NewsFood

Bosan Makan Nasi? Coba Dulu Olahan Nasi Khas Nusantara Ini

Hobring.com Tidak hanya keindahan alamnya, Indonesia memiliki beragam kuliner yang menggugah selera. Di setiap daerah, kamu bisa dengan mudah menemukan makanan khasnya, berikut ini jenis-jenis olahan nasi khas nusantara.

Sebagai makanan pokok, nasi mengandung karbohidrat yang baik bagi tubuh. Selain itu, nasi juga bisa dipadukan dengan beragam bumbu dan lauk pauk.

Di berbagai penjuru Tanah Air misalnya, penyajian nasi pun memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Nah, inilah 7 jenis-jenis olahan nasi khas nusantara yang populer di telinga.

nasi uduk

Nasi uduk

Nasi uduk menjadi makanan favorit warga Jakarta di pagi hari. Berbeda dengan nasi putih biasa, nasi uduk warnanya tidak terlihat putih dan butiran nasinya tidak lengket satu sama lain.

Hal ini disebabkan adanya proses memasak beras yang diaron dengan air capuran santan, daun salam, laos dan juga serai yang dikukus hingga matang. Nasi uduk bisa dipadukan dengan beberapa jenis lauk, misalnya ayam goreng ataupun telur balado.

Sementara khusus untuk nasi uduk Betawi biasanya lauk yang dipadukan adalah semur jengkol, tahu dan tempe, telur balado, bihun goreng, empal daging hingga sambal kacang.

nasi kuning

Nasi kuning

Olahan nasi yang berasal dari tanah Jawa ini sangat populer di nusantara. Biasa disajikan dalam acara-acara penting, seperti syukuran, ulang tahun, dan selamatan.

Berbahan dasar nasi putih, kemudian diolah dengan pewarna makanan kunyit jadi warna kuning, rasa dan aroma nasi kuning lebih gurih dan harum daripada nasi putih biasa.

Resep nasi kuning kini sudah tersebar di berbagai wilayah nusantara. Meskipun begitu, dasar cara memasaknya tetaplah sama.

Biasanya yang membedakan hanyalah topping dan menu tambahannya, seperti telur, tempe, tomat, timun, mie goreng, ayam goreng, sambal, dan masih banyak lagi lainnya.

nasi liwet

Nasi liwet

Kumpul bersama keluarga di akhir pekan bisa sambil makan nasi liwet lho. Nasi liwet menjadi salah satu makanan khas warisan nenek moyang.

Bahkan proses membuat nasi liwet tertulis di Serat Centhini pada tahun 1819, yang mana awal mulanya dari daerah Solo, Jawa Tengah.

Penyebaran nasi liwet pun sudah sangat luas, seperti nasi liwet Sunda misalnya. Nasi dimasak dalam kastrol bersama ikan asin dan cabe. Nasi khas kampung ini rasanya gurih enak.

Nasi dengan rasa gurih pedas disajikan dengan beragam lauk, seperti ayam goreng dan bakar, sambal oncom, aneka pepesan, ikan serta lalap sayuran segar. Nasi liwet memang paling seru dimakan ramai-ramai bareng keluarga.

nasi kebuli

Nasi kebuli

Jenis olahan dari nasi selanjutnya adalah nasi kebuli. Nasi kebuli merupakan salah satu hidangan nasi gurih yang sering dikenal sebagai hidangan khas Timur Tengah.

Namun siapa sangka, nasi kebuli ini tidak ada di negera-negara Timur Tengah melainkan hanya ada di Indonesia lho!

Nasi kebuli identik dengan rasa gurih yang diperuleh dari kaldu daging dan susu yang dimasak dengan aneka rempah.

Biasanya nasi kebuli dibuat dengan menggunakan lemak kambing dan minyak samin. Bahan-bahan inilah yang memberikan cita rasa khas pada hidangan tersebut.

nasi kucing

Nasi kucing

Jika kamu sedang berwisata ke Semarang, Yogyakarta, dan Solo mungkin pernah mendengar atau mencoba nasi kucing.

Nasi kucing atau sering disebut orang Jawa sebagai sego kucing, adalah makanan yang unik. Nasi bungkus yang memiliki porsi kecil ini ternyata memiliki asal usul menarik lho.

Dilansir dari Wikipedia, nasi kucing memiliki arti nasi untuk kucing, karena porsinya yang sedikit seperti makanan yang diberikan pada kucing.

Selain itu, Nasi kucing sengaja dibuat dengan porsi sedikit untuk menyesuaikan kemampuan beli rakyat biasa pada zaman dulu.

Karena membeli makanan mahal sulit dilakukan, akhirnya orang mencari cara bagaimana bisa menjual makanan namun dengan harga sangat murah.

Nasi kucing umumnya dibungkus dengan daun pisang, namun ada juga yang membungkusnya dengan kertas coklat pembungkus nasi.

Biasanya satu porsi nasi kucing ini terdiri dari satu kepal nasi putih dengan lauk ikan teri, tempe, dan sedikit sambal.

nasi jamblang

Nasi jamblang

Nah, nasi yang satu ini merupakan makanan khas Cirebon yang menjadi ciri khas dari penyajian nasi jamblang adalah dibungkus dengan daun jati yang menurut sejarah disebutkan agar nasi tidak mudah basi.

Di Cirebon, nasi yang memanfaatkan lembaran daun jati sebagai pembungkusnya ini telah menjadi primadona yang selalu jadi andalan. Nasi Jamblang banyak dikonsumsi saat sarapan dan makan siang tiba.

Mirip dengan Nasi Padang, Nasi Jamblang biasanya disajikan secara prasmanan dengan beragam lauk pauk, mulai dari varian ikan, daging, sayur hingga tempe dan tahu yang diolah dengan beragam rasa.

nasi bakar

Nasi bakar

Jenis olahan dari nasi yang sudah tidak asing lagi didengar, yakni nasi bakar. Nasi bakar yang diolah menggunakan daun pisang sebagai pembungkus nasi ini beraroma wangi.

Aroma khas tersebut muncul dari daun pisang yang terbakar, sehingga menebarkan aroma nikmat yang sangat menggugah selera.

Soal rasa, nasi bakar ini umumnya memiliki cita rasa yang enak dan gurih. Biasanya dipadukan dengan isian seperti ikan, suwiran ayam, teri, cumi dan banyak lainnya.

Makanan ini juga cocok disajikan dengan lalapan, sambal hingga lauk seperti tahu dan tempe goreng. Hmm kebayang kan kenikmatannya?

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button