ToysNews

7 Daftar Action Figure Termahal di Dunia, no.6 Bisa Buat Beli Rumah

Action Figure Termahal di DuniaUntuk para pecinta mainan, action figure menjadi bahan wajib yang dimiliki. Action figure sendiri sering diburu oleh kolektor karena bentuknya yang sama dengan figure pada game atau film tertentu.

Kadang action figure juga dicari karena dapat menjadi pengingat sang kolektor di masa lalu. Namun siapa sangka mainan yang dahulu kita anggap remeh di zaman saat ini sering dihargai.

Meski demikian para kolektor action figure biasanya tidak ragu untuk mengeluarkan uang mereka demi mendapatkan salah satu figure idamannya pada masa kecil dahulu.

Bahkan meski action figure yang mereka cari masuk dalam daftar action figure termahal di dunia para kolektor umumnya tetap rela menggelontorkan tabungannya.

Berikut ini adalah daftar action figure termahal di dunia:

1. Mego elastic Batman – 211 juta

Mego Elastic Batman
Sumber: Purple Cover

Batman adalah salah satu figure superhero yang keren. Kecerdasan dan kehebatannya dalam mengalahkan musuhnya seperti Joker memang pantas membuatnya dikagumi. Kepopuleran Batman pun ikut mempengaruhi angka jualnya.

Adapun Batman ini bentuknya sedikit menggemaskan karena agak bulat pada bagian tubuhnya, tidak hanya itu Mego Elastic Batman ini juga elastis sehingga dapat membuatnya memiliki ukuran yang dapat berbeda saat dimainkan.

Meski demikian perlu kalian ketahui action figure ini muncul dalam daftar action figure termahal di dunia, diprediksi harga jualnya adalah 211 juta rupiah.

Baca juga : Cara Membuat Action Figure Dari Resin

2. G.I Joe Minimal Vortex – 292 juta

G.I Joe
Sumber: Lifepal

Minimal Vortex merupakan action figure yang dirilis di tahun 1995. Meski sudah diproduksi namun salah satu figure dari G.I Joe yang didesain dominan hijau ini tidak sempat beredar di pasar.

Dengan terbatasnya seri Vortex menjadi salah satu hal yang istimewa bagi kolektor action figure memilikinya. Terakhir untuk figure dengan warna hijau ini dijual dengan harga 292 juta rupiah lho.

3. Superman – 352 juta

Superman 1940
Sumber: The Premiere Sport Auction House

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh manusia super atau Superman, tokoh bernama Clark Kent ini nyaris dikenal dan diidolakan oleh semua anak di seluruh negara karena kekuatan dan sifat baiknya.

Kepopuleran Superman sendiri membuat action figure nya diminati oleh berbagai kalangan. Tidak sedikit dari kolektor atau penggemar action figure dipastikan memiliki tokoh ini.

Walau begitu miniatur Superman keluaran tahun 1940 tetap menjadi yang paling dicari. Pasalnya action figure Superman 1940 yang asli kini memiliki harga senilai 352 juta rupiah.

Baca juga : 3 Permainan Seru Yang Bisa Dibuat Dengan Barang Seadanya

4. Double Telescoping Darth Vader – 450 juta

Darth Vader
Sumber: Amazon

Darth Vader tampaknya tidak asing bagi para penggemar Star Wars. Meski tidak selangka seperti figure lainnya, namun aksesoris yang dimiliki Vader menjadikan ia masuk dalam daftar action figure termahal di dunia.

Action figure ini sebenarnya sempat mendapatkan kritikan karena lightsaber atau pedang yang digunakannya diklaim rapuh, dan pihak Star Wars pun segera mendesain ulang untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Meski memiliki kekurangan, pemburu action figure Darth Vader tidak mengalami penurunan, dikabarkan dengan sentuhan baru pada bagian pedang membuat miniatur ini dibanderol dengan harga 450 juta rupiah.

Baca juga : Tips Melatih Motorik Anak dengan Mainan Ini!

5. Vix Star Wars – 674 juta

Vix Star Wars
Sumber: Insider

Masih dengan Star Wars, kali ini adalah salah satu karakter dari serial animasi Star Wars: Droids yang tayang pada tahun 1980 silam bernama Vix. Sebenarnya Vix sempat dirilis, sayang kloter kedua action figure berwarna dominan tosca ini tidak diproduksi bahkan dihentikan.

