NewsLifestyle

8 Jenis Tanaman Aquascape yang Cocok Untuk Ikan Cupang

Hobring.com – Memelihara ikan cupang juga membutuhkan tanaman di akuariumnya agar nyaman, layaknya tinggal di habitat aslinya. Berikut ini jenis tanaman aquascape yang cocok untuk ikan cupang.

Mengoleksi ikan cupang hias tentu berkaitan dengan seni aquascape yang ikut menjadi sorotan. Hobi aquascaping juga kerap dikaitkan dengan budidaya tanaman aquascape.

Selain membuat akuarium kelihatan estetik, menata tanaman aquascape juga dapat mengoptimalkan pasokan oksigen yang dibutuhkan ikan lho!

Tanaman hias hidup memberikan oksigen dan menjaga kualitas air yang baik untuk ekosistem akuarium, hal yang tentu tidak dapat dilakukan tanaman hias palsu.

Ternyata tanaman aquascape juga memberikan kesenangan pada ikan cupang, lantaran ikan cupang akan merasa lebih bebas dengan menjelajah di sela-sela tanaman hias yang kamu tanam.

Kamu dapat menata beberapa jenis tanaman aquascape tanpa CO2 ini untuk membantu cupang hidup dalam ekosistem yang lebih optimal. Berikut ini rekomendasi jenis tanaman aquascape yang cocok untuk ikan cupangmu!

jenis tanaman aquascape yang cocok untuk ikan cupang
Dok/Foto: Aquapedia.id

Lilaeopsis jadi salah satu jenis tanaman aquascape yang cocok untuk ikan cupang

Meski terlihat seperti rumput biasa, namun jika Lilaeopsis ditata dengan tepat maka akuarium ikan cupang juga akan terlihat lebih estetik.

Tanaman aquascape low CO2 ini dapat meningkatkan kadar oksigen dalam air di akuarium cupang. Selain itu, Lilaeopsis juga cepat sekali tumbuhnya, jadi kamu harus rajin-rajin memotongnya agar tak mengganggu ruang gerak cupang.

Tak perlu khawatir soal perawatannya, sebab Lilaeopsis bisa tumbuh dan bertahan dalam kondisi pencahayaan dan kadar CO2 yang rendah.

Java Fern

Java Fern atau Microsorum Pteropus

Java fern atau pakis jawa merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara. Java fern termasuk tanaman hias yang mudah tumbuh dan dapat tumbuh cukup tinggi dan lebar.

Dilansir dari Tropical Fish Care Guide, para pegiat ikan hias menyarankan menggunakan tanaman ini untuk akuarium besar atau berkapasitas 30 hingga 50 liter.

Keunggulan Java fern dan cupang sama-sama membutuhkan intensitas cahaya, suhu air, dan tingkat pH sama, sehingga jika dijadikan satu, keduanya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Java fern biasanya menempel pada kayu apung atau ornamen batu. Memasang java fern pun juga terbilang cukup mudah, kamu pasang menggunakan benang, tali pancing atau kabel tis untuk menempelkan pada kayu atau ornamen.

Untuk dapat tumbuh, tanaman aquascape ini menyukai cahaya yang minim, artinya kamu tidak perlu memberinya pencahayaan khusus dengan LED.

Perawatan java fern juga terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu memangkas daun yang berubah warna setiap minggunya. Ada empat varietas jenis utama dari java fern, yakni narrow leaf, needle leaf, windolov, dan lance leaf.

Java Moss

Java Moss

Java Moss atau nama latinnya Taxiphyllum barbieri ini memiliki tampilan yang unik dan cocok dipadukan dengan ikan cupangmu.

Java Moss adalah tumbuhan hias asal Asia yang termasuk dalam spesies Hypnaceae. Umumnya tumbuh di bebatuan dan batang pohon pada area tepi sungai.

Tanaman berdaun pendek ini termasuk jenis tanaman aquascape yang kuat dan tidak ribet soal kondisi air dan pencahayaan. Suhu idealnya berkisar 70 hingga 71 derajat celcius. Dari segi pH java moss mampu bertahan pada pH 5 sampai 8.

Biasanya tanaman ini diletakkan pada kayu apung, batu, atau ornamen akuarium lainnya. Karena rimbun dan lembut, ikan cupang seringkali berenang mengelilinginya dan bersembunyi di belakangnya.

Malah sesekali cupang juga mengigiti daunnya. Tapi jangan khawatir, sekalipun sering digigiti, Java Moss bisa tumbuh dengan cepat.

Java moss juga mampu bertahan dari kondisi cahaya yang minim sampai tinggi. Tinggi rendahnya cahaya yang didapatkan memengaruhi ketebalan java moss.

Amazon Frogbit

Amazon Frogbit

Amazon Frogbit merupakan salah satu jenis tanaman aquascape yang tumbuh dengan mengapung di atas permukaan air dan sering dijadikan tempat berlindung cupang.

