ToysNews

Cara Membuat Action Figure Dari Resin

Cara Membuat Action Figure Dari Resin – Action figure adalah sebuah mainan atau barang koleksi yang umumya berukuran kecil dari figur (pahlawan, karakter film, dan sebagainya).

Action figure sendiri biasanya dapat digerakkan untuk melakukan pose-pose tertentu serta memiliki berbagai macam aksesoris seperti, pakaian, kendaraan, dan senjata.

Action figure biasanya dikoleksi oleh sebagian orang, bahkan hobi mengoleksi barang satu ini pun tergolong istimewa. Pasalnya harga dari action figure sangat beragam namun cenderung digolongkan dalam kategori mahal karena dibanderol harga selangit.

Nah buat kalian yang kesulitan mencari salah satu action figure entah karena harganya yang mahal atau memang sulit untuk ditemukan, mungkin kalian dapat membuat action figure dengan resin.  

Berikut cara membuat action figure dari resin :

Desain karakter

Sebelum memasuki cara membuat action figure dari resin pastikan kalian telah memiliki desain terlebih dahulu, sebab desain karakter adalah tahapan visualisasi karakter yang akan kalian buat.

Dalam desain ini sendiri bertujuan untuk menentukan pose, bentuk tubuh, ekspresi, dan gaya busana action figure. Hal ini dapat menjadi acuan kala kalian membuat action figure dalam jumlah banyak. Untuk desain karakter kalian dapat membaginya menjadi dua yaitu, psikologis dan fisik.

  1. Action figure dari sisi psikologis

Kalian dapat membagi karakter menjadi tiga seperti, protagonis (berperan baik), antagonis (berperan jahat), dan tritagonis (penengah atau pendamai)

  1. Action figure dari sisi fisik

Setelah mendapatkan karakter, tahap selanjutnya adalah pemilihan fisik, kalian dapat memilih fisik action figure kalian seperti manusia, hewan, atau makhluk buatan.

Membuat figure armature 

Figure armature digambarkan sebagaimana tengkorak pada manusia, armature sendiri adalah kerangka dasar cara membuat action figure dari resin dengan tujuan agar action figure dapat berdiri tegak atau mengokohkan pose dari desain yang telah kamu tentukan.

Baca juga : Harga 3 Action Figure Ini Bikin Melongo, di Atas 1 Miliar!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat action figure

Dan bahan-bahan untuk membuat action figure dari resin yang berkualitas pastikan kamu sudah memiliki aluminium, kawat, clay, resin, kain, cat, dan alat-alat ukir. 

1. Resin

Adapun resin atau plastik yang terkeras biasanya digunakan untuk membentuk tubuh utama, sementara plastik lembut seperti, polypropylene dan polyethylene biasanya dipakai untuk cetakan dari aksesoris dalam kostum yang lebih kecil dari action figure.

2. Kain

Berbagai jenis kain seperti nilon dan rayon dapat dijadikan untuk kostum atau setelan, topeng, atau jubah.

3. Clay

Umumnya clay terbagi menjadi tiga, clay polymer, clay campuran, dan clay kering. 

  • Clay polymer

Pada dasarnya polymer lebih cocok untuk pengerjaan detail, lebih khusus pada pemahat yang ingin membuat pola menjadi sehalus mungkin sebelum memasuki proses pembakaran.

  • Clay campuran

Untuk dapat membentuk figure berbahan dasar clay campuran dibutuhkan campuran clay dari dua bahan polymer, dan bagi kalian yang baru memulai membuat action figure dari resin pertama kalinya sebaiknya menghindari campuran.

Sebab clay ini hanya akan bertahan satu sampai tiga jam sebelum mengeras. Meski demikian, clay dengan bahan campuran memiliki kelebihan yaitu tahan dan kuat dengan cuaca, dengan begitu dapat dikerjakan di luar ruangan. Campuran pun sangat bagus untuk armature.

  • Clay kering

Sedangkan jika kalian ingin membuat action figure dengan clay kering pastikan tambah air untuk clay jenis ini. Clay jenis ini juga memiliki tantangan tersendiri, yaitu pemberian warna untuk action figure.

Sebelum figure mewarnai clay kering harus dilapisi seluruh permukaannya dengan cat latex, bila ini tidak dilakukan maka cat akan bercampur dengan warna clay.