Glasslite, produsen mainan asal Brasil saat itu mendapatkan molding dari Vix baru memproduksi figur ini pada tahun 1988, dan dengan eksklusivitas, cerita unik yang terdapat dalam produksi Vix serta bagian waralaba dari Star Wars membuat angka jualnya menjadi fantastis.

Harga action figure ini diklaim masuk dalam daftar action figure termahal dengan memiliki harga sekitar 674 juta rupiah.

6. Boba Fett Star Wars – 2,2 miliar

Boba Fett
Sumber: Hypebeast

Boba Fett adalah salah satu action figure termahal dari Star Wars. Sejatinya Boba direncanakan akan dirilis secara masal. Namun pihak Star Wars khawatir bila Fett dimainkan oleh anak-anak. 

Yang membuat kekhawatiran itu muncul ialah proyektil yang dibawa oleh pembunuh bayaran ini. Proyektil ini sendiri dapat melesat dan bukan hanya tambahan semata.

Dan untuk itu Star Wars mendesain ulang Boba Fett dengan versi yang lebih ‘ramah’ untuk dimainkan anak-anak. Namun dengan adanya desain ulang pada Boba membuat rilisan perdana mereka menjadi langka dan sering diburu para kolektor action figure. Boba Fett pun dikabarkan memiliki harga 2,2 miliar rupiah.

7. G.I Joe Toy Soldier Prototype – 2,92 miliar

G.I Joe Soldier 1
Sumber: LiveAbout

Action figure yang memiliki nominal luar biasa adalah G.I Joe Soldier Prototype. Soldier Prototyper sendiri merupakan salah satu action figure pertama di dunia.

Dan yang membuat miniatur berukuran 29,21 cm ini istimewa adalah terdapat 21 bagian yang dapat digerakan atau dibongkar pasang, tak hanya itu busana yang dikenakan berasal dari jahitan tangan Don Levine.

Tak heran rasanya bila miniatur Soldier Prototype menyandang gelar action figure termahal di dunia yaitu senilai 2,92 miliar rupiah atau layaknya sebuah mobil.

Perlu diketahui Don Levine adalah seorang pebisnis berdarah Amerika Serikat yang menggeluti produsen mainan dan lebih dikenal sebagai The Father of G.I Joe.

Itu beberapa action figure yang memang memiliki banderol mengejutkan bahkan tergolong fantastis. Mahalnya miniatur tokoh tersebut bukan tanpa sebab.

Dan berikut inilah sebab action figure menjadi mahal harganya:

Waktu

Pada dasarnya dalam membuat action figure tidaklah membutuhkan waktu instan. Pasalnya para pembuat action figure kerap kali menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan sebuah action figure.

Bisa kebayang dong kalian betapa totalitas pembuat action figure dalam menyelesaikan karyanya untuk dapat kalian miliki.

Detail

Selain proses pengerjaan yang lama, sebab lain action figure menjadi mahal harganya adalah karena detail pada action figure. 

Demi kepuasan batin dari pembuat action figure dan pemiliknya biasanya action figure memiliki detail pada bagian tertentu, seperti bagian mata, lengan, baju, dan sebagainya.

Limited

Terbatasnya produksi sebuah figure juga menjadi salah satu faktor action figure dijual dengan harga mahal. Action figure akan memiliki harga normal apabila mereka diproduksi massal, namun berbeda kasusnya dengan miniatur dengan produksi terbatas.

Hal ini dapat dilihat dari kasus Vix Star Wars dan Superman edisi tahun 1940, serta G.i. Joe Soldier Prototype.

Desain

Desain yang apik juga mempengaruhi nilai jual action figure. Dengan desain yang ‘good looking’ pada action figure sendiri dapat menjadi kebahagiaan sendiri.

Di samping itu action figure dengan desain kece tampaknya dapat kamu pajang di kamar, ruang tamu, atau ruang keluarga. Tujuannya tidak lain agar membuat suasana kamar atau ruang tamu kamu jadi lebih kece.

Kepuasan batin

Sejak kecil manusia memang memiliki keinginan untuk mengoleksi sesuatu, begitu juga dengan action figure yang dikumpulkan oleh para kolektor.

Diklaim demi kembali mengingatkan masa mudanya kolektor action figure siap merogoh kocek dalam untuk dapat membeli suatu figure yang populer pada zamannya dahulu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button