Life StyleNews

Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Rasa Ngantuk Berlebih

Hobring.comNgantuk merupakan salah satu hal normal dan pertanda bahwa kita merasakan lelah. Namun ngantuk akan terasa berbeda jika dijumpai saat tengah bekerja, usaha, atau aktivitas lainnya.

Namun bila kamu terus menerus mengalami ngantuk itu menunjukkan bahwa pola tidur atau jam istirahat kamu kurang baik. Terlalu lama menonton film, bermain game, atau bermain handphone dapat menjadi beberapa faktor utama.

Maka untuk memperbaiki ngantuk yang berlebihan atau tidak pada waktunya kamu harus mengetahui sebabnya, serta memperbaiki hal tersebut. 

Adapun beberapa hal yang dapat membuat kamu terus merasa ngantuk adalah:

  1. Jam tidur yang tidak teratur

Kondisi yang paling umum merasakan ngantuk pada jam tidak tentu adalah jam tidur yang tidak teratur. Ada banyak hal yang menjadi penyebab tidak teraturnya jam tidur kita.

Baca juga:

Beberapa contohnya adalah menyelesaikan tugas kuliah, pekerjaan, begadang, bahkan asik menonton film atau kartun favorit hingga larut malam. Maka dari itu ada baiknya kamu segera memperbaiki hal ini sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan lainnya.

  1. Gangguan sikardian

Ritme sirkadian adalah jam alami tubuh menetralkan aktivitas mulai dari siang dan malam. Bila tidak ada management waktu yang baik maka kamu akan terus mengalami rasa lelah dan ngantuk.

Ada dua tipe untuk jenis gangguan ini, pertama adalah night owl atau insomnia. Seperti yang diketahui, night owl ini adalah waktu dimana kamu akan sulit tertidur atau jam tidur kamu akan tertunda.

Sedangkan yang kedua adalah morning larks. Morning larks sendiri adalah waktu dimana kamu dapat merasakan kantuk sebelum jam rutin kamu istirahat.

  1. Sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis adalah kondisi dimana kita merasa mengantuk atau lelah. Kondisi ini akan terasa usai kita melakukan aktivitas dan mengalami kelelahan. Kondisi ini pun masih berkaitan dengan jam tidur yang kurang berkualitas.

Pasalnya jam tidur yang kurang baik akan menyebabkan nyeri sendi dan otot dan tentu saja merasa kurang segar. Meski tidak diketahui secara pasti penyebabnya, sindrom kelelahan kronis ini menyebabkan gangguan secara signifikan pada hidup seseorang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button