NewsFood

Daftar Sumber Alami Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Hobring.com – Gangguan pencernaan seperti asam lambung adalah hal yang paling umum ditemukan oleh masyarakat Indonesia. Untuk mensiasatinya diperlukan sebuah asupan makanan untuk penderita asam lambung yang dapat meredakan rasa mulas dengan sensasi terbakar di dada, perut, dan tenggorokan.

Sering kali kita tidak menyadari dan bahkan cenderung mengabaikan kesehatan tubuh terutama pada area pencernaan. Jika terlalu sering diabaikan akan berdampak buruk pada kesehatan di masa depan.

Mungkin kita juga belum mengetahui seperti apa gejala umum yang berkaitan dengan timbulnya penyakit asam lambung. Adapun beberapa gejala yang biasa ditemukan adalah ketidaknyamanan pada area perut, terutama saat perut kosong.

Tak hanya itu saja, penderita asam lambung akan mulai merasakan mual atau mungkin muntah. Lalu, perut terasa kembung, sembelit sampai kehilangan selera makan. Untuk mengobatinya, seseorang harus menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi asupan makanan yang bergizi.

Dikutip dari Food NDTV, berikut ini Hobring.com akan merekomendasikan daftar makanan untuk penderita asam lambung yang mudah didapatkan dan bermanfaat untuk kesehatan. Yuk simak ulasannya.

1. Madu

makanan untuk penderita asam lambung
Foto: Racool Studio

Tahukah Anda bahwa sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi satu sendok teh madu dengan air hangat membantu meningkatkan keseimbangan pada keasaman.


Baca Juga:


Dengan menambahkan sedikit air lemon ke dalamnya ternyata dapat membuatnya menjadi senyawa yang dapat menetralkan asam di dalam perut.

2. Buah-buahan

makanan untuk penderita asam lambung
Foto: Racool_Studio

Makanan untuk penderita asam lambung berikutnya adalah buah-buahan. Kenapa buah? karena semua buah, termasuk buah jeruk, meninggalkan abu alkali, penawar asam.

Selain itu juga terdapat serat yang meningkatkan pencernaan dan kesehatan. Mengkonsumsi dua buah segar setiap hari adalah strategi yang baik untuk mengontrol keasaman.

Buah-buahan pun bisa menjadi pilihan camilan yang baik dan mengemil di antara waktu makan adalah cara yang baik untuk mengontrol keasaman yang merusak lapisan dalam perut.

3. Saunf atau Fennel

makanan untuk penderita asam lambung
FotoL Kailash Kumar

Makanan yang dapat mengobati asam lambung berikutnya adalah air rebusan biji fennel atau saunf. Caranya sangat mudah yakni dengan mengambil sejumput saunf, rebus selama 5-10 menit kemudian saring dan minumlah selagi hangat.

Di India sendiri cara ini merupakan hal yang lumrah dari tradisi yang yang biasanya dilakukan oleh masyarakat setempat. Biji fennel tak hanya membantu mengatasi aroma mulut yang tak sedap. Namun juga membantu pencernaan dalam perut.

Selain setelah makan, biji fennel juga bisa digunakan dengan cara direndam dalam air semalaman atau dibuatkan bersamaan dengan air hangat. Tak hanya itu saja, biji fennel juga bisa ditambahkan ke teh dabn menambahkannya sedikit gula untuk memperkaya rasa.

4. Susu dan Yogurt

makanan untuk penderita asam lambung
Foto: Pinkomelet

Menu makanan untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah susu dan yogurt. Susu sendiri adalah penawar yang sempurna untuk keasaman. Sehingga, susu dingin dapat mengurangi keasaman.

Selain itu, susu adalah antasid alami. Kaya akan garam kalsium ini menetralkan asam. Sementara yogurt adalah cara lain untuk mengontrol keasaman.

Selain kalsium yogurt juga merupakan probiotik alami yang memberikan usus yang lebih sehat dan pencernaan yang lebih baik.

5. Biji Karom atau Ajwain

makanan untuk penderita asam lambung
Foto: Rickysoni

Ajwain atau yang dikenal dengan biji karom telah lama diketahui memiliki manfaat yang dikaitkan dengan meringankan ketidaknyamanan lambung dan membantu pencernaan yang sehat.

Terdapat timol biokimia yang berbahan aktif dalam ajwain, membantu dalam membantu pencernaan yang sehat. Biji karom bisa diambil dengan sedikit garam, dikunyah dan dicerna.

Selain itu, Anda juga bisa merendam satu sendok teh dalam air semalaman dan meminum airnya. Makanan untuk penderita asam lambung ini memiliki banyak manfaat termasuk untuk kesehatan rambut, kulit dan kesehatan lainnya.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button