Karakter Amazon Frogbit hampir mirip teratai, bedanya tanaman ini bisa tumbuh lebih cepat dan dapat menutupi seluruh permukaan air.

Perawatan amazon frogbit cukup sederhana, kamu hanya perlu memastikan atau menjaga bagian atas daun tetap berada dalam kondisi kering.

Berhati-hatilah saat mengganti akuarium, pastikan saat penggantian filter air tidak ada percikan air yang mengenai amazon frogbit.

Jika dirasa mulai memenuhi permukaan air akuarium, cobalah kurangi beberapa jumlah tanamannya. Meski begitu, cupang senang dengan keberadaan tanaman ini karena bisa digunakan untuk berteduh.

Marimo Moss Ball

Marimo Moss Ball

Selanjutnya, jenis tanaman aquascape yang cocok untuk ikan cupang yakni Marimo Moss Ball. Tanaman hias hidup yang paling banyak digemari para pegiat ikan hias. Tanaman ini merupakan spesies lumut berbentuk bola dengan ukuran kurang lebih 5cm.

Meski berasal dari spesies lumut, pemula tak perlu khawatir air akuarium akan berubah kusam karena tanaman ini tidak akan rontok menyebar atau mengubah air akuarium.

Selain disukai cupang karena bisa digunakan sebagai mainan untuk disundul, Marimo Moss Ball juga dapat dimanfaatkan sebagai filter alami lho.

Pasalnya, keunggulan dari bola marimo adalah mampu menyerap polutan, memproduksi oksigen, dan mencegah pertumbuhan alga.

Marimo Moss Ball cukup mudah untuk dirawat dan nggak butuh perlakuan khusus. Kamu cukup mengeluarkan dari akuarium dan meremasnya dengan lembut jika Marimo mulai tampak kotor berwarna kecoklatan.

Temperatur ideal untuk Marimo adalah 22 hingga 25 derajat celcius, dengan pH air berkisar 6 hingga 8. Marimo juga mempunyai masa hidup yang cukup lama dibanding tanaman hias lainnya.

Hornwort

Hornwort

Hornwort atau Ceratophyllum adalah salah satu tanaman akuarium yang cukup populer lantaran memiliki kemampuan bertahan hidup yang cukup baik.

Tanaman ini juga mudah dirawat, sebab dapat tumbuh dengan pencahayaan yang cukup, baik sebagai tempat persembunyian ikan juga memiliki keunggulan mampu mengoksidasi air dan mengurangi amoniak.

Hornwort kuat bertahan dala berbagai suhu, namun idelnya 15 hingga 30 derajat celcius. Tanaman ini tergolong cepat tumbuh karenanya perawatan rutin perlu dilakukan agar tanaman tidak menyebar terlalu luas dan merusak tatanan dekorasi yang anda inginkan.

Wisteria

Wisteria juga dikenal sebagai Hygrophila Difformis merupakan tanaman air tawar asal India. Tanaman yang memiliki bentuk daun unik, berwarna hijau cerah dan dapat tumbuh mencapai 50cm.

Wisteria dapat ditanam pada substrat atau kerikil, dan tumbuh subur dalam kondisi yang minim cahaya. Tanaman hias ini juga tergolong kuat karena mampu bertahan dari kesalahan para pemula.

Wisteria termasuk cepat bertumbuh hingga mencapai permukaan air dan berpotensi menghalangi cahaya ke dalam akuarium sebabnya pemangkasan rutin harus dilakukan. Jangan menanam wisteria terlalu dekat dan rapat, sisakan ruang terbuka untuk ikan cupangmu.

Anubias Nana

Anubias Nana

Anubias nana adalah salah satu varietas dari spesies Anubias barteri. Tumbuhan air tawar yang berasal dari Afrika ini dapat tumbuh dengan kondisi daun terendam penuh atau sebagian. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan ketinggian maksimal 17cm, daun yang cukup besar dan tebal.

Anubias nana memiliki batang yang cukup tebal dan tumbuh dengan menempel pada kayu apung, batu, atau ornamen akuarium lainnya.

Pertumbuhan tanaman ini juga tergolong lambat, kuat, dan tahan lama juga mampu berkembang dalam kondisi air yang bervariasi dan minim cahaya.

Anubias nana menjadi satu di antara sekian banyak tanaman favorit yang dianjurkan para pegiat ikan hias, sehingga layak masuk dalam jenis tanaman aquascape untuk ikan cupang.

Sama seperti Java fern, alasan Anubias nana begitu digemari adalah daya tahan dan perawatan yang mudah. Cocok bagi pemula yang ingin memberi kenyamanan pada ikan cupang. Itulah rekomedasi 8 jenis tanaman aquascape yang cocok untuk ikan cupangmu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button