NewsLifestyle

Ciptakan Dunia Melayang Di Udara Dengan Teknik Fotografi Levitasi

Hobring.com – Dalam dunia fotografi, teknik fotografi levitasi bukanlah sesuatu hal yang baru lagi. Pada 1905, Jacques Henri mengenalkan teknik tersebut melalui karyanya yang disebut Cousin ‘Bichonade’ in Flight.

Hal itu seakan angin segar bagi dunia fotografi dan semakin popular setelah Natsumi Hayashi yakni seorang fotografer asal Jepang yang kembali mengunggahnya di laman situs pribadinya. Lalu, seperti apa fotografi levitasi?

Levitasi sendiri merupakan teknik yang ada di dalam fotografi. Teknik levitasi dapat menghasilkan objek seolah-olah sedang melayang atau terbang. Dan dalam proses pembuatannya, fotografi levitasi dapat dilakukan dengan cara manual ataupun editing.

Berikut ini Hobring.com rekomendasikan teknik fotografi levitasi dari Imural.id yang bisa Anda ikut dengan cara manual dan sangat sederhana. Seperti apa tekniknya? Yuk simak ulasannya.

1. Teknik Fotografi Levitasi dengan Kamera DSLR

Apakah teknik fotografi levitasi bisa menggunakan DSLR? Jawabannya adalah iya. Dan hal yang Anda perlukan untuk menguasai teknik tersebut dengan menggunakan kamera DSLR adalah memperhatikan kecepatan rana. Sebab, teknik fotografi levitasi sangat berkaitan dengan kecepatan.


Baca Juga:


Pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah memilih waktu yang tepat. Pastikan Anda memilih waktu dalam kondisi yang cerah karena hal itu berpengaruh pada pemotretan.

Biasanya waktu yang tepat antara pagi hingga siang hari. Mengapa harus di antara waktu tersebut? Karena teknik fotografi levitasi menggunakan DSLR akan menggunakan shutter speed yang tinggi. Maka diperlukan penerangan yang cukup agar menghasilkan gambar yang tidak gelap.

Teknik Fotografi Levitasi
Foto: freepik

Pada tahap permulaan, disarakan bagi Anda untuk menggunankan mode shutter priority. Langkah selanjutnya yaitu mengubah shutter speed dengan kecepatan minimal 1/800-an. Tujuannya adalah untuk mengurangi blur terhadap gambar yang dihasilkan.

Langkah berikutnya Anda dapat mengubah pengaturan drive-mode dengan menggunakan Continuous Shooting. Pada tahap memotret, Anda hanya dapat mencobanya hanya sampai pada bayangan model yang melakukan levitasi.

2. Teknik Fotografi Levitasi dengan Kamera Ponsel

Pada prinsipnya, kecepatan rana adalah hal yang utama dalam fotografi levitasi.

Namun sayangnya fitur ini tidak dapat Anda temukan di kamera ponsel. Lalu apakah bisa membuat fotografi levitasi dengan kamera ponsel? Jawabannya adalah tentu saja bisa.

Teknik Fotografi Levitasi
Foto: freepik

Bagaimana caranya? Anda dapat menggunakan kamera ponsel untuk teknik fotografi levitasi dengan fitur ISO. Fitur ini adalah fitur yang paling mudah Anda temukan di dalam kamera ponsel.

Dalam teori fotografi, jika ISO rendah maka shutter speed pada kamera akan cepat. Sebaliknya, jika ISO tinggi, maka shutter speed pada kamera akan lambat.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan rana adalah dengan menurunkan ISO ke angka 100. Sangat mudah bukan?

Lalu apa yang terjadi jika terdapat penurunan angka ISO?

Dampak dari penurunan ISO ini adalah hasil fotonya akan terlihat kurang cahaya. Kemudian, sebisa mungkin Anda harus melakukan pengangkatan dengan kamera ponsel di ruangan terbuka yang terkena sinar matahari.

Setelah itu, pilih mode fokus dalam fokus makro. Ingat, saat mengambil fotografi levitasi, cara Anda menekan tombol shutter pada kamera bisa dilakukan dengan cara menekannya secara berulang-ulang pada layar dan tentunya mengikuti gerakan model.

Saat objek foto Anda sudah melakukan pose levitasi, maka saatnya Anda dapat memotret dengan melepaskan tombol shutter yang Anda tekan sebelumnya. Sederhana, bukan?

Membuat fotografi levitasi nyata tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa melakukannya walaupun hanya dengan alat-alat yang sederhana seperti kamera ponsel dan DSLR. Selamat mencoba!

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button