ToysNews

9 Cara Bermain Kartu UNO Yang Benar

Permainan UNO adalah permainan yang melatih kesabaran, keuletan, dan melatih fokus. Bahkan di Italia yang merupakan tempat pembuatan permainan ini, UNO menjadi salah satu permainan yang populer.

UNO adalah kata dari bahasa Italia dan Spanyol. Sedangkan di Indonesia UNO memiliki arti, yaitu “Satu”. Nama UNO sendiri bukanlah hal yang awam bagi kaum milenial.

Pasalnya game UNO ini sering ditemukan di beberapa cafe untuk menghilangkan kejenuhan saat menunggu pesanannya datang.

Permainan ini akan terasa lebih seru bila dimainkan bersama teman-teman dengan jumlah lebih dari dua orang. Salah satu yang menarik dari UNO adalah hukuman yang akan diterima bagi siapa saja yang mengalami kekalahan.

Hukuman UNO sendiri bermacam-macam sesuai dengan kesepakatan bersama, seperti dicoret dengan bedak, lipstik, hingga menelpon mantan juga ada lho.

Maka untuk terhindar dari hukuman kamu harus paham dengan aturan dan cara bermain UNO.

Namun sebelum memasuki materi cara bermain UNO yang benar ada baiknya kamu mengenali kartu-kartu dan kegunaannya yang terdapat di UNO.

Menurut aturan resmi Mattel dalam satu dek UNO terdapat sebanyak 108 kartu. Tapi hal ini berbeda dengan kenyataannya. Sebab kartu UNO ada sebanyak 112 dalam dua jenis kartu.

Jenis Kartu

Dasar

Biasanya kartu UNO terbagi menjadi empat warna, yaitu merah, hijau, biru, dan kuning. Tiap warna terdiri dari 19 kartu dengan 10 kartu diantaranya adalah angka, yakni 0-9. Sehingga total ada 76 kartu dari 19 kartu dari empat warna berbeda.

Simbol

4 Blank Card, kartu ini biasanya tersedia pada dek baru

4 wild +4 Card, pemain yang mengambil kartu ini akan memberikan petaka pada pemain selanjutnya karena pemain selanjutnya harus mengambil sebanyak empat kartu dari warna apapun. Cocok nih kalo kamu ngerjain teman dekat kamu, inget ya teman dekat. Banyak bahaya yang timbul karena kartu ini hihi.

4 Wild Card, pemain yang mendapatkan kartu ini memberikan kebaikan pada pemain setelahnya. Sebab kartu ini membebaskan pemain selanjutnya untuk mengambil warna dan angka apa saja. Kalo ada pemain yang dapat kartu ini dan pemain selanjutnya adalah kamu, fix pertahankan dan perjuangkan dia!

8 Skip Card, kartu ini berada pada setiap warna sebanyak dua kartu. Fungsi kartu ini adalah melewati pemain setelahnya dan dilanjutkan pemain selanjutnya. Kartu ini dapat kamu gunakan apabila pemain selanjutnya sering berbuat hal berbau memecah belah pertemanan kamu karena sering ngasih kartu 4 wild +4 Card.

8 Draw +2 Card, terdapat dua kartu dalam empat warna yang berada di UNO. Kartu ini memaksa pemain selanjutnya mengambil sebanyak dua kartu dari dek. Cocok dikeluarkan saat awal permainan. Agar pemain lainnya mulai merasakan detak jantung yang berdebar-debar.

8 Reverse Card, Reverse Card berada dalam setiap warna sebanyak dua kartu. Dengan kartu ini arah pengambilan kartu akan berbalik pada pemain sebelumnya. Kalau kamu ingin jahilin teman atau gebetan bisa gunakan kartu ini ya.

Bila sudah tahu tentang jenis kartu, kegunaan serta potensi bahaya yang ditimbulkan, maka poin selanjutnya akan membahas cara bermain UNO.

Berikut ini beberapa peraturan serta cara bermain UNO:

  1. Pastikan dalam permainan ini jumlah pemain atau peserta ada minimal lebih dari dua orang. Semakin banyak tentu semakin seru.
  1. Kartu terlebih dahulu harus dikocok
  1. Setiap pemain wajib mengambil satu Draw Card sebagai First Card mereka
  1. Pola bermain setiap pemain searah jarum jam
  1. Permainan ini biasanya menyamakan angka atau warna yang telah disepakati bersama.
  1. Bila kamu tidak dapat melawan kartu yang dikeluarkan oleh pemain sebelum kamu, maka kamu diwajibkan mengambil kartu dari dek.
  1. Kartu aksi Draw Card yang mengenai kita dapat dibatalkan bila kita mendapatkan kartu berjenis sama.
  1. Kartu +4 hanya dapat kamu keluarkan kala kamu tidak memiliki kartu.
  1. Poin terakhir adalah bila di tangan kamu hanya menyisakan satu kartu, kamu wajib mengatakan “UNO”. Bila pemain lain yang mengatakannya maka kamu harus mengambil sebanyak tujuh kartu dari Draw Card.

Sejarah UNO

Tidak ada ruginya juga bila kamu mengetahui tentang asal muasal game khas kafe atau tempat nongkrong lainnya ini. UNO sendiri berasal dari US yang diciptakan oleh seorang owner barbershop, Merle Robbins pada tahun 1971.

Robbins sendiri menciptakan UNO hanya untuk merasakan keseruan bersama orang terdekat saja. Kemudian ia memperkenalkannya pada keluarganya, dan ternyata keluarganya menyukai dan mengerti cara bermain UNO yang sudah ditentukan Robbins.

Karena disukai oleh keluarganya, Merle Robbins kemudian menjual 5000 pack UNO dan dijual di barbershop miliknya sebelum akhirnya beredar secara menyeluruh di daerah Reading, US.

Penjualan yang pesat membuat Merle memutuskan menjual copyright UNO.Ia menjualnya pada seorang funeral, Illinois dengan harga $ 50.000 US plus royalti sebesar 10 sen per pertandingannya.

Seiring berkembang dan disukai oleh para peminat membuat UNO terus berinovasi. UNO pun melebarkan sayapnya pada UNO berbentuk lain, seperti UNO attack, spin, dan stacko.

UNO Stacko

UNO Stacko
UNO Stacko | Sumber: elevania Blog

Menariknya meski tidak seringkas kartu UNO untuk dapat dibawa bepergian karena bentuknya yang balok serta terdiri dari jumlah yang banyak, stacko UNO tetap menjadi salah satu andalan dari produk UNO.

Sementara itu, untuk cara bermain UNO stacko sendiri terbilang cukup mudah termasuk bagi kalian yang baru pertama kali memainkannya. Adapun cara bermainnya adalah:

  1. Susun seluruh UNO stacko menjadi menara tinggi
  2. Para pemain mengambil setiap stacko yang sudah disusun kemudian diletakan kembali di bangunan paling atas
  3. Sesuaikan warna atau angka dari stacko yang diambil pemain sebelumnya
  4. Permainan akan berakhir bila bangunan stacko roboh

Perlu diketahui untuk UNO stacko ini sendiri biasanya terdiri dari 45 balok stacko, dan bagi kalian yang ingin memilikinya dapat membeli di online shop, untuk harga UNO stacko sendiri berkisar 50 ribu hingga 100 ribu rupiah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button