NewsToys

Berikut Jenis-jenis Action Figure Gundam, Ada yang Tingginya Hingga 30 Cm, Lho!

Hobring.com – Action Figure Gundam mempunyai daya tarik yang kuat buat anak kecil bahkan hingga orang dewasa sekalipun. Meskipun hanya sebatas mainan, memiliki Action Figure nyatanya mampu membuat seseorang merasa dekat dengan tokoh idolanya tersebut.

Sejatinya Action Figure tidak harus selalu dimainkan. Sebagian orang justru lebih suka mengoleksi Action Figure untuk kepuasannya sendiri. Mereka biasanya meletakkan dan memajang Action Figure di dalam lemari dengan susunan yang cukup rapi.

Action Figure Gundam salah satu tokoh mainan yang cukup digemari warganet untuk dijadikan bahan koleksi. Gundam sendiri merupakan serial anime robot dari Jepang yang sudah cukup mendunia. Serial anime ini pertama kali muncul di TV sekitar tahun 1979 dengan judul “Mobile Suit Gundam” dengan latar balakang militer.

Meskipun sudah termakan usia, Gundam tetap memiliki penggemar setia yang membuat namanya tidak pernah hilang. Untuk memiliki mainan ini pun tidak terlalu sulit, kalian bisa mencarinya di toko mainan terdekat. Namun ada beberapa edisi Action Figure Gundam yang langka dan hanya dijual di tempat tertentu.

Baca Juga:

Action Figure Gundam juga biasa disebut Gunpla. Gunpla sendiri diketahui singkatan dari Gundam Plastic Model atau mainan Gundam yang terbuat dari bahan plastik. Kendati demikian, mainan satu ini tetap layak untuk dikoleksi.

Uniknya, Gunpla mempunyai perbedaan dengan Action Figure lainnya yang berada di pasar saat ini. Layaknya Puzzle, saat membeli Gunpla kalian harus merakitnya terlebih dahulu sebelum pada akhirnya kalian pajang di dalam lemari yang sudah Anda sediakan.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, kalian harus teliti dalam menyusun aksesoris Gundam mulai dari kepala, tangan, kaki, badan, senjata, stiker dan aksesoris lainnya tergantung edisi Gunpla yang kalian beli.

Tantangan merakit ini diyakini menjadi suatu hal yang membuat Gundam memiliki daya tarik tersendiri. Sebab seseorang akan merasakan kepuasaan yang menggebu-gebu saat menghasilkan karya yakni merakit Gunpla.

Nah, Gunpla sendiri memiliki jenis atau model yang berbeda. Berikut Hobring sudah merangkum jenis-jenis Gunpla berdasarkan bentuk agar kalian lebih mudah memahaminya. Simak selengkapnya dibawah ini.

5 Jenis-jenis Action Figure Gundam

1. Super Deformed (SD)

SD
Foto. (eBay)

Diurutan pertama ada jenis Super Deformed (SD). Super Deformed merupakan jenis Gunpla yang memiliki ketinggian hanya sekitar 8-10 cm saja. Tampilannya yang kecil membuat Gunpla satu ini menjadi lebih lucu dan unik.

Gunpa versi Super Deformed punya ciri khas yakni memiliki kepala yang lebih besar ketimbang bagian badan lainnya. Karena ukurannya yang kecil, Super Deformed sangat mudah dirakit untuk menjadi Gundam ‘mini’ seutuhnya.

Gunpla jenis ini sangat cocok bagi kalian yang baru ingin memulai mengoleksi Action Figure Gundam. Sebab kalian tidak akan menemukan kesulitan yang berlebih ketika merakitnya.

Buat kalian yang memiliki Gunpla Super Deformed, kalian hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp70.000- Rp150.000 untuk mendapatkan satu jenis Gunpla ini.

2. High Grade (HG)

HG
Foto. (Amazon.com)

Gunpla High Grade memiliki ukuran skala 1/144 dengan ketinggian lebih tinggi dari Super Deformed yakni kisaran 13-15cm. Versi ini masuk dalam kategori favorit karena banyak paling banyak diminati oleh para penggemar Gundam.

Tipe High Grade bisa dikatakan Gunpla yang masih tergolong mudah di rakit dengan tingkat detil yang masih standard ketimbang versi diatasnya. Saat merakitnya, kalian jangan lupa menambahkan stiker di Gunpla ini agar terlihat semakin menarik.

