NewsOlahraga

7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Bermain Game

Hobring.com – Bermain game kini bukan lagi sekadar untuk kesenangan semata. Ada beberapa orang yang melakukannya sebagai bagian dari hobi bahkan profesi.

Bagi Anda seorang gamer, bermain game bisa menjadi kebutuhan khususnya bagi para YouTuber atau pegiat esport. Oleh karena itu, Anda perlu mulai menyadari penting kesehatan dan mengetahui dampak apa yang terjadi jika diabaikan.

Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan yang mudah dan sederhana saat Anda sedang bermain game.

Makan makanan yang sehat

Tips Menjaga Kesehatan Saat Bermain Game
Foto: Freepik

Penting sekali bagi siapapun termasuk gamer untuk memerhatikan makan makanan yang sehat dan baik bagi tubuh.

Mengonsumsi makan makanan sehat serta bergizi nyatanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menghindari kita dari berbagai penyakit yang tidak terduga.

Oleh karena itu, sempatkanlah untuk memasak atau mencari makan makanan yang sehat dan bergizi. Hal itu bukan hanya bermanfaat untuk tubuh tapi juga suasana hati Anda.


Baca Juga: 


Hindari dehidrasi

Tips Menjaga Kesehatan Saat Bermain Game
Foto: Freepik

Terkadang terlalu fokus pada suatu hal membuat kita lupa akan segala hal termasuk cairan dalam tubuh kita. Siapkanlah air putih atau minuman isotonik yang dapat membantu tubuh Anda agar tetap terhidrasi dengan baik.

Hindari kondisi dehidrasi karena itu dapat memengaruhi fungsi-fungsi organ dalam tubuh Anda salah satunya adalah ginjal.

Sebaiknya hindari minum minuman bersoda, beralkohol, berkafein tinggi dan lain sebagainya. Anda bisa menggantinya dengan air putih atau jus buah alami yang segar.

Istirahatkanlah mata

Tips Menjaga Kesehatan Saat Bermain Game
Foto: Freepik

Mata akan salah satu bagian dari tubuh yang memiliki peran penting dalam proses permainan gamemu. Dia harus tetap dalam kondisi baik agar dapat membantumu memenangkan permainan.

Cara agar menjaga kesehatan mata selain mengonsumi makan makanan vitamin A, Anda juga harus mengistirahatkannya.

Lakukan dengan cara memejamkan mata dalam beberapa menit sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, aturlah cahaya layar monitor dan cobalah mencari sesuatu hal yang berwarna hijau.

Dengan melihat sesuatu hal yang berwarna hijau seperti dedaunan atau pohon yang rindang ternyata dapat memberikan sensasi mata yang lebih nyaman.

Bahkan membuat mata menjadi lebih segar dan lebih rileks. Jadi, jangan paksakan mata Anda untuk menatap layar dalam jangka waktu yang lama.

Istirahatkan tubuh

Tips Menjaga Kesehatan Saat Bermain Game
Foto: Freepik

Selain mata, tubuh juga perlu dimanja dengan merebahkannya ke sofa yang nyaman atau kasur yang empuk.

Berbahaya jika memaksakan tubuh Anda bermain game sangat lama tanpa jeda waktu. Perlakukan tubuhmu dengan baik dengan cara beristirahat secara rutin dan teratur.

Luangkan waktu untuk berolahraga

Tips Menjaga Kesehatan Saat Bermain Game
Foto: Freepik

Meskipun sebagaian game adalah esports tapi bukan berarti Anda tidak membutuhkan olahraga. Anda tetap membutuhkan olahraga untuk peregangan otot-otot yang kaku.

Lakukanlah jogging atau sekadar jalan santai untuk mengurangi stres dan meregangkan otot Anda yang kaku.

Hindari obat penghilang kantuk

Tips Menjaga Kesehatan Saat Bermain Game
Foto: Freepik

Jika Anda merasa mulai mengantuk solusinya adalah tidur. Jangan sekali-kali mengonsumi obat penghilang kantuk.

Selain tidak layak dikonsumi dalam jangka waktu yang panjang. Mengonsumsi obat penghilang kantuk dapat mengacaukan jam istirahatmu.

Jika Anda sudah merasa mengantuk saat sedang bermain game. Itu tandanya alarm tubuhmu sedang memberi tahu kepada otak melalui sinyal agar Anda segera istirahat dan tidur.

Konsumsi vitamin

Tips Menjaga Kesehatan Saat Bermain Game
Foto: Freepik

Vitamin tak hanya didapatkan melalui makanan tapi juga didapatkan di apotek yang sudah teruji khasiatnya dan terpercaya.

Anda bisa mengonsumsi vitamin secara rutin sesuai dengan kebutuhan. Pastikan Anda mendapatkannya melalui apotek yang sudah terjamin kualitasnya.

Nah itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh ketika bermain game. Selamat mencoba!

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button