MusikNews

Berkenalan dengan 5 Alat Musik Tradisional Rusia Paling Unik

Hobring.com – Alat musik tradisional Rusia bisa dibilang unik, mulai dari bentuk-bentuknya, suara yang dihasilkan, sampai perihal cara memainkannya.

Ada banyak alat musik tradisional dari Rusia yang terbilang unik, sebab ada yang bentuknya tidak biasa sampai yang sederhana, begitu pula dengan suara yang keluar dari masing-masing alat, apalagi mengenai bagaimana orang-orang memainkannya.

Oleh karena itu, untuk artikel kali ini Hobring merangkum 5 alat musik tradisional Rusia paling unik, sebagaimana diolah dari laman Russia Beyond, kalau para pembaca tertarik untuk mengetahuinya maka bacalah hingga selesai sajian di bawah ini.

Baca juga:

Svistulka

Alat musik paling sederhana dan mungil ini meniru kicauan burung. Svistulka, terbuat dari keramik di mana biasanya berbentuk burung, dan memiliki satu sampai empat buah lubang. Ketika menutup beberapa lubang dan meniupnya secara bersamaan, penggunanya bisa bikin bermacam-macam suara yang indah.

Lozhki

Tentu, alat musik ini bakal sangat berguna untuk makan dalam keseharian kita karena berbentuk seperti sendok. Lozhki sendiri, sangat gampang dimainkan, ada banyak orkes anak yang tampil cuma bermodalkan alat ini.

Sementara itu, para pemainnya lozhki disebut lozhkari. Seorang musisi bisa memainkan dua sampai lima lozhki secara bersamaan, dan suara yang dihasilkan bisa berbeda-beda tergantung pada jenis kayu dan ukuran sendok.

Treshchotka

Orang-orang Slavia Kuno suka memainkan treshchotka untuk membuat suara bising. Alat musik ini terdiri dari beberapa pelat kayu ek yang dirangkai dengan tali dan terdengar seperti bunyi ranting kering yang terinjak. Dalam grup musik rakyat, ia digunakan untuk mengiringi lagu-lagu jenaka (chastushka).

Dudka

Banyak sekali jenis seruling rakyat Rusia yang dibuat dari bermacam-macam bahan kayu dengan jumlah lubang yang berbeda. Di antaranya adalah svirel kayu willow, pyzhatka kayu maple, zhaleika kayu birch, rozhok kayu juniper, dan lain-lain.

Semua seruling itu dalam bahasa Rusia disebut seabgai dudka. Alat musik tradisional ini, tidak cuma digunakan untuk bermain musik, namun, juga untuk menggembalakan hewan, berburu, dan untuk melakukan suatu ritual.

Drova

Struktur alat musik gambang khas Slavia yang dinamai Drova ini sangat sederhana, begitu juga acara memainkannya pemiannya hanya tinggal memukulnya dengan sebuah tongkat. Biasanya, ia terbuat dari batang kayu birch atau maple karena dinilai bahan yang paling bagus. Setiap potongan kayu punya alur atau lekukan, semakin dalam alurnya, semakin tinggi nadanya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button