TravelingNews

Daftar 10 Tempat Wisata di Cilegon

Hobring.com – Ada banyak sekali tempat wisata di Cilegon yang wajib dikunjungi para pelancong, di antara semunya, objek rekreasi alam lah yang paling banyak berada di Kota Baja satu ini.

Selain terkenal dengan budayanya, Cilegon juga memiliki spot-spot pariwisata yang menarik, terutama wisata alamnya. Meski dikenal dengan sebutan Kota Baja, ternyata tempat wisata di sana tidak kalah menarik dan para pelancong jangan ragu mengunjunginya.

Dalam kesempatan kali ini, Hobring ingin berbagi informasi perihal rekomendasi tempat wisata di Cilegon, sedikitnya terangkum 10 di antaranya. Andai kalian punya niat untuk menjajali rekreasi ke sana, membaca tuntas artikel ini merupakan keputusan tepat.

Baca juga:

Bukit Batu Lawang

Tempat-Wisata-di-Cilegon-Bukit-Batu-Lawang-Hobring
Foto: Istimewa

Tempat wisata di Cilegon pertama, Bukit Batu Lawang, merupakan sasaran rekreasi di mana wisatawan bisa memandang pepohonan yang rimbun berwarna hijau dan masih terlihat sangat asri, udara di sana Lawang juga masih sangat segar.

Terdapat sebuah cerita dari nama objek wisata satu ini, bahwa dahulu ada dua batu besar yang posisinya bersampingan, dan punya celah mirip sekali dengan pintu. Dua batu besar tersebut terletak di antara Gunung Gede dan Gunung Batur. Maka dari itu, diberi nama Bukit Batu Lawang.

Lokasinya berada di Jl. Batu Lawang, Gerem, Kec. Gerogol, Kota Cilegon, Banten. Dengan mendatanginya, para pelancong bakal menyaksikan siluet bukit Gunung Pinang di Kramatwatu, menara Masjid Agung Cilegon, Waduk Krenceng, dan siluet Gunung Karang di Pandeglang.

Gunung Batur

Tempat-Wisata-di-Cilegon-Gunung-Batur-Hobring
Foto: Istimewa

Tempat wisata di Cilegon kedua, Gunung Batur, adalah destinasi pegunungan dengan jalur pendakian gunung pada umumnya. Tetapi, jangan khawatir kesulitan mendakinya, sebab, jalan menuju puncaknya sudah diaspal sehingga lebih mudah menapakkan kaki.

Lokasinya sendiri, beralamat di Jl. Batu Lawang, Desa Gerem, Kec. Grogol, Kota Cilegon. Dari pusat kota, wisatawan cukup menempuh jarak sekitar 8 km untuk sampai di kaki Gunung Batur yang berlokasi di Pulomerak. Lalu, dari kaki gunung hingga puncak butuh waktu 4-5 jam dengan jalan kaki.

Andai para pengunjung ingin menginap di sana, pastikan membawa peralatan camping yang lengkap. Namun, jika tidak ingin menginap, tidak perlu menelusurinya sampai puncak, karena di kaki gunung pengunjung bisa berekreasi untuk sekadar piknik, jogging, atau bermain gantole.

Bukit Batu Gambir

Tempat-Wisata-di-Cilegon-Bukit-Batu-Gambir-Hobring
Foto: Instagram/@putrisendi

Tempat wisata di Cilegon ketiga, Bukit Batu Gambir, menyuguhkan paparan panorama alam yang mampu memanjakan mata. Pemandangannya memang sangat indah sehingga diklaim mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Letaknya, berada di Tamansari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

Ketika ingin mengunjungi Bukit Batu Gambir, pertama-tama pertama persiapkan kebutuhan pokok secukupnya, jaga stamina dan pastikan dalam kondisi fit. Sebab, perjalanan untuk menuju puncak bukit sangat melelahkan dan cukup menguras tenaga.

Pulau Merak Kecil

Tempat-Wisata-di-Cilegon-Pulau-Merak-Kecil-Hobring
Foto: Primadron.com

Tempat wisata di Cilegon keempat, Pulau Merak Kecil, bisa dicapai cukup 10 menit saja dari Pelabuhan Merak. Banyaknya wisatawan yang datang ke sana karena didorong oleh keindahannya yang tidak dihuni sama sekali oleh manusia.

Para pelancong yang datang ke Pulau Merak Kecil biasanya untuk menikmati pemandangan indah yang dimilikinya. Hal unik dan keren dari pulau ini salah satunya ialah pasir berwarna putih dan terdapat banyak karang yang cantik.

Spot menarik lainnya, dari destinasi wisata yang berlokasi di Merak Kecil, Desa Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon ini, yaitu paparan batu yang menyerupai anak tangga. Jika ingin bertandang ke sana, jangan lupa persiapkan uang untuk sewa perahu.

