News

8 Referensi Buku Tentang Startup yang Wajib Dibaca

Hobring.com – Istilah “startup” telah menjadi perbincangan menarik selama beberapa tahun terakhir di semua kalangan tak terkecuali bagi mereka generasi milenial. Biasanya, startup mendeskripsikan sebagai perusahaan rintisan yang berjiwa muda, penuh semangat dan memiliki kemampuan teknologi yang menakjubkan.

Menurut Neil Blumenthal salah satu pendiri Warby Parker, perusahaan di Amerika Serikat mengatakan bahwa Startup adalah perusahaan yang bekerja untuk memecahkan suatu masalah yang solusinya belum diketahui dan kesuksesan belum terjamin seperti yang dikutip dari laman Forbes.

Itu artinya startup hadir dengan tugas memberikan ide-ide terbarukan dengan disertai argumen yang kuat. Harapannya adalah kelak terjadi peningkatan yang baik terhadap sesuatu hal yang ada di pasar.

Sayangnya, tidak semua startup dapat dengan mudah mencapai keberhasilan dan kesuksesan mereka. Sebagian besar startup akan mengalami kegagalan karena tidak ada yang bisa menjamin apakah solusi itu adalah pilihan yang tepat atau justru sebaliknya.

Meski kemungkinan yang begitu kecil tapi ada beberapa pengusaha yang pada akhirnya berhasil membangun dan menciptakan startup seperti Microsoft yang didirikan Bill Gates, McDonald’s didirikan oleh Ray Kroc dan lain sebagainya.


Baca Juga:


Jika Anda tertarik mengikuti jejak mereka untuk mendirikan startup, mulailah dengan meriset salah satunya adalah dengan membaca buku mengenai dunia startup. Sebelum mempraktikkannya, Hobring.com merekomendasikan delapan buku tentang Startup yang wajib Anda baca. Yuk simak selengkapnya!

1. Buku Blitzscaling: The Lightning-Fast Path to Building Massively Valuable Companies (Reid Hoffman & Chris Yeh)

Buku Tentang Startup
Blitzscaling: The Lightning-Fast Path to Building Massively Valuable Companies. Foto: Amazon

Reid Hoffmand dan Chris Yeh adalah pengusaha dan penulis yang berhasil membukukan pengalamannya yang sukses membangun perusahaan startup di kehidupan nyata.

Dalam buku Blitzscaling: The Lightning-Fast Path to Building Massively Valuable Companies jelaskan tentang bagaimana perusahaan startup mereka berhasil menerapkan serangkaian praktik yang mereka sebut Blitzscaling.

Istilah Blitzscaling adalah upaya untuk memicu dan mengelola pertumbuhan yang rumit di dalam perusahaan.

Buku yang diterbitkan pada 9 Oktober 2018 ini akan menjelaskan tentang jalur yang dipercepat yang berada dalam tahapan siklus startup termasuk nilai-nilai apa saja paling banyak dibuat dan berpengaruh besar.

Buku setebal 318 halaman ini memprioritaskan kecepatan daripada efisiensi dalam lingkungan yang penuh ketidakpastian dan memungkinkan perusahaan untuk beralih dari startup ke peningkatan selanjutnya dengan kecepatan dalam merespon kondisi pasar.

2. Buku Zero To One: Notes on Startups, or How to Build the Future (Peter Thiel & Blake Masters)

Buku Tentang Startup
Zero To One: Notes on Startups. Foto Amazon

Peter Thiel dan Blake Masters adalah buku yang diterbitkan pada 14 September 2014 dengan tebal 195 halaman. Dalam buku Zero to One, pengusaha dan investor legendaris Peter Thiel akan menunjukkan tentang bagaimana caranya agar dapat menemukan solusi untuk menciptakan hal-hal yang baru.

Buku yang satu ini juga menyajikan akan pandangan optimis tentang kemajuan masa depan di dunia dan cara berpikir baru tentang inovasi.

Hal itu dapat dimulai dengan belajar mengajukan berbagai pertanyaan yang dapat menuntun Anda untuk menemukan hal-hal di tempat-tempat yang tidak terduga.

Kadang kala Anda harus mulai memikirkan sesuatu hal yang tidak dipikiran oleh orang pada umumnya.

 

3. Buku This is Marketing (Seth Godin)

Buku Tentang Startup
This is Marketing. Foto: Amazon

Buku tentang startup berikutnya yang wajib Anda baca adalah This is Marketing karya Seth Godin yang terbit pada 13 November 2018.

Selama beberapa tahun terakhir, Seth Godin telah menjadi pengajar dan menginspirasi jutaan pengusaha melalui blog, kursus online, dan buku terlarisnya.

Ia bahkan telah berhasil menjadi penemu atas ide dan frasa yang tak terhitung jumlahnya dan masuk ke bahasa bisnis. Mulai dari istilah Permission Marketing, Purple Cow, Tribes hingga The Dip.

Buku ini mengajari Anda tentang cara mengidentifikasi audiens yang terkecil sekalipun agar dapat tetap bertahan. Anda juga akan mempelajari tentang cara menarik sinyal dan tanda yang tepat untuk memposisikan penawaran Anda.

Selain itu, buku setebal 271 halaman ini akan memberikan cara perihal membangun kepercayaan dan izin dengan target pasar Anda. Penting juga untuk dapat berbicara dengan narasi yang tepat sesuai audiens Anda.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah Anda akan mempelajari mengenai cara menemukan dan menciptakan peluang dan memberikan fasilitas untuk mencapai tujuan mereka.

