NewsLifestyle

Cara Membuat Aquascape Sederhana Untuk Pemula

Cara membuat Aquascape untuk pemula

Hobring.com – Aquascape adalah sebuah seni dekorasi tanaman bawah air yang diaplikasikan pada akuarium atau media kaca seperti akrilik. Sekilas mungkin tampak rumit, tapi siapa sangka kalau ternyata ada cara membuat Aquascape yang sederhana untuk para pemula.

Dalam beberapa waktu terakhir, hobi aquascape semakin popular di masyarakat. Hanya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti kayu, air, tanah, batu, karang dan lain sebagainya ternyata Anda bisa membuat hutan, gurun, air terjun sampai pegunungan di bawah air.

Tak hanya itu saja, Anda tetap membutuhkan beberapa hal untuk membuat Aquascape seperti lampu LED, substrat tumbuhan air, pengetahuan tentang tumbuhan bawah air dan tanaman khusus Aquascape. Berbicara soal tanaman, untuk membantu Anda membuat Aquascape Hobring.com akan merekomendasikan beberapa tanaman air bagi pemula.

Perlu Anda ketahui bahwa Aquascape memiliki tiga bagian tata letak yaitu tumbuhan pada bagian belakang, tengah dan depan. Dilansir dari Earth 911, berikut ini adalah referensi tanaman yang cocok untuk diletakan pada bagian belakang akuarium:

1.Amazon Sword

Amazon Sword biasanya cocok diletakan di bagian belakang atau di tengah-tengah akuarium. Alasannya karena memiliki daun hijau yang subur dan terkesan menciptakan tampilan sebuah hutan.

Tumbuhan ini juga sangat bagus dan mudah untuk dirawat bagi pemula. Umumnya, Amazon Sword dapat tumbuh sampai 20 inci jika Anda melakukan perawatannya dengan tepat.


Baca Juga:


2.Ludwigia Repens

Tumbuhan air yang cocok bagi pemula dan mudah dirawat adalah Ludwigia Repens. Tanaman akuarium terindah ini dapat tumbuh sampai 20 inci di mana setiap batang lebarnya sekitar 2 inci.

Dengan daun yang berwarna merah, tanaman ini memiliki akar yang sangat kuat dan direkomendasikan sebagai tumbuhan air bagi Aquascape Anda

3.Jungle Vallisneria

Jungle Vallisneria adalah tanaman akuarium yang kuat dan dapat tumbuh sekitar 2 meter. Tanaman ini bagian dari keluarga grass yang sangat mudah dirawat dan memiliki akar yang sangat kuat.

Sehingga, tanaman ini sangat bagus untuk Anda para pemula yang ingin menambahkan ikan yang agar lebih ramai.

4.Giant Hairgrass

Tanaman giant hairgrass memiliki daun yang panjang dan tipis, sehingga terlihat seperti sebuah bilah rumput yang tinggi.

Tumbuhan air yang satu ini dapat bekerja dengan baik jik digabung bersama jungle vallisneria dan dapat tumbuh sampai 18 inci pada tiap helainya.

Selanjutnya adalah tumbuhan yang dapat Anda letakan di area tengah Aquascape Anda. Berikut ini rekomendasikan tanaman air yang sebaiknya berada di bagian tengah:

5.Crypt Wendtii

Tanaman Aquascape yang sangat umum dan biasanya digunakan oleh para pemula adalah Cryptocoryne wendtii. Tumbuhan yang satu ini rupanya dapat Anda letakan di area tengah akuarium milik Anda.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh @jt_aquatics

Cryptocoryne wendtii adalah tanaman asal Sri Lanka yang dipercaya
memiliki akar yang kuat dan mudah untuk dirawat. Sehingga, tumbuhan ini sangat direkomendasikan untuk pemula.

6.Water Wisteria

Water Wisteria atau hygrophila difformis adalah sebuah tanaman air dengan akar yang sangat kuat dan mudah tumbuh di dalam akuarium.

Tumbuhan ini menjadi sangat populer di kalangan pemula karena tidak hanya sangat mudah dirawat tapi juga dapat tumbuh subur di banyak kondisi bahkan tanpa suplementasi CO2.

Untuk tampilan sendiri, water wisteria mempunyai daun yang kokoh, pastikan Anda menyediakan substrat yang kaya akan nutrisi.

