NewsFood

8 Menu Makanan yang Membantu Anda Tidur Nyenyak

Hobring.com – Pernahkah Anda merasa kesulitan untuk tidur dengan nyenyak di malam hari? Salah satu penyebab Anda mengalami hal tersebut karena asupan makanan yang Anda konsumsi sebelum tidur.

Tahukah Anda bahwa beberapa makanan dapat membantu Anda untuk istirahat dan tertidur dengan sangat baik di malam hari.

Menurut Vandana R. Sheth, RDN, CDE seorang ahli gizi diet asal Amerika Serikat mengatakan bahwa makanan yang memiliki nutrisi baik dapat memengaruhi kualitas tidur kita seperti yang dilansir dari laman CNN Health.

Oleh karena itu, Hobring.com akan merangkum untuk Anda delapan menu makanan yang dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak di malam hari. Yuk simak ulasannya.

Susu Kunyit

menu makanan
Foto: Freepik

Susu hangat berfungsi untuk membantu Anda tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Sedangkan kunyit bermanfaat untuk membantu otot organ pencernaan dan mengurangi tekanan gas dalam perut.


Baca Juga:


Senyawa kimia yang berwarna kuning pada kunyit menurut Vandana Sheth dapat memberikan antioksidan dan anti-inflamasi. Menurutnya sebaiknya tambahkan kayu manis, bubuk pala dan madu agar rasanya lebih baik lagi.

Ikan, Telur dan Keju

menu makanan
Foto: Freepik

Menu makanan selanjutnya yang dapat membantu Anda agar dapat tidur dengan nyenyak adalah makanan yang kaya akan protein seperti ikan, telur dan keju.

Makanan tersebut mengandung asam amino L-ornithine yang dapat berpotensi menghilangkan setres dan meningkatkan kualitas tidur Anda ketika sedang mengalami kelelahan.

Jus ceri dengan kenari

menu makanan
Foto: Freepik

Makanan yang satu ini merupakan camilan yang kaya akan melatonin yakni sebuah hormon yang berperan penting dalam siklus tidur dan bangun bagi tubuh.

Saat kondisi cahaya sedang redup atau gelap, biasanya tubuh dapat memproduksi melatonin dan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Jus ceri sendiri memiliki efek yang menguntungkan terutama pada jam tidur orang dewasa apalagi bagi mereka yang biasanya selalu menghadapi situasi insomnia.

Sementara kenari adalah salah satu sumber melatonin. Jika dikombinasikan dengan jus ceri hal itu baik bagi kesehatan tubuh dan akan membantu Anda untuk meningkatkan jam tidur yang berkualitas.

Buah beri dengan yogurt

menu makanan
Foto: Freepik

Buah beri memiliki karbohidrat baik untuk tubuh yang dapat membantu memperkuat produksi serotonin di dalam otak.

Sementara yogurt adalah sumber triptofan yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur kita.

Menurut Nancy Z. Farrell Allen, seorang ahli gizi dan juru bicara media nasional di The Academy of Nutrition and Dietetics bahwa yogurt tidak hanya baik dikonsumsi saat sarapan tapi juga baik dikonsumsi di malam hari terutama sebelum istirahat dan tidur.

Pisang dengan selai kacang

menu makanan
Foto: Freepik

Menu makanan selanjutnya yang dapat membantu Anda agar dapat tidur dengan nyenyak di malam hari adalah pisang dengan selai kacang.

Makanan yang satu ini tidak hanya kaya akan magnesium tapi juga membantu menekan gula darah dalam tubuh dan sangat membantu mereka yang sedang berjuang melawan diabetes.

Itu artinya, makanan yang satu ini tidak hanya baik dikonsumsi sebelum tidur tapi juga berdampak baik bagi penderita diabetes.

Buah Kiwi

menu makanan
Foto: Freepik

Buah kiwi adalah sumber antioksidan dan serotonin yang baik bagi tubuh. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Cara sederhana untuk menikmati buah kiwi yakni memotongnya menjadi dua secara horizontal. Kemudian Anda menyendok daging buah kiwi dengan menggunakan sendok Anda.

Salad bayam dengan alpukat, quinoa dan biji labu

menu makanan
Foto: Freepik

Salad dengan bahan-bahan tersebut dapat membantu Anda agar dapat tidur dengan nyenyak di malam hari karena mengandung magnesium dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menurut Farrel Allen magnesium dapat mengatur eurotransmitter melatonin dan membantu menjaga siklus tidur kita agar tetap terkendali.

Tahukah Anda salah satu penyebab insomnia adalah kadar mineral dalam tubuh yang tidak tercukupi. Oleh karena itu bahan-bahan makanan tersebut dapat membantu Anda memenuhi mineral dalam tubuh.

Selain itu, jika Anda tidak memiliki biji labu, alternatif lain yang bisa Anda gunakan adalah biji bunga matahari dan almond. Keduanya memiliki sumber magnesium yang baik.

Teh Herbal

menu makanan
Foto: EcoWatch

Cobalah untuk mengonsumsi teh herbal seperti teh chamomile. Jika mengonsumsinya sebelum tidur, teh chamomile akan membantu Anda untuk mendapatkan jam tidur yang berkualitas.

Alasannya karena teh chamomile mengandung antioksidan yang disebut apigenin. Senyawa tersebut dapat membantu Anda untuk mendapatkan siklus tidur yang baik.

Nah itulah beberapa menu pilihan dari Hobring.com untuk membantu Anda agar dapat istirahat dan tidur dengan nyenyak serta berkualitas. Selamat mencoba!

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button