News

Changsha, Fakta Menarik Kota Kelahiran Lay Zhang EXO

Hobring.com – Ramai dibicarakan oleh warganet tentang music video dari Lay Zhang EXO dengan Younglex. Nama Lay EXO menjadi trending topic di Twitter dengan tagar #RESPECTZHANGYIXING.

Bagi Kpopers, nama Lay Zhang sudah popular dan tidak asing lagi. Salah satu penyanyi berbakat ini ternyata berasal dari Changsha, lho.

Changsha adalah salah satu kota terpadat di Provinsi Hunan, Tiongkok. Lahir di Changsa, Hunan, 7 Oktober 1991 inilah fakta menarik kota kelahiran Lay Zhang EXO.

Berdiri Lebih dari 3.000 Tahun

Pada 206 SM – 220 Masehi, Changsha adalah ibu kota bagi Kerajaan Changsa di masa kejayaan Dinasti Han.

Selain itu juga, Changsha disebut sebagai ibu kota Negara Chu tahun 907 – 951 pada periode Sepuluh Kerajaan atau Ten Kingdoms.


Baca Juga:


Pada abad ke 2 SM ditemukannya pernis dan naskah Sutra Mawangdui yang menunjukkan bahwa Kota Changsha memiliki bukti peninggalan sejarah yang sudah hidup ribuan tahun lamanya.

The Creative City of Media Arts dari UNESCO

Changsha adalah kota pertama di Tiongkok yang diakui sebagai Kota Kreatif dalam Seni Media yang ditetapkan oleh UNESCO.

Menurut UNESCO, Changsha adalah pusat inovasi yang memiliki investasi secara signifikan dalam industri budaya kreatifnya.

Kota Changsha sejauh ini dianggap telah mengembangkan berbagai program dan acara yang kreatif dengan tujuan untuk meningkatkan budaya dan memungkinkan warganya untuk menemukan kembali sejarah yang kaya akan budaya.

200 Kota Penelitian Ilmiah Teratas di Dunia

Selain sebagai The Creative City of Media Arts oleh UNESCO, Kota Changsha dinobatkan sebagai kota dengan hasil penelitian ilmiah teratas yang dirilis oleh Nature Index Science Cities Rangkings pada tahun 2020.

Prestasi itu membuat Kota Changsha berada diurutan ke 41 secara global dan di posisi 17 di tingkat Asia-Pasifik. Hal ini menjadi sesuatu hal yang luar biasa dan pencapaian yang membanggakan.

Kota dengan Pertumbuhan Tercepat di Dunia

Sebuah studi dari Oxford Economics memprediksi bahwa Kota Changsha akan menjadi salah satu dari 50 kota terbesar di dunia pada tahun 2035.

Selain itu, menurut studi dari Journal of Chemistry Education Research (JCER) bahwa PDB nominal per kapita Kota Changsha akan berada di atas US $ 41.000 pada tahun 2030.

Hal ini menunjukkan bahwa Kota Changsha akan menjadi salah satu kota berpengaruh di dunia dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat.

Kota Paling Bahagia di Tiongkok

Pada 2019, kota Changsha mendapatkan predikat sebagai salah satu kota paling bahagia di Tiongkok.

Dalam sebuah acara bertajuk The China Happy Cities Forum yang diadakan di Guangzhou pada tanggal 25 November 2019 menunjukkan bahwa Kota Changsha telah menjadi kota paling bahagia untuk ke 12 kalinya.

Sementara itu, ada beberapa kota lainnya yang dianggap sebagai kota paling bahagia di Tiongkok yaitu Chengdu, Hangzhou, Ningbo, Xi’an, Guangzhou, Wenzhou, Taizhou, Tongchuan, dan Xuzhou.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button