NewsOlahraga

Berikut Tips Melakukan Olahraga Di Bulan Ramadan

Hobring.com – Bulan Ramadan merupakan bulan dimana umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Kendati berpuasa, kalian tetap bisa kok menjalankan olahraga untuk menjaga kesehatan.

Tubuh seseorang yang sedang menjalankan puasa tidak akan mendapatkan suplai makanan atau minuman selama kurang lebih 13 jam.  Oleh karenanya rasa lapar dan haus yang muncul pada siang hari akan mempengaruhi kinerja tubuh dan otak.

Selain itu, asupan makanan saat bulan Ramadan biasanya berbeda dengan hari biasa. Asupan unik di bulan puasa biasanya beragam mulai dari kurma, kolak, es buah, es blewah dan gorengan yang merupakan makanan favorit saat berbuka puasa.

Perubahan asupan makanan diyakini sangat mempengaruhi kondisi tubuh. Bahkan beberapa orang timbangannya naik saat di bulan Ramadan.

Baca Juga:

Nah, untuk menjaga agar tubuh tetap sehat di bulan Ramadan, berikut ini Hobring akan kasih tips cara jalani olahraga yang baik ketika berpuasa.

1. Waktu Olahraga

jam123
Sumber foto: Istimewa

Pemilihan waktu olahraga menjadi hal utama ketika seseorang menjalankan ibadah puasa. Seseorang tidak dianjurkan melakukan olahraga di saat waktu puasa.

Thenational dan Islamicity mengatakan, olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat berpuasa, karena saat puasa perut dalam keadaan kosong. Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan adalah pada saat berbuka, karena setelah berbuka tubuh akan kembali mendapatkan energi dari makanan dan minuman.

Akan tetapi, tidak semua mau melakukan olahraga setelah berbuka puasa. Ada juga yang lebih memilih melakukan aktivitas olahraga pada saat jelang buka puasa. Menurut dr. Saptawati Bardasono, olahraga yang baik saat menjalankan puasa di waktu menjelang berbuka.

“Olahraga sebaiknya dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan,” ucap dr. Saptawati Bardosono dikutip dari Kompas.com.

Buat kalian yang masih bimbang mau melakukan olahraga sebelum atau sesudah berbuka puasa, alangkah baiknya Anda mengenal tubuh anda terlebih dahulu. Hal itu untuk menghindari tubuh anda dari gejala-gejala pusing bahkan pingsan.

2. Jenis Olahraga

Jenis olahraga yang disarankan dilakukan saat bulan Ramadan adalah olahraga ringan. Kalian bisa melakukan olahraga seperti jalan santai, jogging dan bersepeda. Dan perlu dicatat, tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga lain selain tiga olahraga diatas.

3. Waktu tidur

Salah satu hal lain yang perlu kalian perhatikan adalah waktu tidur. Pasalnya untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar waktu tidur kalian harus cukup.

4. Asupan makanan dan minuman

makanan
Sumber foto: Istimewa

Asupan makanan juga menjadi hal penting sebelum melakukan olahraga ketika berpuasa. Sebab kalian hanya memiliki dua waktu makan yaitu ketika sahur dan berbuka.

Kendati memiliki waktu terbatas, kalian harus tetap memakan makanan sesuai porsi, jangan berlebihan ataupun kekurangan. Kalian juga disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein.

Nasi merah bisa menjadi pilihan kalian untuk makan di waktu sahur maupun berbuka. Tercatat dalam satu cangkir nasi merah yang dimasak, terkandung 36 g karbohidrat. Tambahkan lauk yang berprotein tinggi seperti ikan, daging dan telur.

Selain makanan, kalian juga harus memperhatikan cairan di dalam tubuh. Pada orang dewasa, konsumsi air putih disarankan 230 ml per hari atau total 2 liter. Oleh karenanya, kalian disarankan untuk tidak melakukan aktivitas yang berlebih di siang hari untuk mencegah dehidrasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button