Jika bagian belakang dan tengah telah terisi, maka tugas selanjutnya adalah mengetahui tumbuhan apa saja yang dapat Anda tanam di area depan. Berikut ini adalah rekomendasi tanaman Aquascape yang cocok diletakan di bagian depan:

7. Staurogyne Repens

Staurogyne Repens adalah tanaman hijau segar dengan bentuk yang padat dan kuat serta cocok untuk latar depan Aquascape milik Anda.

Tumbuhan air ini memiliki batang kaku dengan warna agak kecoklatan. Selain itu, saat di bawah air, Staurogyne Repens memiliki daun yang relatif kecil jika dibandingkan dengan tumbuhan Hygrophila.

Pertumbuhannya yang lambat dan merambat serta sifatnya yang kuat membuat Staurogyne Repens menjadi tanaman yang paling banyak dicari oleh para pegiat Aquascape pemula.

8. Dwarf Baby Tears

Tumbuhan yang popular selanjutnya adalah Dwarf Baby Tears atau Hemianthus callitrichoides yakni sebuah tanaman air yang sebaiknya diletakan para area depan Aquascape Anda.

Saat di dalam Aquascape, spesies yang satu ini diketahui memiliki kebutuhan cahaya dan CO₂ yang relatif tinggi. Jadi pastikan Anda memenuhi kebutuhan dengan tercukupi.

Biasanya, setelah Dwarf Baby Tears ditanam, pada setiap bagian akan menghasilkan akar yang pada dasarnya merupakan batang individu yang bercabang dan tumbuh di sepanjang substrat.

Setelah mengetahui tanaman apa saja yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan Aquascape Anda. Langkah selanjutnya adalah cara membuat Aquascape yang sederhana bagi pemula.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Anda bisa memulainya dengan menuangkan lapisan substrat tanaman air, seperti substrat alami premium Flourite Dark. Langkah berikutnya adalah menggunakan tanaman untuk menjadi alas atau ‘karpet’ seperti lumut atau lamun.

Pada dekorasinya, Anda bisa menambahkan seperti kayu apung, batu, kerikil dan benda apapun yang dirasa tidak akan mengalami perubahan kimiawi apapun saat diletakan di dalam air untuk menambah kesan estetika pada Aquascape Anda.

Setelah membuat dekorasi di dalam Aquascape, langkah selanjutnya adalah mulai menanam tumbuhan air yang berwarna-warni sesuai dengan selera Anda. Pastikan Anda memiliki pengetahuan yang mumpuni sebelum mulai menanamnya.

Dan yang terakhir cara membuat Aquascape adalah meletakan lampu LED di atas akuarium milik Anda untuk dapat memastikan tanaman mendapatkan cukup cahaya. Setelah langkah-langkah sederhana itu dilakukan, Anda wajib melakukan perawatan secara berkala pada Aquascape milik Anda.

Robert Woods pendiri Fishkeeping World memberikan beberapa tips untuk pegiat Aquascape pemula dalam menjalani hobinya seperti yang dilansir dalam website Earth 911.

Pertama, yang harus Anda lakukan sebelum memulainya adalah merencanakan akuarium Anda dengan tepat sebelum menambahkan tanaman apa pun di dalamnya.

Dalam cara membuat Aquascape, gunakan campuran tanaman yang berbeda untuk menambahkan dimensi yang berbeda juga. Anda bisa menyertakan tanaman yang berdaun besar dan berdaun halus dengan tingkat ketinggian bervariasi.

Robert Woods memberi saran agar air di dalam Aquascape Anda tidak terlalu penuh. Hal itu bertujuan agar tetap tampak sederhana. Selain itu juga, hindari garis yang simetri agar lebih menarik dan estetik.

Buatlah tiga bagian di dalam Aquascape Anda yakni belakang, tengah dan depan. Kemudian bentuklah garis kurva pada bagian belakang Aquascape. Pertimbangkan juga untuk menggunakan bebatuan di setiap bagian. Jika dirasa tidak perlu menambahkan bebatuan hal itu juga tidak dipermasalahkan.

Selanjutnya, selalu mulailah dengan menanam tanaman dari belakang, kemudian tengah dan diteruskan ke depan. Tetap gunakan tanaman yang mudah tumbuh sehingga Anda tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia dan pupuk tambahan.

Lakukan perawatan dengan rutin dan usahakan untuk selalu menjaga agar akuarium tetap selalu bersih dan alami. Nah itulah cara membuat Aquascape dengan sederhana dan beberapa tips dari Robert Woods untuk melakukan hobi yang satu ini. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button