LifestyleNews

Beberapa Pertanda Buruk yang Dipercaya oleh Orang Rusia

Bagi kebanyakan orang Rusia, beberapa pertanda buruk berikut dianggap sebagai sinyal kematian, kemiskinan, dan kesialan yang dikenal luas dalam budaya mereka.

Zaman sudah berganti rupa, ilmu pengetahuan berkembang pesat, dan teknologi kian canggih, namun, dinamika itu tidak secara otomatis bikin orang-orang tak percaya lagi dengan hal-hal yang dinilai takhayul. Di Rusia sendiri, sampai sekarang banyak yang meyakininya, bahkan generasi mudanya.

Lalu, apa saja nilai-nilai mistik yang masih dipercayai oleh orang-orang di Rusia? Berikut beberapa pertanda buruk yang dipercayai oleh orang-orang di Rusia, sebagaimana diolah dari laman Russia Beyond, simak selengkapnya di bawah ini.

Berjumpa dengan Kucing Hitam dan Pendeta

Menurut tradisi rakyat Rusia, kucing hitam diyakini sebagai setan yang menyamar atau peliharaan penyihir desa. Kucing hitam yang memotong jalan seseorang jadi dianggap sebagai pertanda buruk. Kalau itu terjadi, orang tersebut mesti berbalik arah dan memilih rute lain atau meludah tiga kali ke kiri untuk mengusir roh jahat.

Bukan cuma itu, berjumpa dengan seorang pendeta atau biksu bahkan dianggap pertanda buruk. Dalam kepercayaan masyarakat perdesaan, untuk mengusir kesialannya, harus menyentuh si pendeta atau pakaiannya, atau membuat simpul pada seutas benang setelah pulang ke rumah.

Menerima atau Menemukan Wadah Kosong

Wadah kosong apa pun dianggap sebagai pertanda buruk bagi kepercayaan masyarakat tradisional. Artinya, jangan memberikan hadiah dompet atau tas tangan kepada orang Rusia yang kosong melompong. Sebab, itu bisa dianggap pertanda kemiskinan bagi si penerima hadiah. Isilah dengan sekeping koin di dalamnya dan itu dinilai berkah.

Selanjutnya, jika bertemu dengan perempuan yang membawa ember kosong, itu pun dianggap membawa kesialan. Takhayul ini berasal dari masyarakat perdesaan zaman dahulu, meski untuk yang satu ini hampir terlupakan.

Siul di rumah

Orang-orang Rusia melarang keras tindakan bersiul di dalam rumah. Ada pendapat kalau bersiul merupakan cara berkomunikasi dengan dunia lain atau semacam cara memanggil arwah. Ada juga yang menganggap bersiul itu memanggil angin yang akan mengusir kekayaan di dalam rumah. Dan, bersiul bisa menakut-nakuti roh penjaga rumah sehingga ia kabur dan bikin rumah itu rentan diganggu hantu jahat.

Rumah Dimasuki Burung

Ketika ada seekor burung yang tidak sengaja masuk ke dalam rumah, hal ini juga dianggap sebagai pertanda buruk. Maknanya adalah bakal ada seseorang dalam keluarga atau yang dekat dengan keluarga yang akan menemui ajalnya.

Atas dasar kepercayaan tradisional, sesaat sebelum kematian, jiwa yang hendak meninggalkan raganya mencari jalan keluar dari dunia ini dalam bentuk burung. Kendati demikian, bukan berarti memelihara burung di dalam rumah sebagai tanda kematian juga. Takhayul ini cuma berlaku bagi burung yang kebetulan terbang masuk ke rumah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button