NewsLifestyle

9 Ragam Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar, Coba Deh!

Hobring.com – Buat kamu yang baru saja memelihara ikan cupang, salah satu cara penting dalam perawatan ikan cupang adalah memperhatikan makanannya  secara rutin. Simak ragam makanan ikan cupang agar cepat besar, berikut ini.

Ikan cupang memang menjadi solusi bagi kamu yang tengah mencari hewan peliharaan. Pasalnya, memelihara ikan cupang kini sedang tren di kalangan masyarakat.

Untuk bisa memaksimalkan pertumbuhan yang baik bagi ikan cupang, kamu harus memberikan pakan atau makanan terbaik yang kaya akan gizi untuk mereka.

Memang, memelihara ikan cupang tidak bisa sembarangan. Sebab ikan cupang bisa saja sulit berkembang dengan optimal bahkan warnanya tidak bisa muncul.

Nah, saat ini di pasaran sudah banyak sekali jenis makanan ikan cupang, mulai dari yang alami hingga yang produk jadi. Harganya pun sangat beragam, mulai dari yang murah hingga mahal tergantung dengan jenis dan populernya makanan ikan cupang tersebut.

jenis makanan ikan cupang
Dok/Foto: FishLab

Jenis makanan ikan cupang

Salah satu kunci yang diperlu diperhatikan dalam memelihara atau membudidaya cupang adalah dengan memberikan makanan dalam jumlah cukup.

Pemberian pakan untuk ikan cupang ini dibutuhkan komposisi atau takaran tertentu agar gizi yang terkandung bisa seimbang untuk ikan. Selain itu, kandungan gizi lainnya, seperti protein, vitamin, dan lain-lain.

Dikutip dalam “Buku Mina Bisnis Ikan Cupang: Teori dan Aplikasi,”  Senin (19/4) salah satu gizi yang harus tersedia untuk pakan ikan cupang ialah protein yang memiliki kadar minimal 45% dari keseluruhan komposisi.

Tak hanya itu, lemak juga diperlukan untuk proses metabolism energi dan memperbaiki sel yang rusak pada ikan cupang. Pakan ikan cupang sendiri dibedakan menjadi dua varian, yakni alami dan buatan.

Makanan alami untuk ikan cupang sangat mudah dijumpai. Biasanya terdapat di lingkungan sekitar dan jumlahnya sangat banyak.

Kelebihan makanan ikan cupang alami di antaranya dapat membuat ikan cupang bergerak mengejar makanannya karena lebih menarik dan tidak merusak kualitas air. Berikut ini pakan alami ikan cupang, di antaranya:

1. Jentik-jentik Nyamuk

Jentik nyamuk merupakan pakan alami yang mampu membangkitkan tenaga dan membuat warna pada ikan cupang menjadi lebih terang, sebab jentik nyamuk juga kaya akan protein.

Jentik-jentik nyamuk bisa kita dapatkan dengan mudah pada genangan air yang kotor maupun bersih, kolam, selokan, comberan, dan lainnya.

Cara lain mendapatkan jentik nyamuk sangat mudah, yaitu dengan mengisi ember dengan air bekas cucian beras, kemudian tempatkan di lokasi yang gelap dan terbuka. Selanjutnya tunggu beberapa hari hingga muncul jentik-jentik nyamuk.

Pemberian jentik nyamuk harus ditakarkan sesuai dengan usia ikan cupang. Hal itu dapat membuat tubuh ikan cupang menjadi lebih proporsional.

2. Kutu Air

Selain jentik nyamuk, Kutu air sangat baik untuk makanan larva cupang yang sudah habis kuning telurnya dan juga untuk induk betina yang hendak dikawinkan.

Nutrisi makanan ikan cupang ini sangat baik dalam menjaga daya tahan anak ikan cupang dan membantu cupang agar warnanya lebih indah.

Di alam bebas, kutu air banyak terdapat di kolam-kolam atau genangan air yang berbahan organik tinggi. Mereka hidup dari kesuburan perairan. Sementara di rawa atau sungai, kutu air juga bisa ditemukan di antara kayu-kayu yang terapung ataupun tanggul kayu yang terendam air.

