ToysNews

Cara Merawat Action Figure Agar Tetap Kinclong

Membaca tuntas artikel mengenai cara merawat action figure ini merupakan keputusan yang tepat, Andai kalian ingin koleksi yang dimiliki panjang umur dan tetap kinclong seperti baru beli kemarin.

Action figure bukan barang baru yang melengkapi kehidupan penggemarnya, ia sudah mencuat sejak dekade 1990-an. Peminatnya pun berkembang, di mana awalnya diperuntukkan bagi anak-anak sebagai mainan belaka, kini punya nilai lebih menurut orang-orang dewasa. Bahkan, ada yang menjadikannya sebagai investasi masa depan.

Oleh karena itu, banyak pecintanya yang berusaha untuk merawatnya dengan baik karena bernilai ekonomi, komunitas-komunitas yang mewadahinya pun masih ada sampai sekarang. Bahkan, para kolektor tidak segan-segan untuk membelinya dengan harga yang tinggi.

Atas dasar dinamika tadi, kini Hobring ingin menyajikan bacaan untuk kalian mengenai cara merawat action figure agar tahan lama, panjang umur, dan kinclong seperti baru beli kemarin. Untuk pembahasan selengkapnya, simak berikut ini.

Bersihkan Secara Rutin

Cara Merawat Action Figure Bersihkan Hobring

Cara merawat action figure yang pertama, tentu perlu membersihkannya secara rutin, misalnya dengan kemonceng atau bisa juga dibersihkan menggunakan kain lembut yang ditetesi air. Pastikan dilap lagi pakai kain kering untuk hasil yang maksimal, dalam jangka waktu seminggu sekali.

Sementara itu, jika kesulitan membersihkan bagian-bagian sempitnya, lakukan dengan penyedot debu atau compressor ukuran kecil. Semuanya itu dimaksudkan supaya replika tokoh anime atau superhero punya kalian terbebas dari debu yang menempel.

Bingung bagaimana caranya menghilangkan noda bandel di action figure? Gunakan saja alkohol atau air sabun, namun, jangan sampai basah kuyup. Direkomendasikan pakai alkohol, sebab ia tidak bakal merusak unsur plastik maupun metal yang menjadi bahan dasar mainan ini.

Sediakan Tempat Khusus

Cara-Merawat-Action-Figure-Hobring

Punya action figure berarti kalian siap memamerkan koleksi sendiri kepada orang lain, agar tampak kinclong seperti baru beli kemarin, cara merawat action figure selanjutnya adalah dengan menempatkannya ke wadah khusus.

Sebagai contoh, menyimpannya di sebuah lemari layaknya etalase atau lemari kaca yang dilengkapi dengan lampu. Susunlah dengan rapih koleksi kalian supaya terlihat lebih meraik dibanding menarunya secara asal-asalan.

Catat, kalau kalian meletakkan action figure di tempat terbuka, maka kemungkinan besar terpapar debu secara langsung yang bisa menumbuhkan noda bandel. Belum lagi, jika di rumah kalian ada anak-anak, itu dapat merusak koleksi kalian karena mereka belum mengerti.

Oleh karena itu, meletakkan koleksi action figure di tempat khusus bakal menjadikannya lebih enak dipandang, tertata rapi, terhindar dari debu bandel secara langsung, dan yang paling penting berada pada kondisi aman di dalam lemari.

Setelah menyimpan dan menatanya di lemari kaca, supaya terlihat seperti baru maka perlu mempercantiknya dengan pencahayaan yang redup, maksudnya adalah menggunakan bola lampu yang kadar watt-nya kecil.

Karena bahan dasar dari action figure secara umum mengandung plastic (PVC), oleh sebabnya, penting tidak memasang lampu dengan daya watt yang terlalu besar, itu bisa menghasilkan panas yang berlebih sehingga berefek buruk bagi kelangsungannya. Pilih saja lampu yang ber-watt 5-10.

Hindari Sinar Matahari

Cara-Merawat-Action-Figure-Hindari-Matahari-Hobring

Kendati kalian telah meletakkan koleksi action figure di lemari kaca yang dapat menghindarinya dari debu secara langsung, namun, perlu diperhatikan bagaimana posisi lemari tersebut supaya tidak terpapar langsung dengan sinar matahari.