Pulau Merak Besar

Tempat-Wisata-di-Cilegon-Pulau-Merak-Besar-Hobring
Foto: Primadron.com

Tempat wisata di Cilegon kelima, Pulau Merak Besar, sangat populer di kalangan wisatawan. Selain itu, ia juga berfungsi penting sebagai hutan lindung supaya gelombang air laut yang menuju ke Pelabuhan Merak bisa dibendung.

Berlokasi di Tamansari, Pulomerak, Kota Cilegon, ketika para pelancong mendatanginya bakal punya kesempatan untuk menyaksikan situs Tsunami Gunung Krakatau, di mana pada tahun 1883 silam sempat meletus dan dampaknya begitu dahsyat.

Bukit Teletubbies Cilegon

Tempat-Wisata-di-Cilegon-Bukit-Teletubbies-Hobring
Foto: Istimewa

Tempat wisata di Cilegon keenam, Bukit Teletubbies, sebenarnya memilki nama asli Bukit Kembang Kuning, namun, karena kawasannya mirip dengan yang ada di acara TV untuk anak (Teletubbies), ia pun dikenal dengan sebutan yang telah polpuler itu.

Berada di Suralayam Kec. Pulomerak, Kota Cilegoin, Bukit Teletubbies telah menjadi sasaran bagi para wisatawan untuk berfoto ria karena terdapat banyak spot yang keren untuk diabadikan. Selain di Cilegon, tempat wisata yang disebut “Bukit Teletubbies” juga terletak di Nusa Penida (Bali), Jayapura, Kaki Gunung Bromo, Blitar, hingga Luwuk (Sulawesi Tengah).

Situ Rawa Arum

Tempat-Wisata-di-Cilegon-Situ-Rawa-Arum-Hobring
Foto: Istimewa

Tempat wisata di Cilegon ketujuh, Situ Rawa Arum, bukanlah sembarangan rawa seperti pada umumnya, karena ia dapat mengeluarkan bau harum yang muncul dari tumbuhan teratai berwarna putih terutama pada malam hari. Lokasinya berada di Tegal Wangi, Kel. Rawa Arum, Kec. Grogol, Kota Cilegon, Banten.

Situ Rawa Arum merupakan danau yang tidak memiliki sumber mata air, ia adalah danau satu-satunya yang ada di Cilegon. Wisatawan bisa menikmati panorama indah dari hamparan air yang cukup luas, kira-kira 10 hektar, dengan latar belakang bukit-bukit.

Istana Pasir Taman Cadas

Tempat-Wisata-di-Cilegon-Istana-Pasir-Taman-Cadas-Hobring
Foto: Dokumen Istana Taman Cadas

Tempat wisata di Cilegon kedelapan, Istana Pasir Taman Cadas, ialah sebuah bangunan ikonik yang terbuat dari pasir sisa tambang di mana bentuknya menyerupai istana besar. Lokasinya, berada di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Kel. Lebak Denok, Kec. Citangkil, Kota Cilegon.

Jam operasional dari Istana Pasir Taman Cadas ini dimulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Para pengunjung yang ingin mendatanginya bakal dikenakan biaya tiket hanya kurang lebih Rp2 ribu. Tidak heran, ia sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Alun-Alun Kota Cilegon

Tempat-Wisata-di-Cilegon-Alun-Alun-Kota-Cilegon-Hobring
Foto: Istimewa

Tempat wisata di Cilegon kesembilan, Alun-Alun Kota Cilegon, sudah diresmikan pada 2018 lalu. Waktu paling tepat untuk mengunjunginya adalah pada saat malam hari, sebab ia akan berubah menjadi pasar malam yang sangat meriah dengan lampu-lampu yang menghiasi setiap sudutnya.

Berlokasi di Jalan Kampung Tegal Cabe, Ramanuju, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon, di sana ada banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan-minuman, jika beruntung, pengunjung bisa menyaksikan atraksi air mancur dengan kombinasi warna-warni.

Pantai Anyer

Tempat Wisata di Cilegon Pantai Anyer Hobring
Foto: Twitter/@patrajasa_anyer

Namanya sudah santer di telinga khalayak, letaknya berada di Jl. Raya Anyer, Sindanglaya. Ia selalu ramai dikunjungi wisatawan bahkan bukan saat hari libur. Oleh sebabnya, ada banyak sekali penginapan yang tersedia di sekitarnya.

Hingga kini, Pantai Anyer masih menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin merasakan sensasi berbeda dari aktivitas sehari-harinya, sehingga terbilang cocok untuk mengisi kegiatan liburan. Ia seperti sudah menjadi langganan rekreasi bagi berbagai kalangan.

Ketika berkunjung ke sana, selain dapat menikmati pemandangan indahnya, para pengunjung juga memiliki kesempatan beragam aktivitas seperti snorkeling, banana boat, jet ski, hingga berenang di pantai. Adapun penjual souvenir dari tempat wisata di Cilegon kesepuluh ini dengan khas Pantai Anyer yang dapat dijadikan oleh-oleh.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button