TravelingNews

Arab Saudi Larang 20 Negara Masuk, Indonesia Termasuk

Hobring.com   Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan larangan pada 20 negara untuk masuk Arab, termasuk Indonesia. Dengan berlakunya peraturan tersebut perjalanan umroh dari Indonesia harus tertunda.

Sebelum ditegakkannya peraturan tersebut sejatinya Indonesia diperbolehkan melakukan umroh pada tanggal 4 Januari 2021 lalu, namun saat jenis baru virus corona ditemukan Arab Saudi khawatir akan berdampak buruk untuk kasus Corona di sana.

Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), Zaky Zakaria menjelaskan warga Indonesia tetap harus bersabar hingga larangannya disudahi.

“Arab Saudi telah membuat keputusan, maka tampaknya umroh akan dapat dilakukan setelah larangan ini dicabut,” tulis Zaky Zakaria pada detikcom.

Baca juga:

“Kemungkinan larangan ini terjadi sebab peningkatan Covid-19 di Indonesia mengalami lonjakan drastis. Tentu pengumuman ini sangat memprihatinkan, sebab PPIU atau Penyelenggara Umrah tengah bersemangat menggalakan program umroh,” lanjutnya.

Zaky mencatat penundaan umroh di Indonesia pertama kali jatuh pada 27 Februari 2020 atau awal serangan pandemi Corona. Dengan demikian artinya hampir setahun bidang usaha umroh bersusah payah menghadapi pandemi.

 Ia berharap pemerintah dapat memberikan perhatian terhadap semua sektor agar tidak terjadi PHK dan hal buruk lainnya pada perusahaan-perusahaan.

“Kami sangat berharap pemerintah Indonesia dapat memberikan perhatian pada bidang usaha wisata, umroh, dan haji untuk mencegah terjadinya hal buruk pada semua pihak terkait di bidang ini,” tulis Zaky.

Meski dihadapkan dengan dampak buruk sebab larangan dari Arab Saudi, namun Zakaria tetap mendukung keputusan tersebut. Zaky berharap adanya hal baik yang akan berdampak pada semua orang termasuk perjalanan umroh.

Adapun 20 negara yang dilarang masuk Arab Saudi adalah:

  1. Argentina
  2. Uni Emirat Arab
  3. Jerman
  4. Afrika Selatan
  5. Amerika Serikat
  6. Brasil
  7. India
  8. Indonesia
  9. Inggris
  10. Irlandia
  11. Italia
  12. Jepang
  13. Lebanon
  14. Mesir
  15. Pakistan
  16. Prancis
  17. Portugis
  18. Swedia
  19. Swiss
  20. Turki

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button