Guna mendapatkan hasil yang terbaik dibutuhkan kurang lebih tujuh lapisan agar mendapatkan tones action figure yang sesuai.

Pemilihan clay yang tepat tentu dapat membuat action figure dari resin kamu menjadi lebih apik.

4. Cat

Adapun cat yang dipakai adalah cat air, cat akrilik, cat minyak, H2oil (cat minyak yang dapat dicampur dengan air), patina (cat berbahan dasar air dan minyak), dan cat latex. Perlu diperhatikan penggunaan cat juga harus menyesuaikan dengan jenis clay yang dipakai. 

5. Alat ukir

Umumnya untuk membentuk action figure dari resin menggunakan jari tangan. Namun untuk dapat menampilkan detail dalam bagian tertentu diperlukan alat-alat khusus yang lebih dikenal dengan ‘mirettes’.

Alat ini sering terbuat dari kayu, plastik, dan logam. Dibuat untuk menjangkau area sulit semisal sekitar mata.

Baca juga : Daftar Action Figure Termahal di Dunia

Kelebihan membuat action figure dari resin

Seiring perkembangan zaman resin menjadi salah satu bahan yang sering digunakan untuk memperkuat serat, begitu pun dengan action figure, dan inilah kelebihan membuat action figure dari resin:

  1. Tahan kelembaban yang luar biasa
  2. Meningkatkan kekuatan mekanik
  3. Tahan benturan
  4. Umur simpan yang panjang
  5. Penyusutan selama curing rendah

Contoh action figure dari resin

Sudah menjadi rahasia umum bahwa One Piece merupakan salah satu franchise yang terpopuler dan terbesar di dunia. Tidak hanya dari seri manga dan animasinya saja, berbagai merchandise, termasuk action figure dari resin nya pun populer. Berikut adalah contoh action figure dari resin:

Action figure One Piece, Nico Robin

Action figure One Piece Nico Robin
Sumber: Review Bukalapak

Nico Robin adalah salah satu wanita dewasa dengan tubuh yang ideal. Robin sendiri merupakan kru dari Bajak Laut Topi Jerami yang dikapteni oleh Luffy. 

Robin sendiri memakan buah setan hana hana no mi, kekuatan yang ia miliki adalah mampu memanipulasi bagian tubuhnya seperti bunga yang bermekaran.

Detail yang disajikan pun membuat terkejut karena bentuknya yang rapi. Bahkan action figure ini dibanderol dengan harga 45 juta rupiah.

Action figure One Piece, Monkey D. Luffy

Action figure One Piece Monkey D. Luffy
Sumber: Review Bukalapak

Luffy yang memiliki tekad untuk bajak laut telah memakan buah gomu-gomu sehingga membuat tubuhnya elastis menjadikan dirinya sulit untuk dikalahkan.

Action figure One Piece, Monkey D. Luffy kala berada di mode king kong gun saat berhadapan dengan Donquixote Doflamingo menjadikan salah action figure One Piece termahal. Diketahui untuk dapat memiliki Luffy dalam mode king kong gun setidaknya kita harus merogoh kocek senilai 25 juta rupiah.

Baca juga : Ingin Tamiya Jadi Tercepat di Dunia? Pakai 5 Opsi Dinamo Berikut

Action figure One Piece, Aokiji, admiral es

Action figure One Piece Aokiji admiral es
Sumber: Review Bukalapak

Aokiji Kuzan adalah salah seorang mantan admiral yang saat ini bergabung dengan Black Beard. Dalam action figure ini membuat Aokiji dalam suasana mewah.

Bagaimana tidak, ia berdiri di atas singgasana es yang membeku yang ia ciptakan sendiri disertai dengan burung besar jurus pamungkasnya saat ia menghadapi kakak Luffy, Ace. Action figure One Piece inipun berada di harga sekitar 20 juta rupiah.

Baca juga : Beragam Manfaat dari Permainan Puzzle Bagi Anak-Anak

Sementara itu, perlu diketahui resin adalah eksudat atau getah yang dikeluarkan oleh banyak jenis tumbuhan, terutama jenis pohon runjung (konifer).

Getah ini biasanya membeku, lambat atau segera, dan membentuk massa yang keras serta banyak transparan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button