NewsHiburan

Curahan Hati Britney Spears di Pengadilan: Saya Trauma, Saya Hanya Ingin Hidup Saya Kembali

Hobring.com – Persidangan kasus konservatori antara Britney Spears dengan ayahnya kembali menjadi perbincangan. Selama 13 tahun, Britney mengaku seperti menjadi seorang budak.

Dalam sidang konservatori pada Rabu (23/6) waktu setempat, Britney melalui sambungan telepon pada hakim di Los Angeles, mengaku trauma dan menangis setiap hari.

“Saya trauma. Saya hanya ingin hidup saya kembali,” ujarnya.

Dia juga mengatakan ayahnya mengendalikannya 100.000% dan tidak diberi hak untuk memiliki lebih anak, serta dipaksa meminum obat psikotik litium tanpa persetujuannya.

Baca Juga:

Konservatori merupakan konsep hukum perwalian di Amerika Serikat, di mana pengadilan menunjuk wali atas seorang individu yang tidak mampu membuat keputusannya sendiri.

Sejak 2008, pengadilan memutuskan Britney harus menjalani konservatori, karena dianggap tidak mampu mengelola aset pribadinya serta mengalami gangguan mental.

Ayah Britney, Jamie Spears, sejak saat itu mengatur semua aspek kehidupannya, baik pribadi maupun keuangan.

britney spears

Suasana dalam pengadilan

Britney Spears kembali menghadiri sidang permohonan, Rabu (23/6), untuk mengakhiri konservatori (conservatorship) yang selama 13 tahun ini dia jalani.

Dilansir dari BBC, Jumat (25/6), di hadapan pengadilan, Britney Spears melepaskan kepenatan dan kefrustasian yang telah dipendamnya selama 13 tahun.

Dia terdengar terisolasi, tersesat dan kesepian, layaknya seorang bintang yang telah dimanipulasi tanpa henti.

Bahkan Britney mengatakan jika selama 13 tahun, ia merasa seperti diperbudak oleh semua pihak yang terlibat dalam perwalian ini.

Dipaksa pasang alat kontrasepsi IUD dan tidak boleh menikah

Dalam permohonannya, Britney mengungkapkan bahwa konservatori turut mengatur kehidupan pribadinya, khususnya kehidupan percintaannya.

Britney ingin bisa menikahi kekasihnya, Sam Asghari. Sayangnya, dirinya tidak diperbolehkan untuk menikah dan memiliki anak.

“Saya memiliki alat kontrasepsi IUD di dalam tubuh saya dan saya ingin mengeluarkannya,” ucap Britney.

Britney bahkan menyebut, dia tidak boleh berada di dalam mobil kekasihnya atau bertemu dengan beberapa temannya.

Baca Juga: Rayakan Go Skateboarding Day 2021, Beginilah Tampilan Skatepark Baru di Gaza

britney spears 3

Berhak menjalani kehidupan yang layak

Kepada Hakim Pengadilan Tinggi Los Angeles, ibu anak dua ini memohon untuk mengakhiri perwaliannya. Dia berhak mendapatkan kehidupan yang layak.

“Saya ingin mengakhiri perwalian ini tanpa dievaluasi. Saya layak untuk memiliki kehidupan, saya telah bekerja sepanjang hidup saya. Saya layak beristirahat dua sampai tiga tahun,” katanya dalam kesaksian yang emosional selama 20 menit.

Disamping itu, Dia juga mengaku saat persiapan konser di Las Vegas tahun 2019 lalu, Britney dipaksa untuk untuk menelan obat lithium yang diberikan pada penderita gangguan mental.

Obat itu membuatnya terus merasa mabuk dan tak bisa diajak berbicara. Tentu saja, ia merasa perwalian ini merugikan dirinya.

“Saya tidak bahagia, saya tidak bisa tidur. Saya merasa sangat marah dan saya menangis setiap hari,” jelasnya.

Jalani konservatori selama 13 tahun

Konservatori ini dimulai sejak tahun 2008, setelah Britney sempat mengalami mental breakdown di depan umum.

Britney sempat tertangkap kamera sedang mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi sambil menggendong anak laki-lakinya yang masih bayi.

Perempuan berusia 39 tahun ini juga pernah memukul mobil seorang paparazzi dengan payung dan tentu tak ada yang melupakan aksi Britney saat masuk ke salon lalu menggunduli rambutnya sendiri.

Akibat ulahnya, Britney harus bolak-balik masuk panti rehabilitasi dan akhirnya harus menjalani konservatori dari pengadilan.

Di sini ayah Britney, Jamie Spears menjadi wali yang secara penuh mengontrol keuangan dan keputusan Britney. Pada awalnya, konservatori ini bersifat sementara, namun terus diperpanjang hingga tahun ini.

britney dan justin timberlake
Justin Timberlake dan Britney Spears

Dukungan rekan musisi

Kasus konservatori yang dialami Britnet, mendapatkan dukungan dari rekan-rekan musisi. Salah satu dukungan disampaikan diva pop Mariah Carey. Ia mendoakan pelantun Sometimes tersebut tetap kuat.

“Kami mencintaimu Britney!! Tetap kuat,” cuitnya.

Selain itu, mantan kekasihnya, Justin Timberlake ikut memberikan dukungan terhadap dirinya yang diunggah melalui akun Twitter pribadinya.

“Setelah apa yang kita lihat hari ini, kita harus mendukung Britney. Apa yang terjadi di masa lalu, baik dan buruk, tak peduli seberapa lama itu terjadi, yang dialami tidak benar. Tidak ada perempuan yang boleh dilarang membuat keputusan atas tubuhnya sendiri.”

“Tidak seorang pun harus meminta izin untuk bisa mengakses yang telah mereka upayakan dengan susah payah. Jess dan saya mendukung keputusan Britney saat ini,” tulis Justin.

“Kami harap pengadilan dan keluarganya mengambil keputusan yang benar dan membiarkannya hidup seperti yang dia inginkan,” cuitnya.

britney spears 4
Para fans penyanyi pop Britney Spears berdemo saat sidang perwalian atau konservatori artis itu di Gedung Pengadilan Stanley Mosk, di Los Angeles, California, Selasa, 27 April 2021. (Foto: Mario Anzuoni/Reuters)

Campaign #FreeBritney

Dilansir dari New York Times, tagar #FreeBritney berasal dari situs penggemar yang tidak setuju dengan perjanjian perwalian pada 2008 lalu.

Mereka percaya, Britney telah dipaksa untuk tetap berada di bawah pengaturan itu. Bahkan mereka secara teratur berdemonstrasi di luar gedung pengadilan Los Angeles, Rabu (23/4).

Mereka bahkan meminta Gedung Putih untuk mengakhiri perwalian itu dengan mengajukan petisi yang memuat puluhan ribu tanda tangan.

Sejumlah selebriti juga telah menyatakan dukungannya untuk kampanye tersebut, termasuk Paris Hilton, Bette Midler dan Miley Cyrus.

Dilansir dari Associated Press, Hakim Pengadilan Tinggi Los Angeles Brenda Penny mengucapkan terima kasih atas “keberanian” Britney, namun tidak memberikan putusan.

Proses legal yang panjang mungkin masih akan berjalan sebelum hakim memutuskan perwalian untuk Britney diakhiri.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button