NewsTraveling

Berkemah ala Komunitas Camper Van Indonesia

Hobring.com – Berkemah adalah salah satu kegiatan luar ruangan yang biasanya dilakukan untuk menghilangkan rasa penat dari riuh ramainya perkotaan dengan kembali menikmati suasana alam.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kemah dimaknai sebagai kata benda berupa tempat tinggal darurat. Oleh karena itu, pada umumnya berkemah identik dengan membangun sebuah tenda.

Alih-alih membangun tenda, ternyata ada alternatif lain untuk menikmati kegiatan berkemah salah satunya dengan menggunakan sebuah kendaraan seperti mobil yang disebut dengan nama campervan.

Di Indonesia, istilah campervan merujuk pada sebuah mobil yang dimodifikasi sebagai tempat tinggal sementara dengan menyediakan berbagai kebutuhan selama melakukan aktivitas diluar ruangan.

Jika diluar negeri campervan memiliki penamaan yang berbeda-beda dan kategori spesifikasi yang tersendiri. Namun lain ceritanya dengan campervan yang diusung oleh Komunitas Camper Van Indonesia.


Baca Juga:


Muhamad Slamet, Ketua Camper Van Indonesia menjelaskan bahwa konsep berkemah yang digagas oleh komunitasnya adalah sederhana. Tak seperti dibeberapa negara lainnya, ia justru ingin campervan bisa dinikmati oleh siapa saja sekalipun ia tidak memiliki mobil seperti campervan pada umumnya.

“Kami hanya ingin berkemah dan rekreasi di alam terbuka. Tetapi yang paling utama adalah kami kemping dengan cara ‘malas’ angkat barang jauh-jauh. Gotong-gotong barang jauh-jauh. Jadi kami, kemping di sebelah mobil aja,” ujar Ketua Camper Van Indonesia, Muhamad Slamet, pada Selasa, (20/04/2021) melalui Zoom.

Perkenalan Slamet pada dunia campervan berawal dari ajakan beberapa temannya yang telah lebih dahulu berkecimpung pada hobi yang satu ini. Semula, Slamet dan rekannya memilih untuk membangun tenda yang jaraknya cukup dekat dengan posisi mobil mereka.

Berdasarkan dari pengalamannya, Slamet merasa bbahwa ia lebih nyaman untuk memodifikasi kendaraannya agar dapat membangun tenda disebelah mobil miliknya. Sejak saat itulah, hobi berkemah dengan menggunakan mobil ia lakoni sampai saat ini.

“Sebetulnya (membentuk Camper Van Indonesia) nggak sengaja. Sebelum pandemi 2019, ada beberapa teman yang sudah melakukan kemah dengan mobil. Betul-betul cuman hanya bawa mobil, kemudian buka tenda,” tuturnya.

“Buka tendanya bisa beberapa meter dari mobil atau persis samping mobil. Nah lama-lama itu lebih nyaman tendanya disebelah nih kalau bisa. Cari tempat yang memungkinkan seperti itu.”

camper van indonesia
Dok. Foto Istimewa/Muhamad Slamet/Camper Van Indonesia

Setelah menjalani hobi tersebut, Slamet bersama pegiat campervan lainnya kemudian melakukan roadtrip ke beberapa wilayah di Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Mereka bahkan mengajak keluarga untuk turut menikmati serunya berkemah menggunakan campervan.

Kebersamaan itu yang menarik antusias masyarakat terhadap aktivitas campervan. Dari grup whatsapp yang semula hanya diminati oleh beberapa orang saja. Salah satu rekan Slamet yang juga menggeluti hobi campervan, kemudian membentuk sebuah grup komunitas campervan pada salah satu platform media sosial yaitu Facebook.

Slamet mengatakan, “Ada temen bikin grup Facebook. Kok makin rame nih, makin banyak sekali yang berminat. Di Facebook kami sudah ada sekitar 23.200 (anggota simpatisan).”

“Iya, jadi memang antusiasnya luar biasa. Oleh karena itu, terpikirkan oleh kami ada baiknya merapikan organisasi.”

camper van indonesia
Dok. Foto Istimewa/Muhamad Slamet/Camper Van Indonesia

Hadirnya komunitas Camper Van Indonesia adalah upaya Slamet bersama teman lainnya agar para pegiat campervan khususnya pemula dapat ternaungi dengan baik.

Camper Van Indonesia memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan mulai dari lokasi kemping yang terdapat diseluruh Indonesia, diskusi mengenai teknik sampai kelistrikan mobil.

Bahkan diskusi mengenai perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan campervan seperti jenis tenda yang cocok beserta harganya. Sampai diskusi mengenai tips dan cara untuk memodifikasi interior mobil agar sesuai dengan kebutuhan kita, nantinya akan disediakan oleh Camper Van Indonesia.

Bagi yang tidak memiliki mobil untuk campervan, tetapi ingin sekali merasakan petualangannya. Anda tidak perlu khawatir karena Camper Van Indonesia akan menyediakan kebutuhan Anda agar tetap bisa merakan sensasi petualangan yang menyenangkan.

Slamet berkata,”Kami memfasilitasi semua peminat temen-temen yang punya minat untuk berkemah. Kemudian nggak mau jauh-jauh dari mobil. Nah mobilnya apa saja, nggak ada batasan. Silakan.”

“Nanti tentunya, ketika kita kumpul bareng, itu biasanya mereka terinspirasi dengan teman-teman (lainnya).”

camper van indonesia
Dok. Foto Istimewa/Muhamad Slamet/Camper Van Indonesia

Slamet berpesan bahwa tidak perlu ragu untuk bergabung dengan Camper Van Indonesia. Meskipun Anda tidak memiliki mobil sekalipun, Anda tetap bisa bergabung dan merasakan serunya berkemah bersama-sama.

Jika Anda berada diluar wilayah Jabodetabek, Slamet mengatakan bahwa ada beberapa regional yang sudah membentuk perkumpulan pada hobi yang satu ini.

Adapun wilayah tersebut di antaranya Riau, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat (Bandung dan Majalengka), Jawa Tengah dan DIY, Jawa Timur, Bali dan Sulawesi Selatan.

Kedepannya, Camper Van Indonesia akan membuka pendaftaran keanggotaan secara resmi dengan benefit mendapatkan stater kit, ID Card dan lain sebagainya.

Slamet menambahkan, “Harapan kami kedepannya semoga semakin banyak teman-teman yang bisa bergabung ke dalam komunitas ini tanpa ragu-ragu. Karena kami tidak membeda-bedakan jenis mobil saja, silakan. Yang penting kita ingin bahagia bersama, melepas kepenatan, refreshing, mendapat sahabat baru (dan) saudara baru.”

Dalam waktu terdekat Camper Van Indonesia akan mengadakan kemping bersama pada bulan Mei pasca lebaran sebagai ajang halal bi halal yang akan diselenggarakan di Detasemen Kavaleri Berkuda Turangga, Jawa Barat.

Sebagai bagian dari upaya mendukung Nomadic Tourism yakni berwisata dengan bersifat temporer. Maka, Camper Van Indonesia saat ini sedang proses penyelesaian tahapan dari program Jambore Nasional Ke-1 yang akan dilaksanakan pada akhir tahun 2021.

Ajang silaturahmi ini nantinya akan dikemas dengan menyenangkan untuk menciptakan suasana keakraban bagi para pegiat campervan di seluruh Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button