Tapi makanan ikan cupang ini memiliki kandungan lemak yang rendah. Sehingga diperlukan tambahan pakan lainnya agar pertumbuhan ikan cupang semakin optimal. Umumnya, ikan cupang berusia 7 hari, diberikan pakan berupa kutu air sebanyak 6 takar gelas air mineral isi 240 ml pada kolam ukuran 7×3 m².

3. Cacing Darah

Selanjutnya, ada cacing darah yang dikenal dengan nama bloodworm yang merupakan jenis makanan ikan cupang yang cukup populer. Khasiatnya dipercaya efektif menghasilkan warna agar lebih indah.

Cacing darah menjadi salah satu rekomendasi sebagai makanan ikan cupang yang kaya akan protein yang berpengaruh dengan tumbuh kembang ikan cupang.

4. Cacing Sutra

Cacing Sutra atau biasa disebut cacing rambut merupakan pakan alami yang diberikan kepada ikan cupang berusia 21 hari. Kualitas cacing sutra ini harus memiliki kualitas yang baik untuk pertumbuhan ikan. Ukuran cacing sutera untuk ikan cupang biasanya sekitar 0,5-1 cm dan warnanya merah.

Karena kandungan proteinnya lebih sedikit dibandingkan makanan hidup, kamu dapat memberikan jenis makanan ini ke ikan cupang peliharaanmu sebanyak dua kali sehari. Mereka dapat ditemukan di tepian sungai kecil yang dangkal dan keruh.

kuning telur untuk makanan ikan cupang

Alternatif makanan ikan cupang

Selain pakan alami, ada juga beberapa jenis alternatif makanan yang bisa kamu berikan untuk ikan cupang agar tetap sehat dan warnanya semakin cantik, di antaranya:

1. Kuning Telur

Selain cacing dan jentik nyamuk, kuning telur juga memiliki makanan yang kaya akan protein yang baik dikonsumsi oleh ikan cupang lho. Untuk mendaptkan kuning telur tentu sangat mudah. Makanan ikan cupang ini memiliki nutrisi tinggi dan tentunya kaya protein.

Cara memberi makan ikan cupang dengan kuning telur, yakni dengan merebusnya terlebih dahulu. Perlu diperhatikan, agar jangan memberikannya terlalu banyak dan sering. Sebab sisa-sisa dari kuning telur bisa mengotori aquarium ikan cupang dan membuat kesehatan ikan cupang terganggu.

brine shrimp
Dok/Foto: thesprucepets.com

2. Artemia

Jenis udang air asin ini berukuran kecil yang hidup di laut atau dikenal dengan nama brine shrimp ini memiliki keuntungan sebagai makanan ikan cupang, sebab menyimpan kandungan nutrisi yang tinggi.

Kandungan protein makanan cupang ini yang sangat baik bagi proses pertumbuhan ikan cupang. Sebelum diberikan pada ikan, sebaiknya dibilas terlebih dahulu supaya kadar garamnya berkurang dan tidak mengganggu keseimbangan asupan garam yang dikonsumsi.

3. Microworms

Microworms adalah ukuran cacing yang sangat kecil yang bisa dijadikan makanan untuk anakan ikan cupang. Jika kamu ingin mendapatkannya, bisa membeli microworms ke pedagang ikan hias.

Ada cara mudah untuk memperbanyak jumlahnya, kamu bisa letakan microworms ke dalam toples dan memberinya sedikit roti tawar yang dijadikan remah-remah. Kemudian biarkan hingga microworms berkembang biak dengan sendirinya.

4. Lalat

Lalat juga merupakan makanan ikan cupang yang tidak kalah bernutrisi dibanding makanan ikan cupang lainnya. Tapi, jangan memberi lalat terlalu banyak pada ikan cupang, dan jangan lupa untuk membuang terlebih dahulu kepala lalat sebelum diberikan ke ikan cupang.

5. Insuforia

Terakhir, pemberian makanan ikan cupang juga bisa diberikan dengan membudidayakannya sendiri di rumah dengan menggunakan kol atau sawi busuk. Adapun cara membuatnya  dengan merebus kol atau sawi. Kemudian peras sampai keluar sarinya. Campurkan sari tersebut dengan air aquarium dan ampas perasan, lalu masukkan ke toples.

