TravelingNews

Belum Banyak Yang Tahu, Ini Tempat Wisata di Indonesia yang Jarang Dikunjungi

Bosan dengan liburan yang begitu-begitu saja? Datangi tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi, daftarnya telah Hobring rangkum sehingga liburan jadi lebih berwarna.

Lokasi-lokasi tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi bisa menjadi alternatif bagi kalian jika kebingunan ketika ingin melakukan liburan, destinasi semacam ini juga opsi penting saat kalian lebih menyukai tamasya yang tidak terlalu ramai dengan pengunjung.

Pada dasarnya, ada banyak sekali spot-spot liburan di Negeri Khatulistiwa yang dapat memuaskan hasrat wisatawan, namun, untuk pilahn-pilihan tertentu, khususnya tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi, kami merekomendasikan 10 di antaranya yang patut dicoba. Selengkapnya di bawah ini.

1. Danau Kakaban

tempat-wisata-di-indonesia-yang-jarang-dikunjungi-Danau-Kakaban

Danau air tawar yang berada di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur ini terbilang unik, ia cukup berbeda dengan danau-danau lainnya karena menjadi habitat ubur-ubur. Wisatawan tidak perlu risau, hewan tersebut tidaklah menyengat dan artinya kalian dapat berenang sesuka hati di sana.

Tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi ini juga  merupakan salah satu dari dua tempat di dunia di mana para pelancong dapat menemukan spesies ubur-ubur yang tidak menyengat, selain Jellyfish Lake di Micronesia.

2. Danau Kaco

tempat wisata di indonesia yang jarang dikunjungi danau kaco

Terletak di Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci, Kota Jambi, air di Danau Kacau berwarna biru bening yang bisa memantulkan cahaya layaknya kaca. Mengingat istilah “kaco” punya makna kaca, masyarakat sekitar banyak yang menyebutnya Danau Kaca.

Tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi ini pemandangannya kontras dengan sekelilingnya yang serba hijau dan coklat. Danau ini dipadati pula oleh ribuan ikan semah Kerinci yang berenang bebas.

Belum ada yang tahu berapa meter kedalamannya, meski diyakini sangat dalam. Padahal, luas danaunya tidak terlalu besar, yakni cuma 30×30 meter saja. Yang menjadi menarik darinya adalah bakal Nampak bercahanya ketika gelap tiba, terutama pada bulan purnama muncul.

Andai kalian ingin berkunjung ke destinasi ini, dibutuhkan tekad yang kuat. Sebab, belum tersedia jalan mulus untuk menuju ke sana. Wisatawan akan menempuh 10 jam perjalanan jika berangkat dari kota Jambi.

3. Air Terjun Telun Berasap

tempat wisata di indonesia yang jarang dikunjungi air terjun telun berasap

Keistimewaan Air Terjun Telun Berasap kian terpancar ketika bulir-bulir air yang beterbangan dan terkena cahaya matahari. Di antara kabut yang lembap, pengunjung bakal melihat pertunjukan kemilau warna-warni pelangi tanpa harus menunggu hujan turun.

Air terjun ini dinamai “Telun Berasap” karena kabut air yang menguap di sekitar air terjun. Kabut itu sendiri tercipta dari proses jatuhnya air dari ketinggian 50 meter. Ia terletak di Telun Berasap, Gn. Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Lokasinya cukup menantang, yakni berada di antara lebatnya pepohonan Taman Nasional Kerinci Seblat. Kendati demikian, jalan menuju Air Terjun Telun Berasap disebut-sebut bisa menyejukkan mata para pelancong.

Supaya dapat menikmati pemandangan tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi ini dengan lebih maksimal, kalian bisa melakukannya dari ketinggian. Naiklah ke atas air terjun dan berdiri di salah satu bebatuan di sana.

4. Teluk Kiluan

tempat wisata di indonesia yang jarang dikunjungi Teluk Kiluan

Keberadaannya sudah jadi incaran para petualang untuk sambangi. Keindahan alamnya belum terjamah industri, lokasinya terpencil dan sepi, suasananya tentu masih asri dan tenang. Oleh karenanya, Teluk Kiluan menjadi lokasi favorit para pemancing.

Setiap tahun, tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi ini akan digelar lomba memancing yang diikuti para pemancing dari dalam negeri. Keindahan pantainya tentu tidak lepas dari pasir putih, laut yang masih jernih dan terdapat lumba-lumba, juga ombak yang cukup kencang.

Terdapat dua jenis lumba-lumba di Teluk Kiluan, yakni lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang. Si hidung botol (Tursiops truncatus) cenderung pemalu dan berbadan besar. sementara paruh panjang (Stenella longirostris) berbadan lebih kecil, tetapi, senang melompat.

Jumlah lumba-lumba di sana mencapai ratusan ekor, ada yang bilang bahwa koloni lumba-lumba di Teluk Kiluan merupakan yang terbanyak di dunia. Wisatawan bisa melihat lumba-lumba dari dekat dengan menyewa perahu katir. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat penyu hijau yang jarang muncul.

Lokasinya berada di pesisir Lampung, tepatnya di Desa Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tenggamus, Lampung Selatan. Para pelancong mesti menghabiskan waktu selama sekitar 12 jam berkendara dari Jakarta, atau 3-4 jam dari kota Lampung.

