LifestyleNews

Daun Sendok Dipercaya Orang Rusia Manjur Sebagai Obat Berbagai Penyakit

Setiap orang yang tumbuh pada masa Uni Soviet kemungkinan besar memiliki ingatan masa kecil yang serupa, yaitu berlari di sepanjang jalan, terjatuh, berlutut, mulai menangis, tetapi, kemudian teringat apa yang diajarkan oleh sang nenek, yakni meletakkan daun sendok pada luka.

Orang-orang Rusia, seperti dilansir dari Russia Beyond, percaya akan khasiat daun sendok (podorozhnik dalam bahasa Rusia) yang manjur sebagai obat berbagai penyakit. Mereka punya kebiasaan merobek daun dan menempelkannya ke luka.

Namun, jika ia berdebu bakal diludahi terlebih dahulu, entah supaya bisa menempel pada luka atau cara membersikannya. Kemudian, setelah 10 menit, darah pada luka tadi berehenti dan rasa sakitnya terasa berkurang.

Tidak perlu bingung mencari keberadaannya, sebab, habitatnya tumbuh subur di pinggri-pinggir jalan Negeri Beruang Merah. Daun sendok sendiri adalah semak liar abadi yang mempunyai daun lebar dan terdiri dari 240 varietas.

Dari jumlah itu, cuma 40 di antaranya yang tumbuh subur di Rusia dan wilayah-wilayah bekas Soviet. Daun sendok bisa ditemukan di sepanjang jalan, di tempat-tempat liar, tanah terlantar, di stepa, di padang rumput, dan pasir.

Beberapa jenis daun sendok punya khasiat obat, mengandung karoten, vitamin C dan fittonida. “Infus alami” yang dibuat dari daunnya digunakan sebagai ekspektoran, yakni obat yang bisa dipakai saat kondisi tenggorokan berdahak atau batuk dengan lendir.

Sementara itu, sari buahnya dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki pencernaan dalam pengobatan gastritis “iritasi lambung dan radang usus.” Menariknya, beberapa variannya bisa dimakan, misalnya, ditambahkan ke salad dan sup.

Di era Rusia sekarang, kalian dapat membeli teh daun sendok, yang menurut petunjuk pada kemasannya direkomendasikan bagi orang yang menderita gangguan pencernaan dan gangguan usus, serta berbagai macam penyakit lainnya karena memiliki sifat antiradang.

Selanjtunya, infus dari daun sendok bukan cuma bisa diminum, tetapi, juga dapat dioleskan secara eksternal karena daun ini bekerja sebagai antiseptik dan menghentikan pendarahan.

Adapun yang menjual cangkang biji daun sendok, yang bisa dilarutkan dalam air dan diminum. Menurut produsennya, itu merupakan serat murni, jadi minuman yang terbuat dari larutannya dapat berkhasiat dalam meningkatkan pencernaan, dan sangat cocok sebagai asupan diet.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button