Diamkan sekitar tiga hari di tempat teduh, maka akan muncul hewan-hewan kecil keputihan yang merupakan insuforia. Jangan tunggu terlalu lama, langsung berikan insuforia ke ikan cupang karena insuforia hanya bisa bertahan seminggu.

kol

Cara membuat makanan ikan cupang

Ikan cupang membutuhkan makanan seimbang yang kaya akan protein karena mereka terutama karnivora. Sebagian besar pemilik cupang memutuskan untuk memberi makan pelet karena mereka sederhana dan efektif.

Meskipun pakan komersial tersedia untuk ikan cupang, ada beberapa pilihan buatan sendiri yang tersedia untuk pemilik cupang. Namun, cara membuat makanan ikan cupang bisa menjadi langkah hemat bagi yang mencari alternatif murah untuk pakan cupang. Simak cara membuat makanan cupang berikut ini yang bisa kamu praktekan di rumah!

Cara membuat makanan ikan cupang dari kuning telur

Kuning telur adalah makanan alternatif yang bisa di pakai. Kandungan protein yang tinggi bisa menjadi makanan utama ikan cupang yang telah berumur 3 hari. Makanan ini sangat mudah dibuat serta gampang untuk diaplikasikan:

  • Pertama-tama rebus telur sampai matang.
  • Kemudian ambil kuning telurnya, lalu taruh di mangkok.
  • Selanjutnya, kuning telur dihnacurkan dengan 3 sendok air, hingga akan terlihat seperti bubur.

Cara memberikan pakan pada ini, bisa kamu gunakan dengan sebatang korek api atau sebatang lidi, lalu celupkan ujungnya pada kuning telur yang telah menjadi bubur tadi. Lakukan pemberian pakan ini 2 kali sehari. Jangan terlalu sering karena akan mengotori akuarium.

Cara membuat pakan dari kol atau kubis

kutu air merupakan hewan yang mengandung 60% protein dalam tubuhnya sehingga sangat baik untuk ikan terutama anakan ikan. Salah satu solusi untuk memberi kutu air pada anakan cupang adalah dengan berternak kutu air di rumah anda. Begini caranya:

  • Pertama, siapkan ember yang telah diisi air bersih hingga ¾ atau tidak sampai penuh.
  • Selanjutnya masukan kol atau kubis, dan tutup agar tidak kemasukan jentik nyamuk.
  • Biarkan selama satu minggu agar kol membusuk dan tenggelam di dasar ember.
  • Pada hari ketujuh, air akan terlihat hitam, dan akan muncul jentik-jentik yang disebut kutu air, lalu saring menggunakan kain halus berwarna putih. Maka, pakan ikan cupang siap untuk diberikan.

Cara membuat pakan Microworms

Microworms adalah ukuran cacing yang sangat kecil yang bisa dijadikan makanan untuk anakan ikan cupang. Berikut cara membuatnya:

  • Pertama-tama siapkan karbohidrat sebagai makanan microworm, bisa menggunakan kentang. Kamu bisa membelah kentang menjadi dua, lalu rebus hingga setengah matang.
  • Selanjutnya, taruh kentag rebusan di bawah tanah. Usahakan di bawah pohon yang terdapat sampah atau bawah pohon pisang agar lebih cepat lembab, tunggu sampai 3 hari.
  • Lalu buka apakah sudah ada telur microwormnya. Jika saudah ada tanda-tanda akan membusuk, pindahkan ke mangkok kemudia tutup rapat sampai 2 hari. Biasanya akan muncul, seperti belatung, itulah microworm.

Cara memberi makan ikan cupang

Perawatan ikan cupang sangat penting untuk menjaga kondisi cupang tetap prima walaupun tidak ada kontes. Untuk perawatan sehari-hari, cupang hias cukup diberi pakan alami, seperti jentik nyamuk, kutu air atau cacing beku.

Untuk mengontrol jumlah pemberian pakan, kamu disarankan untuk menggunakan takaran seperti sendok teh atau botol plastik bekas. Botol plastik yang diberi selang bisa dimanfaatkan untuk sarana pemberian makanan cupang.

Selain murah, alat ini juga mudah dioperasikan. Untuk menggunakannya, masukkan kutu air atau jentik nyamuk ke dalam botol, lalu semprotkan satu per satu ke dalam akuarium.

Untuk kutu air, cukup diberikan sebanyak setengah sendok makan atau beberapa tetes jika menggunakan botol, dan untuk dosis cacing darah beku yang diberikan cukup secuil. Itulah ragam makanan ikan cupang agar cepat besar yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button