NewsMusik

David Bayu Umumkan NAIF Bubar Setelah 25 Tahun Berkarier

Hobring.com – Kabar mengejutkan datang dari band Naif. Band yang melejit lewat hits “Mobil Balap dan Posesif” akhirnya resmi bubar setelah 25 tahun berkarier bersama di industri musik Tanah Air. Berikut ini kronologinya.

Kabar ini disiarkan oleh salah satu pendiri M Bloc dan pengamat musik, Wendi Putranto di akun Twitter-nya. Dalam kicauannya, ia mengunggah foto bersama David Naif, serta mengumumkan bubarnya Naif.

“Semalam di backyard @union_well @mblocspace ngobrol panjang lebar dengan @davidbayu tentang situasi terkini @Naifband. Ia memastikan bahwa band tersebut telah resmi bubar. Penjelasan lebih lanjut darinya kabarnya bakal segera dirilis. Big loss!” tulis Wendi dalam kicauan tersebut.

Lebih lanjut, Wendi juga mengatakan bahwa saat dirinya bertemu dengan David, ia juga baru saja merampungkan video pernyataan resmi terkait kondisi Naif.

“Ketika ketemu semalam @davidbayu baru saja selesai merekam video pernyataan resmi yg akan menjawab pertanyaan siapapun tentang kondisi bandnya terkini. Kisah sedih di hari Minggu,” tulis Wendi lagi.

Klarifikasi David Naif

Kini, setelah seperempat abad, Naif bubar di tengah pandemi Covid-19. Satu per satu personel grup band Naif akhirnya menjawab spekulasi publik terkait nasib band tersebut. Akhirnya, kata ‘bubar’ keluar dari mulut sang vokalis, David Bayu, Senin (10/5).

“Dan tadi menjawab (pertanyaan) bubar atau gimana ya, isu bubar ya masalah bubar. Ya bisa dibilang masuk kategori bubar. Ya, bubar,” jelas David dalam video bertajuk Bubar? di kanal YouTube David Bayu Tube.

David menjelaskan bahwa saat itu ia menganggap keberadaan Naif tidak bisa lagi dipaksakan jika ada setidaknya satu personel yang hengkang.

Dia juga menyebut wacana band Naif bubar sebenarnya sudah lama muncul dalam perayaan ulang tahun Naif ke-25 pada Oktober 2020.

“Sebenarnya waktu ulang tahun ke-25 Naif, Oktober tahun 2020, sebelumnya sempat gue bilang gitu ke anak-anak, 25 tahun kita announce-lah gitu (bahwa) kita udahan. Cukup 25 tahun untuk kita,” katanya.

Wacana ini pun disepakati personel lain dengan catatan, tak perlu membuat pengumuman resmi bahwa Naif telah bubar. Tujuannya menghindari kehebohan dan sorotan awak media.

Mereka pun memegang kesepakatan bersama bahwa Naif diam-diam bubar. Berberapa kali David diwawancara media, ia selalu bilang bahwa Naif sedang vakum. Bukannya bubar.

Rasa terima kasih untuk para penggemar

Kala menjelaskan kronologi bubarnya Naif lewat YouTube, David Bayu pun menyampaikan rasa terima kasih dan salam untuk para penggemar Naif, di antaranya fans club yang dinamai Kawan Naif. David menyebut bahwa Naif akan selalu hidup, karena karyanya masih bisa dinikmati para penggemar.

Band yang digawangi Bayu Danang Jaya atau David (vokal), M. Ali Hussein atau Emil (bassis), Fajar Endra Taruna atau Jarwo (gitar), Franki Indrasmoro Sumbodo atau Pepeng (drum) merilis album debut pada 1995.

Band yang lahir dari pertemanan para personel di kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini mulanya beranggotakan 5 orang, termasuk Chandra pemain keyboard yang hengkang pada tahun 2003.

Tahun 1998, Naif akhirnya melahirkan album perdananya yang berjudul Naif, di mana terdapat lagu-lagu yang melambungkan nama mereka seperti Mobil Balap, dan Piknik ’72.

Hingga kini, Naif telah melahirkan 10 buah album. Terakhir, album 7 Bidadari dirilis tahun 2020, dengan hits seperti Berubah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button