NewsFood

Cara Membuat Gelato yang Mudah dan Sederhana

Hobring.com – Gelato adalah dessert atau makanan penutup yang biasanya disajikan sebagai bagian dari budaya warga Italia. Selain rasanya yang unik, Gelato ternyata hampir disukai oleh banyak orang termasuk bagi masyarakat di Indonesia.

Umumnya, Gelato memiliki rasa yang manis sehingga hampir cocok dilidah semua orang. Sekilas memang tampak mirip dengan es krim, tapi tahukah Anda bahwa Gelato berbeda dengan es krim?

Sebagai makanan penutup, Gelato mengandung lebih sedikit lemak jika dibandingkan dengan es krim. Hal itu disebabkan karena bahan utama gelato adalah susu sedangkan es krim adalah krim.

Sementara itu, Gelato juga biasanya menggunakan lebih sedikit kuning telur daripada es krim yang biasa kita konsumsi. Tak hanya itu saja, Gelato memiliki tekstur yang jauh lebih padat jika dibandingkan dengan es krim.

Gelato diaduk dengan kecepatan yang lebih rendah daripada es krim. Itu artinya, produk Gelato mengandung sedikit udara jika dibandingkan es krim. Selain dianggap lebih sehat, Gelato juga dapat disajikan pada suhu yang hangat.

Rasanya yang lembut, memberikan tekstur yang unik saat Anda memakannya. Mengetahui betapa menariknya Gelato, mungkin saat ini Anda sedang bertanya-tanya tentang bagaimana cara membuat gelato yang mudah dan sederhana.


Baca Juga:


Untuk menjawab rasa penasaran Anda, Hobring.com akan menjelaskan mengenai cara membuat gelato yang mudah dan sederhana meskipun hanya di rumah saja.

1.Bahan-Bahannya

Hal pertama yang perlu perhatikan adalah bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini bahan sederhana yang bisa Anda siapkan sebelum membuat Gelato:
-5 kuning telur
-3 cangkir susu murni
-3/4 cangkir gula pasir
-1 biji vanili yang dibelah memanjang
-bubuk kakao
-buah segar sesuai selera dan secukupnya

cara membuat gelato
Foto: Bondarenko

2.Cara Membuatnya

Setelah semua bahan telah siap. Langkah selanjutnya adalah membuat Gelato dengan cara yang mudah dan sederhana. Berikut ini langkah-langkahnya:

-Tuang susu ke dalam panci dengan menyalakan api kecil sampai sedang. Tunggu beberapa saat sampai muncul gelembung-gelembung di sekitar tepi panci. Jika sudah, Anda bisa matikan api dan sisihkan ke dalam sebuah wadah.
-Sambil menunggu susu dingin dalam suhu ruangan, Anda bisa menyiapkan sebuah mangkuk besar dan mixer baik manual atau tidak.
-Kemudian, campur kuning telur dan gula dan lakukan secara perlahan-lahan sampai keduanya mengental dan lembut.
-Setelah kental dan lembut, secara perlahan-lahan tuangkan susu yang sudah dihangatkan pada step pertama ke dalam campuran kuning telur dan gula.
-Setelah semua tercampur rata, susu dan campuran telur dituangkan ke dalam panci dan tambahkan biji vanili sambil memasaknya di atas kompor dengan api kecil sampai sedang dan memasaknya dengan cara terus diaduk sekitar 10 menit.
-Setelah mendidih, angkat panci dari kompor dan matikan api. Biarkan adonan dingin dengan suhu ruangan selama beberapa jam.
-Jika panci sudah mulai tidak terlalu panas, Anda menyaringnya dengan tujungan mengeluarkan biji vanili dari dalam Gelato.
-Pastikan adonan Gelato Anda halus dan tidak menyisakan bahan-bahan lainnya. Oleh karena itu, saringlah menggunakan penyaring khusus.
-Jika sudah yakin tidak ada bahan yang tersisa di dalam Gelato Anda. Kemudian Anda bisa memindahkannya ke dalam wadah kedap udara dan membekukannya di dalam kulkas.
-Setelah Gelato beku, taburkan beberapa aneka buah-buahan segar sebagai topping di atasnya.
-Gelato telah siap untuk dihidangkan.

cara membuat gelato
Foto: dovapi

Demikianlah cara membuat gelato yang mudah dan sederhana. Anda bisa kreasikan dengan menambahkan berbagai topping atau mencampurkan beberapa buah-buahan segar agar Gelato milik Anda tampak nikmat saat disantap. Selamat mencoba!

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button