LifestyleNews

Berkebun Harus di Lahan Luas? 8 Sayuran Ini Cocok Ditanam di Pot

Hobring.com – Kebun sayur mungkin selalu identik dengan lahan yang luas, namun bagi penghuni rumah atau apartemen yang luas lahannya terbatas menanam sayuran di dalam pot atau polybag bisa menjadi pilihan yang tepat.

Menanam sayur punya kelebihan tersendiri. Selain bisa mengaktualisasikan hobi berkebun Anda, menanam sayuran juga membantu menghemat pengeluaran.

Dilansir dari Hunker, Rabu (23/6) untuk membuat taman kontainer yang melimpah dengan memastikan wadah yang digunakan cukup besar untuk menampung air serta memiliki lubang drainase yang cukup.

Memilih pot dengan kualitas baik dan memiliki sistem drainase yang baik akan sangat membantu tanaman tumbuh.

Baca Juga:

Semakin besar wadah yang digunakan untuk tanaman sayur, semakin mudah juga perawatannya. Sebab pot yang besar lebih banyak menampung tanah dan membuat kelembapan tanah bertahan lebih lama.

Lantas jenis sayuran apa saja yang dapat tumbuh baik di dalam pot atau polybag? Simak ulasan berikut ini!

sayuran yang dapat ditanam di pot
sayuran tomat yang dapat ditanam di pot

Tomat

Penanaman sayuran tomat dimulai dengan proses penyemaian benih. Benih tomat sebaiknya diletakkan pada media tanam tanah yang tidak terlalu padat.

Perhatikan lokasi penanaman tanaman tomat dan pastikan mendapatkan cukup cahaya matahari secara langsung ya. Saat menanam tomat secara berjajar, pastikan jarak tanamnya 5 cm.

Hal ini dilakukan agar tomat tumbuh tidak bergerombol dan berhimpitan dengan batang lain yang dapat mengganggu pertumbuhan.

 

bayam
sayuran bayam dapat ditanam di pot (Foto: iStock)

Bayam

Tanaman sayuran yang bisa Anda tanam sendiri ialah bayam yang merupakan salah satu tanaman yang cocok ditanam di rumah.

Hal ini dikarenakan proses penanaman dan pemeliharaannya yang tidak terlalu sulit. Yang perlu Anda siapkan, adalah benih bayam, media tanam yakni tanah yang sudah tercampr pupuk, pot ataupun polybag, dan air.

Proses pertama ialah penyemaian benih yang dengan meletakkan benih bayam pada media tanam.

Jangan lupa berikan jarak benih yang satu dengan lainnya agar tidak berkecambah secara bergerombol.

Proses ini dibutuhkan sekitar satu bulan lamanya. Setelah benih berkecambah, tahap berikutnya adalah memindahkannya ke media tanam dan pot yang lebih besar.

Perlu diperhatikan, tanaman bayam ini akan tumbuh pada lingkungan yang lembab. Sehingga Anda perlu menjaga kelembaban dengan rutin menyirami tanaman bayam ini.

sawi

Sawi

Menanam sawi relatif mudah lho! Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pastikan tanaman harus berada di lahan terbuka, dan terkena sinar matahari langsung.

Sebaliknya jika daerah tanam panas, letakkan tanaman di bawah pepohonan rindang atau area yang memiliki atap.

Tanam benih ke tanah sedalam 1/2 inci dengan jarak 4 inci antar benih. Pastikan tanah tetap lembab merata dengan penyiraman ringan.

cabai rawit
sayuran cabai rawit dapat ditanam di pot

Cabai rawit

Cabai mudah dipelihara, selama suhu di sekitarnya tetap di bawah 32 derajat celsius. Cabai bisa terus tumbuh dalam cuaca yang lebih panas, tetapi akan menjatuhkan bunganya tanpa menghasilkan buah.

Ketika cabai menghasilkan buah, warnanya yang cerah dan bentuknya yang menarik membuat mereka cukup menjadi tanaman hias.

Saat memanen, sebaiknya kenakan sarung tangan atau cuci tangan setelah menangani untuk menghindari iritasi pada mata.

Anda bisa memilih pot plastik atau keramik yang memiliki lubang di bagian dasar untuk drainase.

Siram secukupnya tiga kali sehari atau setiap hari saat kemarau. Jika ditanam pada tanah pekarangan jarak antar bibit 7-10 cm.

daun bawang
sayuran daun bawang dapat ditanam di pot

Daun Bawang

Daun bawang bisa tumbuh subur walau di lahan yang sempit, cara menanamnya pun tidak sulit. Jika Anda menggunakan polybag bisa menanamnya maksimal dua batang.

Ada dua cara untuk menanamnya, mulai dari cara langsung dari benihnya, atau menyepih dari tanaman daun bawang yang sudah tumbuh (vegetatif). Selanjutnya, tinggal disiram teratur 1-2 hari sekali.

Perlu diketahui, menanam daun bawang susah-susah gampang. Tanaman ini tak membutuhkan kadar air yang banyak, tetapi tidak boleh kekurangan karena dapat mengganggu pertumbuhan.

sayuran yang dapat ditanam di pot
sayuran wortel dapat ditanam di pot

Wortel

Memang sayuran wortel akan sangat ideal ditanam pada dataran tinggi, namun bukan berarti Anda tidak bisa menanamnya di dataran rendah ya.

Syarat utama agar tanaman sayuran wortel dapat tumbuh ideal dengan ditanam pada media tanah yang subur. Anda bisa mencampurkan tanah dengan kompos, pasir halus, dan tanah merah dengan perbandingan 1:1.

Selain itu, Anda juga harus perhatikan ukuran pot untuk pertumbuhannya, pilihlah pot yang memiliki kedalaman 30-40 cm agar wortel tumbuh dengan ideal.

Selanjutnya, Letakan bibit sayuran wortel pada media tanam dengan jarak 3 cm. Letakkan bibit pada lubang dengan kedalaman 5 cm, dan tiap-tiap lubang dapat diisi 2 bibit wortel.

Setelah proses penanaman selesai, siram secara teratur dan tempatkan pada tempat yang terkena cahaya matahari langsung.

selada

Selada

Sebelum memulai menanam tanaman selada, beberapa proses yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bibit yang berkualitas, menyiapkan media pembibitan, proses penanaman dan perawatan.

Selanjutnya untuk media pembibitan gunakan campuran sekam padi, pupuk kompos, dan tanah yang gembur.

Setelah bibit selada berkecambah, pindahkan ke media tanam yang lebih luas dengan tanah yang gembur yang sebelumnya telah didiamkan selama 2 hari. Proses selanjutnya adalah merawat sayuran selada dengan menjaga media tanam tetap lembab.

kangkung

Kangkung

Sayuran kangkung merupakan salah satu sayuran yang dapat diolah menjadi sajian yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Jika media tanam sudah dipersiapkan, tempatkan benih kangkung pada lubang dengan kedalaman 5 cm.

Buatlah jarak antar lubang sekitar 20 cm agar pertumbuhan tanaman sayuran kangkung tidak bergerombol.

Anda bisa menaburkan hingga 5 benih kangkung dalam satu lubang. Proses selanjutnya adalah perawatan dengan penyiraman secara rutin.

Berkebun tanaman sayur menjadi kegiatan produktif yang sering dilakukan akhir-akhir ini. Nah, sekarang Anda sudah tahu kan cara menanam sayuran yang benar dan jenis mana yang cocok di tanam di rumah? Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button