NewsLifestyle

Deretan Rekomendasi Buku Fotografi Terbaik Sepanjang Masa

Hobring.com – Selama bertahun-tahun, dunia fotografi selalu mengalami banyak perubahan dan beragam inovasi yang mengikuti tren terkini. Meskipun telah melalui perkembangan dari waktu ke waktu, namun siapa sangka kalau semua itu tidak pernah lepas dari buku fotografi terbaik sepanjang masa.

Ada banyak buku tentang fotografi yang bisa menginspirasi kita sampai saat ini. Entah dari konsep yang baru untuk dipelajari sampai teknik kreatif untuk dijelajahi

Buku fotografi yang bagus menurut PHLEARN Magazine adalah buku yang mencakup tiga elemen penting yaitu gambar yang dikurasi dengan baik, teks yang menarik dan informatif, serta pesan yang berharga.

Nah, bagi Anda yang ingin mempelajari dunia fotografi, Hobring.com akan merekomendasikan buku fotografi terbaik yang akan memberi Anda pengetahuan untuk memulai dunia seni memotret.

1. The Decisive Moment karya Henri Cartier-Bresson

BUKU FOTOGRAFI
The Decisive Moment karya Henri Cartier-Bresson. Foto: AMAZON

Buku fotografi The Decisive Moment karya Henri Cartier-Bresson adalah buku klasik yang menjadi salah satu buku terbaik dari generasi ke generasi bagi para fotografer di seluruh dunia.


Baca Juga:


Membaca buku yang satu ini adalah alasan yang bagus untuk belajar dari seorang fotografer Prancis yang dianggap oleh beberapa orang sebagai bapak jurnalisme foto modern.

Kehadiran karya Henri Cartier-Bresson sangat memengaruhi perkembangan fotografi jalanan atau street photography sampai saat ini.

The Decisive Moment seakan sedang menyoroti pengalaman dan gagasan Cartier-Bresson tentang sebuah foto yang berhasil menangkap pemandangan sepersekian detik.

Ia bahkan mengungkapkan kebenaran yang lebih besar tentang situasi yang lebih besar, melalui teks dan gambar yang direproduksi dengan indah dari karya Cartier-Bresson yang mengesankan.

Buku terbitan tahun 1952 ini sangat direkomendasikan untuk siapa pun yang ingin meningkatkan kemampuan menangkap adegan yang menceritakan sebuah kisah.

2. The Negative karya Ansel Adams

Buku fotografi
The Negative karya Ansel Adams. Foto: Goodreads

Ansel Adams adalah fotografer asal Amerika yang terkenal dengan beberapa gambar selama abad ke-20. Sedangkan buku The Negative adalah sebuah mahakarya dari Ansel yang menyoroti akan penguasan teknik fotografi yang sangat mengesankan.

Anda akan mendapatkan rahasia terbesar fotografi dari Ansel Adams dengan membaca buku yang satu ini. Di mana ia memberikan wawasan tentang sistem eksposur “zona” miliknya.

Diterbitkan pada tahun 1955, buku The Negative direkomendasikan untuk Anda yang memiliki ketertarikan khusus pada fotografi black and white.

3. Looking at Photographs: 100 Pictures from the Collection of The Museum of Modern Art karya John Szarkowski

Buku Fotografi
Looking at Photographs. Foto: Mateland’s Home Market

Jika Anda tertarik untuk menemukan artistik fotografi, buku Looking at Photographs: 100 Pictures from the Collection of The Museum of Modern Art karya John Szarkowski adalah buku yang tepat untuk Anda baca.

Buku fotografi yang satu ini tidak hanya sebuah buku yang penuh dengan gambar yang indah dan menginspirasi. Buku ini dipilih sebagai bagian dari sejarah fotografi oleh seorang fotografer, kurator, sejarawan dan kritikus yaitu John Szarkowski.

Buku yang diterbitkan pada tahun 1973 ini merupakan buku yang berisi gambar-gambar berserta teks, di mana Szarkowski membahas apa yang membuat karya itu luar biasa dan signifikan.

4. Understanding a Photograph karya John Berger

Buku fotografi
Understanding a Photograph. Foto: Depop

John Berger membuat kumpulan esai inovatif ke dalam buku Understanding a Photograph yang membahas cara kita memandang dunia di sekitar kita.

Berger membuat sebuah teks yang menggugah pikiran dan mengeksplorasi isu-isu seperti masa perang, budaya dan politik melalui lensa pengalaman dan ekspresi artistik yang unik.

Buku fotografi yang terbit pada tahun 2013 ini media yang memengaruhi banyak aspek dunia di luar bidang seni dan budaya dan buku ini adalah bacaan penting bagi fotografer yang ingin memahami betapa hebatnya gambar mereka.

Understanding a Photograph karya John Berger adalah buku yang direkomendasikan untuk Anda yang tertarik untuk melihat bagaimana dunia fotografi berhubungan dengan dunia media secara keseluruhan.

5. Magnum Contact Sheets karya Kristen Lubben

buku fotografi
Magnum Contact Sheets. Foto: Edition Argentum

Sejak diterbitkan pada 2011, buku Magnum Contact Sheets karya Kristen Lubben adalah buku yang direkomendasikan untuk Anda yang ingin tahu tentang proses kreatif yang digunakan di dalam industri saat ini.

Buku fotografi yang satu ini akan membongkar rahasia mengenai pembuatan beberapa foto ikonik yang pernah diambil. Selain itu juga, membahas metode secara kreatif, konseptual, strategi, dan pasca-pemrosesan yang terlibat dalam produksinya.

Tak hanya itu saja, bahkan kita bisa tahu tentang hasil yang ada dalam pikiran fotografer saat mereka mengambil gambar tersebut.

Buku ini akan menjelaskan kepada Anda mengenai cara para fotografer top dunia untuk memotret dan mengedit karya terbaik mereka.

Melalui analisis kritis dari kisah latar setiap gambar, buku ini tentu saja akan memberikan pemahaman yang kuat kepada para fotografer pemula dan pembaca tentang apa yang diperlukan untuk mengambil foto yang menakjubkan.

6. The Dramatic Portrait: The Art of Crafting Light and Shadow karya Chris Knight

buku fotografi
he Dramatic Portrait. Foto: Amazon

Buku The Dramatic Portrait: The Art of Crafting Light and Shadow karya Chris Knight adalah buku fotografi yang mempelajari tentang bagaimana cahaya dan bayangan bekerja sama untuk menciptakan foto yang mengesankan terutama pada tampilan wajah.

Chris Knight mengambil dari pengalamannya sebagai instruktur di Pratt Institute dan New York Film Academy di mana kecintaannya pada seni dan sejarah seni untuk menawarkan banyak informasi secara praktis yang bermanfaat disertai dengan humor yang cukup untuk membuatnya mudah dicerna oleh pembaca.

Bahkan bagi Anda yang mengalami kesulitan memahami penjelasan secara teknis, Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan dapat belajar sesuatu dari guru berpengalaman yang satu ini.

Buku fotografi yang terbit pada 2017, adalah buku yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengambil potret dengan pencahayaan yang sangat sempurna.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button