4. Buku Never Split the Difference: Negotiating As If Your Life Depended On It (Christopher Voss)

Buku Tentang Startup
Never Split the Difference. Foto: Amazon

Buku karya Christopher Voss akan membawa Anda ke dalam dunia negosiasi yang berisiko tinggi dan tak lupa Anda akan masuk juga ke dalam kepala Voss.

‘Never Split the Difference: Negotiating As If Your Life Depended On It’ adalah buku yang mengungkapkan keterampilan yang membantu Voss dan rekan-rekannya untuk sukses di tempat yang paling penting yaitu menyelamatkan nyawa seseorang.

Dalam panduan praktis ini, Voss membagikan sembilan prinsip efektif yang meliputi taktik dan strategi kontra-intuitif yang juga dapat Anda gunakan untuk menjadi lebih persuasif baik dalam kehidupan profesional maupun pribadi Anda.

Buku yang diterbitkan pada 17 Mei 2016 ini akan memberi Anda keunggulan kompetitif dalam diskusi apa pun. Dengan tebal 274 halaman, Anda akan menjadikan Anda seorang yang cerdas secara emosional.

5. Buku Originals: How Non-Conformists Move the World (Adam Grant)

Buku Tentang Startup
Originals_How Non-Conformists Move the World. Foto: Amazon

Dalam buku Originals karya Adam Grant terdapat pembahasan mengenai tantangan untuk memperbaiki dunia dari perspektif dengan menjadi orisinal yakni memilih untuk memperjuangkan ide-ide dan nilai-nilai baru yang bertentangan dengan arus, menyesuaikan kondisi zaman, dan melawan tradisi yang ketinggalan zaman.

Buku setebal 326 halaman ini menggunakan studi dan cerita mengejutkan yang mencakup bisnis, politik, olahraga, dan hiburan. Grant pun mengeksplorasi untuk dapat mengenali tentang bagaimana ide yang bagus, berbicara tanpa harus dibungkam, membangun koalisi sekutu, memilih waktu yang tepat untuk bertindak, dan mengelola ketakutan dan keraguan.

Tak hanya itu saja, buku yang diterbitkan pada 2 Februari 2016 ini juga menjelaskan tentang bagaimana orang tua dan guru dapat memelihara orisinalitas pada anak-anak mereka dan bagaimana para pemimpin dapat membangun budaya yang menerima perbedaan pendapat.

6. Buku The Startup J-Curve: The Six Steps to Entrepreneurial Success (Howard Love)

Buku Tentang Startup
The Startup J-Curve. Foto: Amazon

The Startup J-Curve adalah buku karya Howard Love Penulis yang menyebut bahwa bagian terberat dari startup adalah waktu antara titik awal yang sebenarnya dari bisnis baru dan saat produk dan model sudah mapan.

Dalam buku ini, Howard Love memberikan pengetahuan kepada wirausahawan tentang kiat-kiat yang dibutuhkan untuk melewati tantangan pada titik awal proses terbentuknya startup sehingga dapat mencapai keberhasilan.

Buku setebal 288 halaman ini membawa pengalaman awal Howard Love selama tiga puluh lima tahun ke dalam panduan komprehensif untuk memulai bisnisnya.

Diterbitkan pada 30 Agustus 2016, Howard Love menguraikan ada enam tahap pertumbuhan di awal permulaan yang dapat diprediksi. Selain itu, ia juga akan merinci kegiatan apa yang harus dilakukan pada setiap tahap untuk memastikan keberhasilan dan menghindari kegagalan.

7. Buku Customer Success (Nick Mehta, Dan Steinman & Lincoln Murphy)

Buku Tentang Startup
Customer Success. Foto: Amazon

Kesuksesan bisnis yang Anda jalani sekarang memiliki keterkaitan erat dengan kesuksesan melayani pelanggan.

Oleh karena itu, buku Customer Success adalah panduan inovatif untuk model baru dalam memanajemen pelanggan dengan cara yang menarik. Hubungan bisnis antara satu dan lainnya dapat berubah secara fundamental.

Nick Mehta, Dan Steinman dan Lincoln Murphy akan menunjukkan kepada Anda tentang bagaimana memulai revolusi yang berpusat pada pelanggan dan membuatnya dapat bertahan untuk jangka panjang.

Diterbitkan pada 16 Februari 2016, buku setebal 256 halaman akan membantu Anda untuk lebih memahami tentang kondisi dunia startup dan membuat Anda dapat membangun hubungan baik dengan para pelanggan.

8. Esai Tentang Startups (Paul Graham)

Buku Tentang Startup
Paul Graha. Foto: GeekWire

Tak hanya buku, esai tentang dunia startup dari Paul Graham juga dapat dibaca sebagai referensi tentang dunia startup.

Paul Graham adalah pendiri Y Combinator, salah satu inkubator paling terkenal di dunia startup.

Dia telah menulis beberapa esai tentang pengalamannya dengan startup dan kebanyakan dari mereka telah mencakup banyak area yang perlu dikelola oleh setiap pengusaha dalam perjalanannya.

Paul juga telah membantu banyak pengusaha untuk lebih memahami dunia kewirausahaan dan mengembangkan bisnis mereka dengan lebih jelas lagi. Buku tentang startup tersebut dapat membantu Anda untuk memulai karier di masa depan.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button