Traveling

Anak Milenial Wajib Tahu 3 Museum di Jakarta yang Instagramable Banget! Dijamin Pasti Betah!

Hobring.com – Kapan terakhir kali Anda mengunjungi museum? Sewaktu masih duduk di bangku sekolah dasar? Atau justru waktu ikut study tour di sekolah? Kalau mendengar kata museum, pasti identik dengan nuansa yang bersejarah ya. Kadang membosankan banget nggak sih kalau datang ke museum?

Ternyata tidak semua museum itu membosankan, lho! Berikut ini adalah beberapa museum yang instagramable banget dan dijamin anak milenial pasti betah deh berlama-lama di museum ini. Nggak percaya?! Yuk simak ulasannya!

Art: 1 New Museum dan Art Space

Art: 1 New Museum
Sumber: Eazel.net

Museum Art One mulanya adalah sebuah galeri seni yang disebut dengan nama Galeri Seni Mon Décor. Museum ini didirikan oleh Martha Gunawan  sejak tahun 1983 dengan memiliki berbagai cabang museum di daerah Jakarta.

Dikutip dari jejakpiknik.com, Martha Gunawan membangun museum ini awalnya di Plaza Senayan, Wisma Mulia, dan Grand Indonesia Shopping Town.  Namun kini Anda bisa temukan museum Art One yang berada di Jalan Rajawali Selatan Raya No. 3, Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Selain terdapat ruang-ruang pameran seperti pada umumnya. Jika Anda seorang kolektor karya seni, Anda bisa mengunjungi Art: 1 New Museum. Di dalam museum ini terdapat karya dari pada seniman yang telah melalui perjalanan yang panjang dalam perkembangan dunia seni di Indonesia.

Sementara itu, jika Anda ingin melihat bagaimana para seniman muda berbakat unjuk gigi, Anda bisa mendatangi Art Space di mana lokasi ini hanya menampilkan karya seni selama dua sampai 4 minggu saja dari para seniman muda.

Jika Anda ingin mengunjungi Art: 1 New Museum dan Art Space pastikan Anda mencari tahu informasi terkini karena dalam masa pandemi Covid-19, tidak semua museum terbuka untuk publik.


Baca Juga:


Magic Art 3D Museum

Sesuai dengan namanya, Magic Art 3D Museum adalah museum seni tiga dimensi yang terletak di Kota Tua, Jakarta. Jika Anda datang ke museum yang satu ini pasti dijamin tidak akan bosan karena terdapat 17 zona dan 104 spot photo seperti yang dikutip dari laman magicartkotatua.com.

Magic Art 3D Museum
Sumber: The Travel Junkie

Museum yang berada di Jalan Kali Besar Timur No. 9, Jakarta Barat ini didirikan oleh sebuah perusahaan asal Korea pada tanggal 7 Desember 2018.

Karena bagian dari kerjasama antara Indonesia – Korea, maka museum ini didesign dengan menampilkan lebih dari 100 karya lukisan mural buatan seniman Indonesia dan Korea dengan mengedepankan unsur tiga dimensi atau 3D.

Tidak hanya itu saja, Magic Art 3D Museum juga memiliki berbagai zona dengan tema yang berbeda-beda misalnya Zona Satwa, Zona Rutinitas sampai Zona Petualangan.

Bahkan, museum ini juga memiliki ruang tambahan seperti Ruang Laser, Ruang Penjara, Ruang Ajaib dan masih banyak lagi. Sebelum Anda mengunjungi museum yang satu ini, pastikan Anda mendapatkan informasi terkini karena berkaitan dengan masa pandemi Covid-19.

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN)

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN)
Sumber: CASA Indonesia

Museum yang instagramable berikutnya dan anak milenial wajib datang adalah Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau yang disingkat dengan nama MACAN.

Museum ini tidak ada hubungannya dengan hewan macan yang sudah kita ketahui, ya. Jadi sudah dipastikan Anda sangat aman jika ke museum yang satu ini.

Museum Macan terdapat berbagai koleksi mulai dari yang kontemporer sampai yang modern. Terletak di AKR Tower Level M Jalan Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, museum ini menampilkan sekitar 90 karya seni dari berbagai seniman di dunia.

Museum yang digagas oleh Haryanto Adikoesoemo, tidak hanya menampilkan karya seni saja tetapi juga bisa menjadi sarana edukasi khususnya bagi anak-anak. Jadi, cocok banget untuk semua kalangan.

Sebelum Anda mengunjungi museum Macan, pastikan Anda mengetahui informasi terkini karena berkaitan dengan kondisi di tengah pandemi Covid-19 di mana beberapa museum di Jakarta harus ditutup sementara.

Nah itu dia tiga rekomendasi museum yang instagramable banget di Jakarta. Museum masa kini bukan lagi museum yang membosankan. Tidak hanya kaya akan cerita sejarah, museum-museum tersebut juga memiliki karya seni yang luar biasa kerennya. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi museum tersebut?

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button