NewsLifestyle

Cara Sederhana Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Hobring.com – Melakukan budidaya ikan cupang terkadang tidak sesederhana yang dibayangkan. Hal paling mendasar yang harus Anda ketahui sebelum membudidayakannya adalah perbedaan antara ikan cupang jantan dan betina.

Menentukan jenis kelamin ikan cupang pada umumnya cenderung mudah. Namun kadang kala baik jantan maupun betina sekilas tampak mirip dan sulit dibedakan seperti yang dilansir dari laman Tankarium.

Oleh karena itu, mempertimbangkan karakteristiknya ternyata dapat membantu Anda untuk menentukan jenis kelamin ikan cupang yang diinginkan. Berikut ini cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membedakan antara ikan cupang jantan dan betina.

Dimorfisme Seksual

Sexual Dimorphism atau Dimorfisme Seksual adalah istilah yang sering digunakan untuk membedakan karakteristik ikan di wilayah tropis termasuk ikan cupang.

Istilah tersebut mengacu pada tingkat perbedaan antara ikan cupang jantan dan betina dalam spesies yang sama. Perbedaan itu dikategorikan dengan sebutan “lemah” dan “kuat”.


Baca Juga:


Jika dikaitkan dalam kasus ikan cupang dapat dikatakan bahwa ikan cupang memiliki dimorfisme seksual yang lemah dibandingkan dengan ikan cupang dibudidayakan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mencoba membedakan ikan cupang jantan dan betina sebaiknya Anda mencarinya melalui budidaya ikan cupang.

Selain memiliki dimorfisme seksual yang kuat. Ikan cupang budidaya juga sangat berbeda dari segi penampilan dan prilakunya.

Warna

Ikan Cupang
Foto: Pinterest

Cara sederhana membedakan ikan cupang jantan dan betina berikutnya adalah berdasarkan warna yang dimiliki oleh mereka.

Ikan cupang jantan cenderung berwarna cerah. Selain itu ikan cupang jantan tidak menampilkan garis-garis yang begitu jelas pada tubuhnya.

Sementara ikan cupang betina cenderung memiliki warna yang pudar dan tidak cerah. Jika ikan cupang jantan tidak menampakkan garis yang jelas, sebaliknya ikan cupang betina justru menunjukkan garis-garis vertikal yang jelas terutama dalam kondisi kawin.

Sirip dan Ekor

Ikan Cupang
Foto: Pinterest

Beberapa varietas cupang jantan umumnya memiliki sirip yang berukuran panjang. Sementara itu, sirip perut ikan cupang jantan mempunyai ukuran yang lebih panjang dan tebal daripada ikan cupang betina.

Sebaliknya, ikan cupang betina memiliki sirip yang lebih pendek dibandingkan jantan. Selain itu juga, ekor ikan cupang betina juga lebih pendek daripada milik para jantan.

Bentuk Tubuh

ikan cupang
Foto: Betta Source

Cara sederhana selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk membedakan antara jantan dan betina adalah berdasarkan bentuk tubuh mereka.

Para jantan biasanya memiliki tubuh yang begitu ramping dan sempit. Kadang kala ukuran mereka begitu kecil. Sebaliknya, ikan cupang betina memiliki tubuh yang lebih lebar dan lebih pendek daripada jantan.

Perbedaan Prilaku

ikan cupang
Foto: Pinterest

Umumnya ikan cupang jantan akan melebarkan insangnya sebagai bagian dari tanda agresi. Istilah agresi merupakan bagian dari bentuk prilaku yang bertujuan untuk menyakiti baik secara fisik dan psikis.

Sementara betina akan saling beradu warna dengan betina lainnya untuk menunjukkan siapa yang paling terang dan mendominasi dalam suatu wilayah.

Saat mereka melebarkan siripnya, para jantan cenderung tidak memposisikan kepalanya mengarah kebawah. Sedangkan betina akan melakukannya saat sedang melebarkan siripnya.

Perbedaan prilaku lainnya adalah ikan cupang jantan adalah ikan yang sangat agresif saat berhadapan dengan jantan lainnya dan cenderung akan bersiap untuk bertarung.

Sementara ikan cupang betina akan menjadi agresif jika dipelihara secara berpasangan dan umumnya betina akan berdamai saat berada dalam di dalam akurium bersama kelompoknya.

‘Janggut’ Ikan Cupang

Ikan cupang memiliki membran opercular yang terletak di bawah penutup insang. Selaput itu dapat terlihat saat ikan melebarkan pelat insangnya dan bentuknya menyerupai ‘janggut’.

Sedangkan ikan cupang betina memiliki janggut yang ukurannya jauh lebih kecil daripada ikan cupang jantan. Bahkan saking kecilnya, janggut ikan cupang tidak terlihat bahkan saat mengembang sekalipun.


Baca Juga: 


Egg Spot

ikan cupang
Foto: Quora

Ikan cupang betina memiliki ‘titik telur’ atau egg spot yang secara ilmiah diartikan sebagai ovipositor ikan. Ovipositor merupakan bagian dari anatomi seksual ikan betina dan digunakan untuk menyimpan telurnya selama pemijahan.

Pemijahan adalah suatu proses yang dilakukan oleh ikan cupang dalam mengeluarkan sel telur oleh sang induk betina dan sperma oleh induk jantan. Kemudian diikuti dengan proses perkawinan.

Dalam cara membedakan ikan cupang jantan dan betian, Anda mungkin akan sulit melihat egg spot karena bentuknya sangat kecil. Jika Anda benar-benar ingin melihatnya, Anda bisa mengambil foto dari samping dan kemudian perbesar tampilannya.

Sarang Gelembung

ikan cupang
Foto: Pinterest

Ikan cupang jantan biasanya akan meniup gelembung-gelembung dan membentuk sebuah sarang. Bahkan para jantan akan tetap melakukannya meskipun tidak ada betina.

Sebaliknya, ikan cupang betina sangat jarang membuat sarang gelembung. Oleh karena itu, jika Anda melihat ikan cupang sedang membentuk sarang gelembung ataupun tidak. Anda bisa langsung menemukan bahwa itu jantan ataupun betina.

Nah itulah cara-cara sederhana untuk dapat membedakan ikan cupang jantan dan betina. Pastikan sebelum Anda memilih ikan cupang, Anda sudah dapat mengidentifikasi kira-kira ikan cupang apa yang Anda butuhkan dan inginkan.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button