LifestyleNews

Alasan Kenapa Pesawat Komersial Tidak Dibekali Parasut Penumpang

Pesawat militer biasanya dilengkapi dengan parasut agar para penumpang dapat selamat saat terjadinya kecelakaan saat mengudara. 

Parasut sendiri berfungsi sebagai alat penyelamat kala menghadapi kondisi berbahaya saat pesawat mengalami masalah. Sebab jalan tunggal untuk lolos dari maut itu adalah melompat keluar.

Fungsi parasut sendiri adalah memperlambat laju turun seseorang untuk menapaki daratan sehingga penumpang dapat mendarat dengan tanpa mendapatkan cedera atau luka bahkan kematian kala hal buruk itu terjadi.

Namun parasut diketahui tidak tersedia pada pesawat komersial. Mengapa demikian?

Berikut beberapa alasan yang membuat pesawat komersial tidak memiliki parasut.

Menurut majalah perjalanan dan lifestyle mewah, Conde Nast Traveler, alasan tak tersedianya parasut di pesawat komersial adalah karena para penumpang tidak terlatih untuk menggunakannya.

Bahkan Direktur Keselamatan dan Pelatihan Asosiasi Parasut AS, Jim Crouch menjelaskan bahwa seorang penerjun payung sendiri membutuhkan arahan dari seniornya sebelum melakukan aksi terjun payung.

“Ketika seorang penerjun payung meninggalkan pesawat dengan parasutnya maka setidaknya ia membutuhkan empat hingga lima jam pelatihan,” ucap Jim.

“Bila seorang sudah terlatih menggunakan parasut, dengan ketinggian 35.00 kak dalam pesawat komersial pun hal itu akan sulit dilakukan,” tambahnya.

Faktor lainnya tidak ada pelampung pada komersial adalah karena parasut berbeda dengan pelampung. Parasut sendiri harus sesuai dengan ukuran tubuh para penumpang.

Meski demikian, sederetan maskapai pernah menyediakan parasut bagi para penumpangnya untuk pesawat berkecepatan 90 knot atau 166 kilometer per jam. Salah satu yang menyediakan fasilitas ini adalah pesawat Boeing Model 40 dengan hanya memiliki dua orang penumpang, dan pada 1920-an hal itu sudah tidak berlaku lagi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button