Usahakan atur posisi lemari kaca tempat kalian menaruh action figure, jangan sampai berada di dengan jendela yang terpancar langsung dengan sinar matahari. Tujuannya, untuk menghindari cahaya panas yang berasal dari matahari demi koleksi-koleksi yang awet.

Andai koleksi action figure tersebut terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama, maka hal ini dapat menyebabkan warna cat menjadi kusam dan mengelupas. Dan itu menjadikannya tampak buruk dan tentu harganya akan turun.

Atur Suhu Ruangan

Cara Merawat Action Figure

Ketika sinar matahari bisa bikin action figure menjadi pudar warnanya dan terkupar catnya, maka suhu ruangan tempat di mana kalian meletakkannya  dapat membuatnya cepat rusak. Kondisi yang demikian, juga mendorong tumbuhnya jamur pada koleksi kalian.

Artinya, cara merawat action figure berikutnya adalah pastikan kalian mengurangi kelembapan di tempat penyimpanan dengan meletakkan silica gel (biasanya, terdapat pada kotak sepatu, tas, dan sebagainya, yang baru dibeli) di sekitarnya. Ia berfungsi sebagai penyerap kelembapan.

Jadi, simpanlah pada temperatur yang tepat, ini menunjang kelangsungan hidup koleksi kalian biar tetap seperti baru. Kemudian, kalau punya action figure yang berbahan PVC, kalian juga dapat menaruhnya ke dalam freezer selama kira-kira 20 menit dalam durasi beberapa bulan sekali.

Perlu digarisbawahi, persoalan suhu ruangan juga turut memengaruhi awet atau tidaknya action figure kalian dalam jangka waktu yang panjang. Pastikan menyimpan koleksi-koleksi yang dimiliki pada suhu ruangan 20-25 derajat Celcius.

Jauhi dari Bahan yang Merusak

Cara-Merawat-Action-Figure-Hobring-Jauhi-Api

Ada berbagai bahan yang bisa bikin koleksi action figure jadi gampang rusak, seperti minyak, bensin, hingga api. Menjauhkannya dari unsur-unsur tadi juga merupakan cara merawat action figure yang perlu diperhatikan oleh kalian yang ingin menjaganya dengan baik.

Saat action figure terpapar minyak misalnya, itu dapat membuat warnanya berubah menjadi lebih kusam, terus, kalau terkena bensin ia bakal mengupas cat pada koleksi kalian bahkan melumerkan plastik yang menjadi bahan dasarnya. Tentu, jika disambar api itu memungkinkannya terbakar dengan mudah.

Jangan Sering Digerakkan

Cara-Merawat-Action-Figure-Jangan-Sering-Digerakkan-Hobring

lnilah langkah terakhir, jangan terlalu sering menggerakkan atau membongkar pasang action figure kalian, khususnya yang mempunyai sendi-sendi, itu pun jika kalian tidak mau bagian-bagian tertentu pada koleksi kalian jadi cepat longgar.

Memang, menyukai action figure yang dimiliki terkadang secara tidak sadar ingin menggerakkan atau bahkan membongkar pasang bagian-bagian tubuhnya. Tindakan ini bukan tidak sama sekali, tetapi, jangan terlalu sering melakukannya.

Bahan yang Dibutuhkan Sebagai Cara Merawat Action Figure

Dari penjelasan yang telah disebutkan di atas, agar kalian bisa dengan mudah mengingat apa-apa saja bahan yang dibutuhkan untuk merawat action figure sendiri, silakan amati dan ingatlah uraian di bawah ini.

  • Kemonceng
  • Kain Lembut
  • Sikat Gigi Berbulu
  • Katenbat
  • Penyedot Debu
  • Compressor Ukuran Kecil
  • Air Bersih
  • Sabun
  • Alkohol
  • Lemari Khusus
  • Silica Gel

Demikian yang bisa disampaikan Hobring perihal cara merawat action figure agar tetap kinclong seperti baru. Untuk informasi lain seputar action figure, simak artikel langkah-langkah membuatnya dari resin atau daftar dari mereka yang paling mahal sedunia di mana ada yang menyentuh angka miliaran rupiah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button