NewsMusik

Beragam Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan, Mengurangi Stress Salah Satunya

Hobring.com – Mendengarkan musik ketika sedang melakukan aktivitas sudah menjadi hal lumrah bagi banyak orang. Pasalnya, dengan mendengarkan musik Anda akan menjadi lebih rileks sekaligus bisa mengasah kekuatan otak.

Setiap hari Anda bisa mendengarkan musik dimanapun dan kapanpun, ketika sedang dijalan, belajar, bekerja bahkan saat kalian mau tidur. Bahkan musik diyakini bisa membuat seseorang menjadi lebih semangat dan membantu meredakan stress setelah seharian melakukan aktivitas.

Namun ternyata, mendengarkan musik bukan hanya untuk mengisi waktu dan hiburan. Musik ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Simak selengkapnya di bawah ini;

1. Membuat Suasana Hati Lebih Tenang

Pada tahun 2006, sebuah penelitian terhadap 60 orang dewasa menghasilkan bahwa mendengarkan musik mampu mengobati depresi, rasa sakit dan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Bahkan sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa mendengarkan musik atau bernyanyi bisa meningkatkan suasana hati.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sama seperti berolahraga, mendengarkan musik mampu menjaga kondisi kekebalan tubuh. Bahkan seorang peneliti menyebut bahwa musik merupakan obat yang murah dan tidak memiliki efek yang berbahaya.

Oleh karenanya, ketika Anda ingin melakukan olahraga, disarankan sambil mendengarkan musik agar makin semangat, tapi dengan catatan pilihlah lagu yang memiliki irama ketukan yang sesuai dengan gerakan.

Baca Juga:

3. Menghilangkan Stress

stress
Foto: Istimewa

Setelah beraktivitas seharian penuh, beberapa dari kalian mungkin mengalami stress, baik karena pekerjaan maupun jalanan yang macet. Dan untuk mengatasi hal tersebut, biasanya kalian akan mendegarkan lagu favorit untuk membuat pikiran lebih tenang.

Ternyata hal tersebut benar adanya. Sebuah penelitian mengatakan bahwa musik dengan irama yang tenang dapat mengurangi stress seseorang.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Mendengarkan musik nyatanya mampu membuat daya ingat seseorang bertambah. Maka tidak heran, sebagian orang memilih belajar atau bekerja sambil mendengarkan musik.

5. Meredakan Rasa Sakit

Sebuah studi menyebut mendengarkan musik di rumah dapat mengurangi rasa sakit pada pasien kanker. Tak hanya itu, irama musik juga bisa meningkatkan konsentrasi, membuat tubuh lebih rileks dan napsu makan bertambah.

Selama perwatan kanker berlangsung musik yang tenang dapat membuat suasana lebih nyaman dan perawatan menjadi lebih baik.

6. Tidur Lebih Nyenyak

tidur earphone
Foto: Istimewa

Mendengarkan musik menjadi salah satu pilihan terbaik bagi kalian yang susah tidur seperti insomnia. Pasalnya, irama musik jazz dan klasik mampu menghipnotis kalian menjadi ngantuk dan tidur menjadi lebih nyenyak.

7. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Sifat kognitif dan intelektual pada diri seseorang juga bisa meningkat saat mendengarkan atau memainkan musik. Oleh karenanya, beberapa ahli menyarankan ketika Anda menulis atau membaca akan lebih baik jika sambil mendengarkan musik.

Baca Juga: Hari Musik Nasional, Deretan Musisi Indonesia yang Berkarier di Pasar Internasional

8. Meningkatkan Kekuatan Fisik Saat Berolahraga

Bagi sebagian orang, mendengarkan musik saat berolahraga seperti jogging, lari dan gym menjadi suatu kewajiban. Sebab, sebuah studi yang dilakukan J.Waterhouse pada tahun 2009 mengatakan bahwa musik dengan tempo yang cepat dapat meningkatkan kemampuan fisik saat berolahraga.

Saat ini banyak sekali jenis genre musik di tanah air maupun internasional seperti musik klasik, musik jazz, musik blues, musik country, musik techno, musik reggae, musik R&B, musik RAP, musik metal, musik dangdut, musik pop, musik pop punk dan masih banyak lainnya.

Nah, untuk mencari tahu selera musik yang menggambarkan kepribadian kalian, cobalah untuk mendengarkan satu persatu genre musik tersebut. Setiap jenis genre musik memiliki ciri khas masing-masing.

Sekian rangkuman dari Hobring tentang manfaat musik bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian semua, ya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button