OlahragaNews

Aplikasi SIPGAR Ajak Masyarakat Hidup Bugar dengan Olahraga

Kemenkes belum lama ini sudah memperkenalkan aplikasi SIPGAR dan pihak Kemenpora merespons dengan mengajak beberapa pegawainya untuk mencoba menggunakannya.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan maksud merespons produk Kementerian Kesehatan (Kemenkes), mengajak masyarakat hidup bugar dengan berolahraga. Salah satunya, lewat aplikasi Sistem Pengukuran Kebugaran (SIPGAR).

Dalam kesempatan itu, pegawai di Kemenpora berkesempatan untuk mencoba mempraktikkan aplikasi SIPGAR, di mana sekarang sudah dapat diunduh di PlayStore. Setelah mengunduh, kalian perlu mengisi data dan petunjuk lainnya.

Kemudian, berlarilah sejauh 1,6 kilometer, nantinya hasil bakal diketahui setelah menempuh jarak tersebut apakah tingkat kebugaran seseorang sangat baik, baik, atau cukup. Dikatakan, waktu tempuh idealnya sekitar 12 menit.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta mengatakan, aplikasi ini menjadi bagian penting untuk bisa mengajak masyarakat secara luas supaya berolahraga secara rutin, supaya masyarakat bisa menjaga kesehatannya, apalagi ditengah masa pandemi Covid-19.

“Program yang luar biasa ya. Inilah yang kita tunggu-tunggu. Dengan aplikasi ini, kita mengajak masyarakat di Tanah Air untuk berolahraga. Sesuai arahan Pak Menpora RI, Zainudin Amali bahwa kita harus menguatkan sinergi.”

Isnanta

Sementara itu, Pejabat Tinggi Madya Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes, Tasripin, menambahkan, SIPGARr merupakan sebuah aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang. Ini dapat dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Melalui aplikasi ini, dia berharap masyarakat bisa semakin mudah untuk olahraga di mana pun dan kapan pun.

“Terima kasih atas kesempatannya, saya kira sama-sama kita tahu bahwa pandemi belum berakhir. Salah satu untuk menjaga kebugaran tubuh adalah berolahraga. Aplikasi ini sudah diluncurkan beberapa waktu lalu. Intinya, aplikasi SIPGAR ini dapat mengukur kebugaran seseorang.”

Tasripin

SIPGAR sendiri, merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu menggunakan metode Rockport, yakni salah satu cara pengukuran kebugaran jasmani dengan menghitung waktu tempuh seseorang saat menempuh lintasan 1600 meter. Rockport juga pengukuran kebugaran jantung-paru sebagai salah satu komponen terbesar yang mempengaruhi kebugaran seseorang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button