5. Pemandian Air Soda

tempat wisata di indonesia yang jarang dikunjungi Pemandian Air Soda

Berlokasi di Desa Parbubu I, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, merupakan kolam air soda satu-satunya yang ada di Indonesia. Diberi nama pemaindian air soda karena ada banyak gelembung-gelembung yang berasal dari dalam kolam dan bentuknya menyerupai soda.

Warna air tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjuni ini nyaris berwarna merah sehingga dikenal juga dengan nama Pemandian Air Soda Tarutung di mana dalam bahasa batak toba disebut sebagai Aek Rara Tarutung, aek adalah air dan rara adalah merah.

Kalau kalian mandi di air soda ini maka tubuh bakal berbusa dan mata akan perih jika terkena percikan air. Karakter arirnya tidak lengket dibadan seperti minuman bersoda, dan air soda di sana seperti membuat badan menjadi lebih halus dan terasa ringan.

6. Pantai Gili Iyang

tempat wisata di indonesia yang jarang dikunjungi Pantai Gili Iyang

Cobalah berkunjung ke Pantai Gili Iyang yang berada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Pulau ini terkenal memiliki kualitas oksigen terbaik di dunia dan kandungan oksigennya di atas rata-rata wilayah lain, yaitu kira-kira 21%.

Bukan hanya menikmati udara yang sehat, tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi ini juga memiliki banyak destinasi menarik lainnya seperti pantai-pantai dan goa, agar bisa menuju Gili iyang, kalian harus ke Desa Dungkek terlebih dahulu, kemudian menyewa perahu yang berada di Pelabuhan. Lama perjalanan ketika naik perahu menuju lokasi kurang lebih 45 menit.

7. Air Terjun Sipiso-Piso

tempat wisata di indonesia yang jarang dikunjungi Air Terjun Sipiso Piso

Beralamat di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara, air terjun Sipiso Piso memiliki ketinggian sampai 120 meter. Karena itu, ia masuk dalam jajaran air terjun tertinggi di Indonesia.

Wisatawan bisa naik ke atas-nya untuk menikmati pemandangan Danau Toba yang menakjubkan dan sekelilingnya dari atas. Meski begitu, kalian mesti melewati kira-kira 500 anak tangga untuk mencapainya. Namun, rasa lelah bakal terbayarkan dengan pesona yang dipancarkannya.

Adapaun gardu pandang yang menjadi spot favorit bagi para pengunjung untuk melihat keindahan air terjun dari kejauhan sekaligus cantiknya alam pegunungan dan bukit di sekitarnya. Kalian akan disuguhkan dua pemandangan yang indah sekaligus, yakni air terjun Sipiso-piso dan Danau Toba.

8. Curug Leuwi Hejo

tempat wisata di indonesia yang jarang dikunjungi Curug Leuwi Hejo

Kalian juga bisa menemukan tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi di mana berlokasi tidak jauh dari Jakarta. Ia adalah Curug Leuwi Hejo, terletak di di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor.

Keberadaannya memiliki jarak 10 km dari pusat kota Bogor dan memakan waktu kurang lebih 20 menit hingga 45 menit perjalanan. Tiket masuk, dikenakan 2 kali penarikan retribusi. Pos masuk pertama memakan biaya Rp15 ribu per orang, dan Rp5 ribu untuk tarif di pos kedua.

Sesampainya di sana, kalian akan disambut oleh gemericik air segar yang mengalir deras dari satu ujung ke ujung lainnya serta udara segar. Bagian terbaiknya adalah pengunjung diperbolehkan untuk berendam di air dingin yang menyegarkan.

9. Pantai Wediombo

tempat wisata di indonesia yang jarang dikunjungi Pantai Wediombo

Di Pantai Wediombo pengunjungnya bisa snorkeling, berselancar, memancing atau sekadar bersantai, kumpul bersama teman, dan menikmati sunset. Andai kalian ingin berkemah di pinggir pantai, tidak perlu khawatir sebab pantainya bersih dan sudah tersedia kamar mandi serta toilet.

Pantai Wediombo terletak di ujung kabupaten Gunung Kidul, ia didominasi oleh batuan karang dengan pasir putih. Jika kalian tertarik untuk mengunjunginya, itu bakal memakan waktu tempuh sekitar 2 jam lebih dari Kota Yogjakarta.

Kendati jaraknya cukup jauh, namun, wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan yang menenangkan di sepanjang jalan, dan begitu tiba di tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi ini, segala rasa lelah terbayarkan oleh indahnya pemandangan.

10. Pantai Ora

tempat wisata di indonesia yang jarang dikunjungi Pantai Ora

Punya rencana belibur ke timur Indonesia? Datangi salah satu surga wisata tersembunyi Indonesia yang bisa kalian coba, Pantai Ora. Pasir putih dan air lautnya jernih, bentang pegunungan kapur yang menjadi latar belakang semakin menambah keindahannya.

Bahkan, tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi ini disejajarkan dengan Maladewa ataupun Bora-Bora yang tersohor di Perancis. Ingat, jangan lewatkan kesempatan nikmati indahnya alam bawah laut di perairannya dengan snorkeling ataupun diving.

Pantai Ora berada di pulau Seram, kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Ia berlokasi di ujung barat teluk Sawai, tepatnya di sebelah desa Saleman dan desa Sawai, di tepi hutan Taman Nasional Manusela.

Demikian uraian tentang tempat wisata di Indonesia yang jarang dikunjungi dari rangkuman Hobring, semoga bisa menambah referensi objek wisata bagi kalian sehingga liburan semakin bervariasi dan memuaskan hasrat jalan-jalan kalian.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button