NewsOtomotif

7 Tips Berkendara Motor Dengan Aman di Masa Pandemi Covid-19

Hobring.com – Berkendara dengan sepeda motor adalah sesuatu hal yang lumrah khususnya bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Selain dapat menghindari kemacetan lalu lintas. Berkendara sepeda motor ternyata dapat membantu kita untuk mempersingkat waktu tempuh.

Tak heran jika banyak orang terutama kaum urban yang lebih menyukai berkendara dengan sepeda motor daripada menggunakan mobil.

Meski demikian, angka kecelakaan lalu lintas bagi pengendara sepeda motor bisa dibilang tidak sedikit. Baik itu kecelakan dengan luka ringan sampai luka berat.


Baca Juga:


Oleh karena itu, untuk menghindarinya Anda perlu memahami tentang bagaimana berkendara sepeda motor dengan aman terutama di masa pandemi Covid-19.

Sebab kesehatan adalah prioritas bagi semua umat manusia. Maka, bagi Anda yang suka berpergian menggunakan sepeda motor. Anda wajib mengetahui tipsnya berikut ini.

Periksa kendaraan motor

Sebelum memulai perjalanan pastikan Anda sudah memeriksa kondisi kendaraan motor Anda. Mulai dari lampu depan, sinyal, indikator, rem, kopling (jika ada), gigi, dan ban.

Tak lupa periksa juga surat-surat kendaran Anda beserta perlengkapan keselamatan seperti helm, kaca mata, sarung tangan bila diperlukan, oli cadangan dan lainnya.

Siapkan masker cadangan

Tips Berkendara Motor Dengan Aman
Foto: Freepik

Masker menjadi perlengkapan kesehatan yang wajib Anda bawa terutama di masa pandemi Covid-19. Sediakan selalu masker cadangan untuk Anda ganti.

Dalam penggunaan masker kesehatan, disarankan untuk menggunakannya maksimal 4 jam. Anda bisa kombinasikan antara masker medis dengan masker kain menjadi dua rangkap.

Pastikan saat menggunakan masker Anda dalam kondisi yang nyaman. Anda bisa menggunakan seperti ilustrasi di bawah ini.

Sedia selalu handsanitizer

Tips Berkendara Motor Dengan Aman
Foto: Freepik

Carilah handsanitizer yang mudah dibawa kemana saja. Anda bisa mengantonginya disaku celana atau diletakan di dalam jok motor Anda.

Usahakan untuk menyediakan handsanitizer. Hal itu dapat membantu Anda jika tidak tersedia air bersih yang mengalir dan sabun disekitar Anda.

Penggunaan hand sanitizer juga tidak dianjurkan terlalu sering. Anda boleh menggunakan sesekali jika memang sangat dibutuhkan.

Jika terlalu sering menggunakan hand sanitizer, dikhawatirkan hal itu dapat menyebabkan Anda merasa mual atau sakit kepala.

Patuhi rambu lalu lintas

Tips Berkendara Motor Dengan Aman
Foto: Freepik

Kini waktunya untuk menjalankan sepeda motor Anda. Pengemudi yang bertanggung jawab adalah mereka yang mempelajari rambu-rambu lalu lintas dengan baik dan benar.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan bagi pengendara sepeda motor yakni:

  • Ikuti lampu apill dengan benar
  • Jangan pernah mendahului kendaraan lain dengan kecepatan tinggi
  • Berada di sisi jalan yang benar dengan tidak mengambil hak pejalan kaki atau kendaraan lain

Waspada setiap saat

Mengemudi kendaraan apapun termasuk sepeda motor memerlukan konsentrasi yang tinggi. Oleh karena itu jangan hilangkan fokus Anda saat sedang berkendara.

Kadang kala ada banyak hal yang tidak terduga terjadi di jalan raya. Pastikan Anda tidak mengantuk atau kelelahan saat sedang berkendaraan sepeda motor.

Jika hal itu Anda abaikan, maka Anda adalah salah satu penyumbang kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Jadi, waspada selalu di mana pun Anda berada.

Hindari cuaca buruk

Tips Berkendara Motor Dengan Aman
Foto: Freepik

Terkadang kita tidak dapat memprediksi terkait perkiraan cuaca yang akan terjadi. Bisa saja pagi hari cerah, siang hari sudah hujan lebat bahkan jarak pandang hanya beberapa meter saja.

Jika sudah demikian apa yang harus kita lakukan? Jawabannya adalah berhenti dan carilah tempat yang aman untuk Anda berteduh atau terhindar dari cuaca buruk.

Melanjutkan perjalanan di tengah cuaca buruk bukanlah solusi yang tepat. Hal itu bukan hanya membahayakan Anda tapi juga pengendara lainnya.

Selain itu, jika Anda sudah menyadari bahwa wilayah Anda sudah memasuki musim penghujan. Sebaiknya Anda menyiapkan beberapa perlengkap penunjang seperti jas hujan, sepatu boots, dan lain sebagainya.

Jangan berkendara di bawah pengaruh alkohol

Tips Berkendara Motor Dengan Aman
Foto: Freepik

Alkohol adalah salah satu minuman keras yang umumnya dikonsumsi pada waktu-waktu tertentu. Bagi orang dengan usia dewasa, meminum minuman alkohol masih diperbolehkan.

Tapi bukan berarti saat sedang mengonsumsi alkohol dan dalam kondisi mabuk berat lantas Anda diperbolehkan untuk mengendarai kendaraan Anda.

Jika Anda nekat melakukannya, hal itu bisa berdampak buruk pada diri Anda. Misalnya dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku dan menyebabkan kecelakaan besar di jalan raya.

Oleh karena itu, jika Anda sedang berada di bawah pengaruh alkohol, sebaiknya Anda tidak mengendari kendaraan apapun termasuk sepeda motor.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button