News

Bukan Sekedar Hiasan, Berikut 5 Manfaat Tanaman Bagi Kesehatan

Hobring.com – Memelihara tanaman hias kini tengah digandrungi sebagian masyarakat tanah air. Kegiatan itu dilakukan untuk mengusir rasa bosan ketika harus berdiam diri dirumah akibat pandemi covid-19.

Namun ternyata, berkebun dirumah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebab sebagaimana diketahui tanaman merupakan penghasil oksigen, baik yang berukuran kecil maupun besar.

Berikut ini manfaat kesehatan memelihara tanaman di pekarangan rumah. Yuk baca selengkapnya!

  1. Membantu pernapasan

Adanya tumbuhan di pekarangan rumah menjadi keuntungan bagi manusia untuk mendapatkan lebih banyak udara, karena tumbuhan menyediakan oksigen. Tumbuhan melalui proses fotosintentis akan mengeluarkan oksigen yang membuat udara lebih segar untuk bernapas.

Baca Juga:

Namun pada malam hari, tumbuhan akan melakukan proses yang sebaliknya, yaitu menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Oleh sebabnya dilarang keras tidur di dekat tanaman, karena akan kehabisan oksigen.

Tapi jangan takut, bagi kalian yang ingin menyimpan tanaman di dalam ruangan, ada beberapa tanaman khusus yang tetap bekerja menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen ketika malam hari. Anggrek dan tanaman sejenis Kaktus merupakan tumbuhan yang aman untuk dikoleksi didalam ruangan.

2. Tanaman bisa membersihkan udara

Tanaman 2
Sumber foto: Istimewa

Polusi udara yang terjadi di area luar akan menyebar hingga ke dalam rumah. Apalagi jika tempat tinggal kalian menjadi jalan utama kendaraan yang lalu lalang.

Akibatnya kualitas udara di sekitar tempat tinggal kalian akan memburuk karena terkontaminasi zat beracun yang berasal dari asap kendaraan. Bukan hanya dari kendaraan, zat beracun udara dirumah juga bisa berasal dari peralatan elektronik rumah tangga.

Oleh karenanya, di laporkan dari Country Living, bahwa beberapa peniliti menyarankan seluruh masyarakat untuk menanam tanaman. Sebagaimana diketahui beberapa tanaman diketahui mampu membersihkan dan memberikan udara segar.

Berikut beberapa tanaman yang bisa membersihkan udara di dalam dan juga di ruangan terbuka.

  1. Spider Plant
  2. Sirih Gading
  3. Lidah Mertua
  4. Bunga Krisan
  5. Bunga Peace Lily

3. Mengurangi Stress atau Jenuh

Selain membuat rumah kalian menjadi indah, manfaat bercocok tanam dirumah juga dapat menghilangkan stress dan membuat rasa jenuh kalian sedikit hilang.

Pasalnya, saat melakukan bercocok tanam, anda harus teliti dan telaten. Seperti saat memberikan pupuk organik, diusahakan kalian menggunakan sarung tangan agar terhindar dari gigitan binatang atau alergi.

4. Sarana Olahraga

Berkebun di rumah dinilai sebagai salah satu olahraga ringan yang mungkin tidak kita sadari. Hal tersebut mengingat ketika anda berkebun, anda harus menyapu, memotong rumput, menata tanaman, menyiram tanaman hingga menggali tanah sesuai dengan ukuran tanaman.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention(CDC), memiliki kebun di rumah ternyata bermanfaat sebagai tempat berolahraga.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Senang
Sumber foto: Istimewa

Orang yang menghabiskan waktu dengan berkebun, terbukti memiliki tingkat depresi dan kecemasan rendah, menurut hasil penelitian di Amerika Serikat. Kegiatan menyiram tanaman di kebun juga memicu otak melepas hormon serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati(mood booster).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button