LifestyleNews

Cegah Lelah Mental Karena WFH Selama Pandemi Covid-19

Batas kehidupan kantor dan rumah seperti memudar karena terus bekerja di rumah dalam jangka waktu yang lama akibat pandemi Covid-19, hal ini juga berpotensi berdampak pada kelelahan mental bagi para pekerja.

Seorang psikolog sosial dan ketua riset PP Himpunan Psikologi Indonesia, yakni Juneman Abraham, berpendapat untuk mencegah pekerja mengalami kelelahan mental dibutuhkan dukungan dari organisaasi perusahaan.

“Ini adalah kenyataan yang perlu dikelola organisasi. Karena itu, organisasi (kantor, tempat kerja) perlu menggeser pandangannya. Organisasi tidak dapat menganggap bahwa semua jam work from home (WFH) merupakan “hak kantor,” kata Juneman, diolah dari DW.

Dia menekankan, perusahaan dapat memberikan alokasi waktu khusus supaya karyawan bisa menghibur diri saat WFH, contohnya, memberi kesempatan mengikuti webminar yang berkaitan dengan hobi seperti menyanyi, berolahraga, atau bermain.

“Karyawan menjadi tidak mudah bosan, kelelahan, dan menjadi lebih produktif. Ini akan memberikan efek positif bagi semua pihak,” ungkapnya.

Menurut Juneman, pihak keluarga juga berperan penting sebagai sistem pendukung sosial bagi para pekerja yang mesti WFH, misalnya, dengan menampakkan sikap optimisme. Dia pun mengingatkan supaya para pekerja yang WFH menjaga tenaga dan semangat agar tidak cepat terbakar habis atau bahkan stres.

Jadi, perlu ada fleksibilitas cara berpikir bahwa aturan dan kebiasaan lama dari organisasi kantor masih dapat dinegosiasikan, asal dikomunikasikan dengan baik ke pimpinan.

“Sebenarnya yang perlu dikembangkan dalam diri individu pekerja WFH adalah perasaan bahwa pekerjaannya merupakan panggilan hidup (calling)-nya,” tuturnya.

Calling terbukti efektif mengurangi perasaan terbebani tuntutan kerja. Perusahaan bisa membantu dengan program pengembangan karyawan, seperti konseling daring, dan program bantuan untuk karyawan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button