payung yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan khususnya di Mandalika kini telah mengalami kondisi memprihatinkan yaitu rubuhnya bebatuan tersebut karena faktor alam.

Meskipun mungkin Anda sudah tidak menemukan batu payung lagi. Anda tidak perlu khawatir karena pantai Batu Payung masih akan menawarkan panorama alam yang eksotis dengan dikelilingi tebing-tebing yang cantik.

7. Pantai Gerupuk

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indonesia.Travel (@indtravel)

Mau mencoba tempat surfing terbaik di dunia? Pantai Gerupuk jawabannya.

Pantai Gerupuk adalah salah satu destinasi tempat wisata di Mandalika yang wajib untuk Anda kunjungi bagi Anda yang suka olahraga surfing.

Deburan ombak yang besar membuat pantai Gerupuk selalu menjadi pusat perhatian bagi para peselancar dari seluruh dunia. Pantai yang satu ini juga menjadi lokasi berselancar paling menantang di Pulau Lombok.

Tak hanya ombaknya yang menantang, pemandangan alam bawah laut Pantai Gerupuk juga tidak kalah mengesankan.

Bagi Anda yang suka olahraga diving atau sekadar snorkeling, Pantai Gerupuk adalah tempat yang tepat untuk dijadikan bucket list Anda berikutnya.

Baik wisatawan domestik maupun mancanegara, Pantai Gerupuk dikenal sebagai salah satu tempat surfing yang menyenangkan.

Di kawasan ini juga Anda dapat menemukan beberapa spot surfing yang dimulai dari level pemula sampai dengan area surfing untuk level yang paling tinggi.

Jika Anda tidak terlalu tertarik untuk berolahraga surfing ataupun diving, duduk di pesisir pantai bisa menjadi pilihan terbaik waktu liburanmu sambil merasakan hembus angin dan pemandangan alam di Pantai Gerupuk yang mengagumkan.

Tempat wisata di Mandalika yang satu sangat wajib dijadikan destinasi petualangan Anda berikutnya.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button