Untuk membawa pulang Gunpla High Grade, kalian harus menyiapkan uang sekitar Rp120.000 sampai Rp400.000, tergantung jenis apa yang akan kalian beli.

3. Real Grade (RG)

RG
Foto. (Tokopedia)

Real Grade merupakan versi Gunpla yang sudah memiliki fitur lebih lengkap dengan “Advanced MS joins part”. Dengan adanya fitur ini, Gunpla versi ini semakin fleksibel dan poseable. Harga Gunpla ini mulai dari Rp290.000 – Rp 800.000.

Salah satu keunggulan Gunpla ini kalian bisa menentukan sendiri pose Gundam sesuka hatimu di versi Gunpla ini. Gunpla versi Real Grade memiliki ketinggian yang sama dengan High Grade kisaran 13-15cm. Kelebihan lain pada Gunpla ini yakni memiliki pilihan warna yang lebih beragam.

4. Master Grade (MG)

MG
Foto. (Pinterest)

Master Grade bisa dikatakan versi Gunpla yang sudah mendekati kata sempurna. Memiliki ketinggian sekitar 17-19cm, Gunpla ini sangat memanjakan mata saat dilihat.

Dengan bentuk dan ukuran yang lebih besar, kalian akan membutuhkan waktu yang lebih lama ketika merakitnya. Kalian juga bisa memadukan beberapa warna pada Gumpla ini supaya terlihat lebih keren. Maka Gunpla ini sangat cocok bagi kalian yang suka dengan sedikit tantangan.

Gunpla versi ini dipatok mulai dari harga Rp400.000 – Rp1.000.000. Meski sedikit mahal, kalian dijamin tidak akan rugi memiliki Gunpla ini, selain ukurannya yang besar, Master Grade juga memiliki kualitas yang jauh lebih baik ketimbang versi-versi sebelumnya.

5. Perfect Grade (PG)

PG
Foto. (Amazon)

Versi satu ini merupakan Gunpla paling terbaik dan memiliki tingkat detil yang sempurna dibanding versi yang lain. Selain itu, Perfect Grade memiliki sedikit perbadaan pada bahan material yang digunakan.

Beberapa aksesoris di Perfect Grade diketahui memakai bahan material besi, sehingga meningkatkan kualitas dan membuat tampilan Gunpla ini semakin keren.

Selain itu, beberapa versi Gunpla ini seperti Perfect Grade (PG) Unicorn Gundam memiliki LED warna merah yang mampu memancarkan sinar sehingga Gunpla ini terlihat semakin kokoh.

Ketinggian yang dimiliki Gunpla ini sekitar 30cm dengan skala 1/60. Tentu, dengan ketinggian tersebut tingkat merakit di Gunpla ini cukup rumit. Bahkan saat merakit, kalian membutuhkan skrup kecil untuk mengencangkan beberapa bagian pada Gunpla ini. Gimana? Cukup rumit kan?.

Meski rumit, Perfect Grade memiliki kualitas dan detil yang sempurna hampir mirip dengan aslinya mulai dari senjata, armor dan aksesoris lainnya.

Untuk memiliki versi Perfect Grade, kalian harus merogoh kocek yang cukup banyak mulai dari Rp1,5 juta sampai Rp3juta. Akan tetapi, kalian dijamin puas dengan kualitas Gunpla ini.

Nah, itu dia jenis-jenis Action Figure Gundam berdasarkan bentuk dan jenisnya yang Hobring rangkum dari berbagai sumber. Setelah Gunpla dirakit lalu dipajang, kalian juga harus rajin merawat mainan satu ini agar warna dan kualitasnya tetap terjaga.

Selain Gundam, beberapa Action Figure tokoh lain juga banyak diminati para warganet. Bahkan beberapa Action Figure langka diketahui memiliki harga hingga miliaran rupiah.

So, buat Anda yang ingin memulai mengoleksi Action Figure, selain menyiapkan ruang khusus untuk meletakkannya, kalian juga harus menentukan Action Figure yang akan kalian koleksi. Karena setiap Action memiliki harga yang berbeda.

Nah, kalau kalian lebih pilih mana? mengoleksi Action Figure Gundam atau Action Figure superhero lainnya? Yuk jawab di kolom komentar..

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button