NewsTraveling

Berwisata Hingga Olahraga Ekstrem, Pesona Tumpak Sewu Si Cantik yang Cukup Liar

Hobring.com – Jika Air Terjun Niagara yang berada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada disebut sebagai obyek wisata kelas dunia, namun siapa sangka Indonesia pun punya air terjun yang sekilas mirip Niagara bernama Tumpak Sewu.

Pemandangan Air Terjun Tumpak Sewu nampaknya selalu viral saat dipajang di media sosial. Popularitas Air Terjun Tumpak Sewu sebagai Niagara Jawa Timur bukan tanpa sebab.

Air terjun ini berbentuk setengah lingkaran di kaki Gunung Semeru itu menjadi salah satu wisata alam unggulan di Lumajang.

Air Terjun Tumpak Sewu berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur memiliki banyak aliran air terjun.

Baca Juga:

Dinamakan Tumpak Sewu, lantaran disebut-sebut memiliki seribu aliran mata air dan bila diartikan bahasa Jawa adalah sewu.

Air Terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu merupakan air terjun berketinggian sekitar 120 meter.

Berada di lembah curam dengan elevasi dengan panjang 500 meter, air terjun ini memiliki aliran air yang memanjang menyerupai tirai.

Sehingga air terjun ini termasuk dalam tipe tiered yakni debit air yang mengalir menempel di dinding atau tebing batu.

Air Terjun Tumpak Sewu bahkan dianggap sebagai air terjun terindah di Pulau Jawa. Akses menuju lokasi air terjun dapat ditempuh dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by COMPLEX (@complex)

Keindahan magis Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu nampak megah. Suasana di sana mampu membius dan menghipnotis para petualang untuk betah berlama-lama di sana.

Bahkan, tidak sedikit para petualang yang selalu kembali ke sana saat mereka punya waktu luang. Magis, keindahan alamnya benar-benar luar biasa.

Air terjun ini punya landscape yang luar biasa indah. Oleh karena itu, tidak heran jika air terjun besar ini diburu oleh para fotografer.

Tentu, mereka datang ke sana untuk mendapatkan golden momen dari Air Terjun Tumpak Sewu. Air terjun ini akan semakin magis saat momen matahari terbit dan terbenam.

Nggak hanya wisata, jadi tempat olahraga ektrem

Tak hanya sebagai tempat wisata, air terjun Tumpak Sewu ternyata juga menjadi tantangan bagi pecinta olahraga ekstrem rapelling menuruni dinding air terjun.

Tebing air terjun setinggi 120 meter itu kerap menjadi tempat menantang untuk pecinta olahraga rapelling.

air terjun tumpak sewu 1
Turis berfoto di kaki Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Diminati wisatawan

Air Terjun Tumpak Sewu ini memang sangat mempesona keindahannya. Tak heran banyak sekali wisatawan yang datang mengunjunginya.

Sesampainya kamu di lokasi, kamu akan melalui anak tangga berundak yang turun ke dasar bukit.

Anak tangga sepanjang 800 meter ini masih menempel di badan bukit dengan rimbunan tanaman perdu di sisi sampingnya.

Ada dua spot menarik di Air Terjun Tumpak Sewu, yakni pos panorama dan lembah Air Terjun Tumpak Sewu.

Di Pos Panorama, wisatawan bisa menikmati keindahan Air Terjun Tumpak Sewu dari ketinggian.

Sementara untuk lembah Air Terjun Tumpak Sewu wisatawan perlu usaha ekstra berjalan 400 meter dari Pos Panorama, yaitu trekking di jalur yang terjal.

Untuk menuruni tangga ini, kamu tak perlu tergesa-gesa. Lantaran, kondisinya yang cukup curam mengikuti bentuk permukaan tanah.

Tenang saja, lelah kamu akan terbayarkan dengan adanya Gua Tetes di ujung tangga. Pasalnya, Gua ini dipenuhi dengan tetesan air dari sumber mata air.

Air-air tersebut mengalir ke sungai di bawah Gua. Uniknya, aliran airnya menyerupai kristal.

Nggak perlu merogoh koceh yang dalam ke Amerika untuk sekedar menikmati panorama yang hampir sama kan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Adventure – Travel (@adventure)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button