TravelingNews

Berwisata di Taman Alas Purwo Banyuwangi

Taman Nasional Alas Purwo (TN Alas Purwo) merupakan wisata unggulan Banyuwangi, Jawa  Timur.

TN Alas Purwo sendiri disebut sebagai daerah yang angker dan penuh misteri. Pasalanya beredarnya kabar tersebut karena Alas Purwo adalah tanah tertua di Pulau Jawa dan memiliki luas 44.037 hektar. 

Meski demikian TN Alas Purwo memiliki pesona yang memukau mulai dari hutan mangrove, goa kuno, wisata budaya, goa kuno, hingga kawasan savana. Tercatat ada sekitar 700 flora, 320 jenis burung, 50 jenis mamalia, 48 jenis reptil, dan 15 jenis amfibi.

Dan inilah Empat tempat yang sering dikunjungi di Taman Nasional Alas Purwo:

1. Savana Sadengan

Dilansir dari Tribun Travel, di Savana ini para wisatawan dapat menyaksikan pemandangan alam terbuka disertai dengan binatang-binatang. Dalam savana itu kalian dapat menjumpai hewan-hewan seperti, banteng Jawa, rusa, dan burung merak.

Namun bila kamu ingin dapat melihat burung merak, kamu harus datang sekitar pukul 06:00 pagi WIB. Kamu juga tidak perlu khawatir jika tidak dapat menyaksikan burung merak secara langsung . 

Sebagai penggantinya kamu dapat menikmati best view beraneka hewan yang menghuni  Savana Sadengan pukul 06;00-090:00 WIB atau pukul 15:30-17:00 WIB.

2. Hutan Mangrove Bendul

Ekowisata Hutan Mangrove Bedul di Taman Nasional Alas Purwo sendiri cukup terkenal dikenal di kuping para wisatawan yang berkunjung. 

Bahkan Hutan Mangrove Bedul ini menjad hutan mangrove terluas di Pulau Jawa, dan bila kalian ingin berkeliling maka pengelola TN Alas Purwo menyiapkan perahu nelayan sebagai solusinya.

3. Pura Luhur Giri

Dilansir Kompas, setelah meninggalkan gerbang TN Alas Purwo maka kamu akan dimanjakan dengan Situs Kawitan untuk candi Hindu tersebut. 

Kawi sendiri memiliki arti tua dalam bahasa Jawa. Nama ini masih berkaitan dengan keyakinan bahwa Taman Nasional Alas Purwo adalah tanah yang pertama kali ciptakan di Pulau Jawa. Situs Kawitan pun disebut-sebut sebagai peninggalan kerjaan Majapahit.

4. Wisata goa

TN Alas Purwo memang terdapat banyak goa. Sampai saat ini, tercatat ada 44 goa dengan enam diantaranya menjadi paling sering dikunjungi. Adapun enam goa tersebut adalah Goa Songgo Langit, Goa Basori, Goa Padepokan, Goa Istana, Goa Jepang, Goa Padepokan.

Semua Goa yang disebutkan sering digunakan kegiatan ritual alias semedi, dan tempat itu sendiri menjadi habitat asli dari ular beserta kelelawar. Tapi suasana itu tidak ada alias berbeda dengan Goa Jepang.

Pada Goa Jepang diisi oleh berbagai macam alat perang, seperti meriam. Kemudian untuk Goa Songgo Langit jika kalian pergi ke sana, kalian akan menjumpai cangkang-cangkang kerang. Bukan tanpa alasan, benda-benda itu diyakini terbawa karena TN Purwo Alas dahulunya adalah karst di bawah permukaan laut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button