NewsOlahraga

Body Goals! Manfaat Pilates, Olahraga yang Bikin Bahagia

Hobring.com – Jika kamu senang berolahraga, tren pilates menjadi salah satu olahraga yang akhir-akhir ini semakin banyak diminati. Tak hanya menenangkan, pilates juga memiliki beragam manfaat lho!

Menurut pakar pilates sekaligus pendiri studio Classical Pilates dan Exhale Pilates London, Gaby Noble menuliskan pilates secara tidak langsung bisa membantu kita mencapai target berat badan ideal.

“Pilates adalah cara untuk mengkoordinasikan tubuh, pikiran dan jiwa yang sangat efektif untuk mendapatkan manfaat kesehatan optimal,” kata Gaby.

Pilates merupakan jenis olahraga yang ramah untuk pemula yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga:

Meskipun Pilates mungkin tidak membakar kalori sebanyak latihan aerobik seperti lari, banyak orang menganggapnya menyenangkan, yang membuatnya lebih mudah untuk dilakukan dari waktu ke waktu.

Menurut sebuah studi, melakukan latihan Pilates selama 90 menit selama tiga kali per minggu secara signifikan mampu mengurangi lingkar pinggang, perut, dan pinggul.

Tak hanya penurunan berat badan, Pilates telah terbukti mengurangi nyeri punggung bawah, dan meningkatkan kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas, daya tahan, serta tingkat kebugaran secara keseluruhan.

Menariknya, melakukan olahraga Pilates melatih kita untuk mengontrol tubuh dan pikiran, sehingga membantu mengatasi stres dan kecemasan, serta menenangkan pikiran.

Seperti yoga, Pilates berfokus pada sinkronisasi kerja napas dengan gerakan, yang membedakan yakni lebih fokus melibatkan bagian inti tubuh.

Kita akan merasakannya di bagian perut dan melihat hasil positif yang tidak didapat dari yoga. Agar usaha semakin maksimal, gabungkan latihan ini dengan diet sehat atau bentuk olahraga lain, seperti latihan beban atau kardio.

pilates

Pilates baik untuk kesehatan pria

Tren olahraga Pilates populer di kalangan peserta dan instruktur wanita. Hal ini menimbulkan kesan, olahraga ini lebih cocok untuk diterapkan oleh wanita.

Padahal, penemu metode kebugaran ini adalah pria asal Jerman yang merupakan pelatih fisik bernama Joseph Hubertus Pilates.

Mengutip laman Men’s Journal, Pilates mampu mengembangkan kelompok otot yang sering diabaikan.

Beberapa otot kita yang mendominasi pergerakan harian lebih kuat daripada otot lain, dan pilates berfokus pada otot-otot yang biasanya kurang mendapat perhatian.

Perlu diketahui, setiap latihan Pilates berfokus pada penggunaan inti otot untuk gerakan di anggota tubuh kita.

Pilates juga memberi pengaruh pada otot transversal abdominis (lapisan otot dinding perut depan dan samping yang dalam hingga otot internal), otot dasar dan otot di bawah perut six pack.

Terakhir, dengan rutin berolahraga pilates mampu memperkuat inti dan dasar pinggul. Pria yang mempraktikkannya akan memiliki kendali yang lebih besar pada bagian tubuh ini, hal tersebut tentunya bermanfaat bagi kehidupan seks kita.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button