NewsTraveling

8 Tips Wisata Ramah Lingkungan

Hobring.com – Pada beberapa tahun terakhir, sebuah tren perjalanan hadir untuk mengatasi perubahan iklim yang terjadi pada planet ini. Nama tren tersebut adalah eco-friendly tourism atau wisata ramah lingkungan.

Seperti yang sudah kita ketahui, perubahan iklim yang terjadi saat ini membuat lingkungan disekitar kita secara perlahan ikut mengalami perubahan.

Dampak yang terjadi dari perubahan iklim adalah tentang keberlangsungan mahluk hidup dari generasi ke generasi di masa depan seperti yang dilansir dari laman Femina.

Cara sederhana untuk mengawalinya adalah dimulai dari diri kita sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat memulai wisata ramah lingkungan.

1. Pilihlah Destinasi Eco-friendly

Tips Wisata Ramah Lingkungan
Tropical Island. Sumber: jannoon028

Sebelum memulai petualangan, pastikan Anda memilih destinasi wisata yang berfungsi untuk melawan perubahan iklim. Tidak hanya itu saja, Anda perlu juga melakukan langkah lain seperti melestarikan ekosistem lokal di tempat destinasi yang Anda tuju.

2. Pack Light

Tips Wisata Ramah Lingkungan
Backpacking. Sumber: svetlanasokolova

Pengemasan barang yang berlebihan ternyata memiliki dampak yang serius terhadap lingkungan. Selain itu juga, hal ini dapat menjadi masalah pada kemudian hari.


Baca Juga:


Anda bisa memulai dengan cara pack light atau membawa barang yang sangat Anda butuhkan. Belajarlah untuk tidak menuruti ego Anda jika memang barang yang Anda bawa saat petualangan tidak terlalu dibutuhkan oleh Anda.

3. Bawalah Tumblr

Tips Wisata Ramah Lingkungan
Tumblr. Sumber: fabrikasimf

Terkadang saat Anda sedang berpetualang, Anda akan mudah menemukan kebutuhan Anda diperjalanan. Tapi tidak ada salahnya membawa kebutuhan pribadi Anda misalnya tumblr milik Anda.

Dengan membawa tumblr pribadi, Anda sedang melakukan upaya menghemat botol plastik sekali pakai. Selain itu juga hal itu dapat menghemat uang Anda sekaligus menyelamatkan planet ini.

Tahukah Anda bahwa botol plastik sekali pakai adalah salah satu penyebab utama dari polusi yang terjadi dilingkungan pariwisata. Hal ini bisa menjadi serius jika tidak ditangani dengan baik.

4. Bawalah Keperluan Pribadi

Tips Wisata Ramah Lingkungan
Shampoo and Toothpaste. Sumber: user18526052

Salah satu cara berkontribusi kepada lingkungan adalah dengan membawa keperluan pribadi Anda misalnya sampo yang biasa Anda gunakan atau pasta gigi yang biasa dipakai oleh Anda.

Membawa keperluan pribadi saat berpetualang artinya Anda sedang berusaha mengambil peran dalam hal menyelamatkan bumi kita.

5. Bawalah Tas Kain

Tips Wisata Ramah Lingkungan
Cloth Bags. Sumber: wisdom_m

Kantong plastik sekali pakai yang biasa Anda pakai merupakan salah satu benda yang menjadi pemicu atas kerusakan lingkungan yang terjadi disekitar kita.

Anda bisa mengubahnya dengan membawa tas kain setiap kali Anda melakukan petualangan. Sehingga, Anda dapat menggunakannya untuk berbelanja bahan makanan ataupun suvenir. Tindakan sederhana yang Anda lakukan dapat berperan besar untuk bumi kita.

6. Pilihlah Aktivitas Rendah Karbon

Tips Wisata Ramah Lingkungan
Bicycling. Sumber: marymarkevich

Bersepeda, berjalan kaki bahkan trekking adalah beragam cara yang baik untuk menjelahi tempat-tempat baru dan menyambut petualangan yang seru.

Kegiatan rendah karbon dapat memungkinkan Anda untuk berpetualangan secara sehat dan tentu berdampak baik untuk lingkungan sekitar.

7. Bawalah Bekal Makan

Tips Wisata Ramah Lingkungan
Lunch Box. Sumber: freepik

Saat Anda berpetualang terkadang Anda ingin merasakan makan makanan khas yang jarang Anda temukan di daerah manapun. Hal itu tentu saja tidak ada salahnya.

Namun alangkah baiknya, Anda juga bisa memulainya dengan cara membawa bekal makan sendiri. Makanan yang diproduksi sendiri tidak hanya menjadi lebih hemat dikantong tapi juga tentunya membuat Anda menjadi lebih sehat.

8. Gunakan Kendaraan Ramah Lingkungan

Tips Wisata Ramah Lingkungan
Electric Transportation. Sumber: karmic

Ada beberapa negara di dunia yang sudah mempromosikan kendaraan listrik dan memasukannya ke dalam sistem transportasi umum. Salah satu contohnya adalah bus listrik di Indonesia dan becak elektronik di India.

Kendaraan ramah lingkungan merupakan kendaraan yang tidak menyebabkan polusi udara maupun polusi suara. Tentu saja, hal ini berdampak sangat baik untuk lingkungan yang lebih hijau.

Dengan Anda menggunakan kendaraan ramah lingkungan itu artinya Anda sedang berkontribusi terhadap keberlangsungan mahluk hidup di planet ini.

Yuk mulai sekarang jadilah pelopor untuk perubahan pada lingkungan kita dengan menjadi pelaku eco-friendly tourism. Jika bukan kita yang mengawalinya, lalu siapa lagi?

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button