NewsOlahraga

Daftar 5 Cabang Olahraga Baru di Olimpiade Tokyo 2020

Hobring.com – Jadwal Olimpiade Tokyo 2020 akan segera digelar pada 23 Juli-8 Agustus mendatang setelah tertunda setahun akibat pandemi Covid-19. Kali ini ada 5 cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan, apa saja ya?

Upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 akan dihelat di Olympic Stadium pada Jumat (23/7/2021) dan perebutan medali pertama akan dilangsungkan di hari berikutnya.

Olimpiade Musim Panas edisi ke-32 ini seharusnya digelar pada 24 Juli-9 Agustus 2020 tahun lalu.

Namun, lantaran situasi pandemi Covid-19 yang melanda berbagai belahan dunia, pesta olahraga terbesar sejagat ini ditangguhkan pelaksanannya hingga tahun 2021 ini.

Mesti dihelat pada tahun 2021, namun nama yang digunakan tetaplah Olimpiade Tokyo 2020. Pesta olahraga multicabang terbesar di dunia ini akan menghadirkan 46 cabang olahraga.

Di mana di antara lima cabang olahraga baru yang terpilih merupakan cabor-cabor yang ditujukan untuk menarik perhatian para pemuda dan mencerminkan tren urbanisasi olahraga.

Tim Indonesia sendiri akan mengirim 28 atlet terbaik yang akan bertanding pada 8 cabang olahraga Olimpiade Tokyo 2020. Lantas apa saja ya lima cabang olahraga baru yang akan dipertadingkan pada Olimpiade Tokyo 2020?

cabang olahraga baru di olimpiade tokyo 2020

Karate

Olahraga Karate berasal dari Pulau Okinawa di Jepang. Ada dua karate disiplin yang akan dipertandingkan di Tokyo, yakni kata dan kumite.

Kata yang memiliki arti ‘bentuk’ adalah jenis disiplin tunggal, yang akan dinilai melalui serangkaian gerakan ofensif dan defensif karateka. Sedangkan Kumite adalah jenis disiplin tempur yang dinilai dari pertarungan selama 3 menit.

Ada tiga kelas berat dan penilaian poin berdasarkan teknik yang digunakan. Akan ada 80 atlet yang bertanding dalam cabang olahraga Karate ini, 60 di Kumite dan 20 di Kata.

baseball

Baseball/Softball

Sebenarnya baseball atau softball bukan hal baru dalam olimpiade, namun cabang olahraga tersebut tidak pernah dipertandingkan lagi sejak Olimpiade Beijing 2008. Kali ini Jepang mengusulkan olahraga ini karena popularitasnya di negeri Sakura.

Olahraga ini memanfaatkan kemampuan memukul bola dan berlari untuk mencapai home plate. Dalam permainan baseball, pelempar akan melepas bola menuju hitter ke arah atas tangan.

Sedangkan dalam permainan softball, pelempar akan melambungkan bola ke arah pemukul dengan melempar ke bawah tangan.

Akan ada enam tim yang bermain di 2 cabang olahraga ini, Baseball dimainkan hanya untuk para atlet pria dan sedangkan softball hanya oleh wanita saja.

panjat tebing

Panjat tebing

Cabang olahraga ini akan mepertandingkan panjat tebing dalam 3 jenis, speed, bouldering climbing, dan lead climbing.

Dalam speed akan mempertandingkan kecepatan dari para atlet dalam memanjat tembok setinggi 15 meter secara bersamaan pada tingkat kesulitan yang sama.

Dalam bouldering climbing, pendaki harus menyelesaikan sejumlah rute setinggi 4,5 meter tanpa tali, dan akan menghadapi beberapa rintangan.

Sedangkan lead climbing, para pendaki akan memanjat tembok setinggi yang mereka bisa dalam waktu 6 menit di tembok setinggi 15 meter.

Penilaian pada kategori ini ditentukan titik tertinggi yang dicapai pemanjat dengan catatan waktu tercepat. Akan ada 40 pemanjat di olimpiade ini, masing-masing 20 di nomor putra dan putri.

selancar

Selancar

Kompetisi selancar akan berlangsung di Pantai Tsurigasaki yang berjakarak 100 km dari Olympic Stadium. Dalam sesi pemanasan, atlet harus menguasai ombak sebanyak mungkin dalam 30 menit.

Hanya akan ada 2 gelombang yang di hitung dengan skor tertinggi. Kriteria penilaian sendiri dilihat dari tingkat kesulitan, inovasi, kecepatan, kekuatan, dan aliran ombak.

Apabila atlet tidak mendapatkan ombak yang bagus, lima juri akan menilai kinerja atlet menggunakan sistem lima poin berdasarkan kriteria tingkat kesulitan, inovasi, kecepatan, kekuatan, dan aliran. Akan ada 20 pria dan 20 wanita yang akan bersaing dalam cabang olahraga ini.

Skateboard

Olahraga skateboard akan dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2021 dengan dua jenis yakni Street dan Park.

Street akan menampilkan skateboarder yang memamerkan keterampilan individual di tangga, pegangan tangan, trotoar, bangku, dinding, dan lereng.

Sementara Park, para atlet akan unjuk kebolehannya di jalur berlubang yang penuh dengan lengkungan tajam.

Kontestan menaiki lintasan, turun dengan kecepatan untuk melakukan trik udara disertai dengan musik.

Sebanyak 80 atlet akan bersaing dalam cabor skateboard, dengan pria dan wanita bersaing di kedua disiplin.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button