TravelingNews

7 Tempat Wisata di Ciamis yang Hits Banget!

Hobring.com – Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terkenal dengan wisata alamnya yang memukau. Tak heran, banyak pelancong dari dalam dan luar negeri yang berburu destinasi tempat wisata di Ciamis.

Keindahan alam kabupaten Ciamis memang tidak perlu diragukan lagi. Berada diperbatasan antara Kabupaten Majalengka dan Kuningan, Kabupaten Ciamis adalah tempat yang cocok sekali untuk dijadikan destinasi wisata petualanganmu berikutnya.

Berikut ini adalah tempat wisata di Ciamis yang ngehits banget dan sayang sekali jika kamu lewatkan.

1. Curug Tujuh Cibolang

Rutinitas terkadang membuat kita menjadi penat. Berkunjung ke Curug Tujuh Cibolang bisa menjadi alternatif wisata saat berkunjung ke Ciamis. Terletak di Kampung Nanggela, Desa Sandingtaman, tempat wisata di Ciamis yang satu ini akan menyuguhkan keindahan alam dengan suasana tenang dan damai.

Curug Tujuh Cibolang
Curug Tujuh Cibolang. Sumber: Tripadvisor

Berada diketinggian sekitar 900 Mdpl, Curug Tujuh Cibolang memiliki keunggulan yakni berupa air terjun bertingkat. Keindahan alam yang menakjubkan membuat kamu betah berlama-lama di curug yang satu ini.

Pastikan kamu memilih waktu yang tepat sebelum berkunjung ke Curug Tujuh Cibolang. Sebab, berkunjung saat musim hujan atau cuaca sedang buruk merupakan pilihan yang kurang tepat.


Baca Juga:


Berdasarkan pantauan dari Hobring.com, untuk harga tiket masuk ke Curug Tujuh Cibolang yakni sekitar Rp 7.500 per orang. Harga tersebut bisa berubah sesuai dengan keputusan dari pihak pengelola tempat wisata. Jadi, pastikan sebelum mengunjunginya kamu sudah mendapat informasi terkini ya.

2. Bukit Move On

Ilustrasi Hutan Pinus
Ilustrasi Hutan Pinus. Sumber: RedDoorz

Tempat wisata di Ciamis berikutnya adalah Bukit Move On atau Puncak Move On. Buat anak milenial pasti nggak asing saat mendengar kata Move On, ya?

Meskipun disebut bukit atau puncak Move On, tempat wisata yang satu ini nggak ada hubungan dengan masalah hati, ya. Berada di kawasan hutan pinus milik Perum Perhutani KPH Ciamis, bukit Move On bisa dijadikan salah satu destinasi wisata kamu saat berkunjung ke Ciamis.

Puncak Move On sendiri berada di Desa Darmacaang, Cikoneng, Ciamis, Jawa Barat. Daya tarik dari tempat wisata yang satu ini adalah hutan pinus yang sejuk dan asri.

Tempat ini cocok banget buat kamu yang suka berkegiatan alam bebas seperti berkemah, mendaki atau bersepeda. Selain itu juga, kamu bisa sekadar menikmati suasana Bukit Move On dengan memasang hammock sambil bercengkrama dengan keluarga, teman, atau bahkan pasanganmu.

Untuk biaya masuk, kamu bisa menyiapkan sekitar Rp 5.000 saja. Tapi jika ingin menyewa peralatan kemah, kamu perlu siapkan uang berlebih ya. Pastikan kamu memilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bukit atau Puncak Move On.

3. Gunung Sawal

Gunung Sawal
Gunung Sawal. Sumber: Wikipedia

Ciamis dikenal dengan keindahan alamnya termasuk gugusan pegunungan yang menjadi dari magnet bagi para pelancong dalam negeri dan mancanegara. Salah satu destinasi wisata yang patut kamu kunjungi saat ke Ciamis, adalah Suaka Margasatwa Gunung Sawal.

Tempat wisata di Ciamis yang satu ini merupaan kawasan hutan gunung di Kabupaten Ciamis. Para pegiat alam bebas biasanya menjadikan Gunung Sawal sebagai tujuan destinasi wisata karena tempatnya masih sangat terjaga alamnya.

Bila kamu ingin berkunjung ke Gunung Sawal, pastikan kamu sudah memahami medan dan berpengalaman dalam hal berkegiatan alam bebas. Suaka Margasatwa Gunung Sawal kerap menghadapi ancaman terkait kelestarian alam.

Jangan sampai, kita menjadi wisatawan yang tidak bijak ketika menginjakan kaki di Gunung Sawal, ya.

4. Air Terjun Lubang Timah

Air Terjun Lubang Timah
Air Terjun Lubang Timah. Sumber: Gunawanmoch Blog

Tidak jauh dari Gunung Sawal tepatnya di kaki gunungnya. Terdapat sebuah air terjun yang sayang sekali jika kamu lewatkan. Nama air terjun tersebut adalah Lubang Timah. Berada di di ketinggian 1.764 Mdpl, objek wisata yang satu ini kabarnya merupakan bekas tambang timah di masa penjajahan kolonial Belanda.

Air yang jernih dan bebatuan yang eksotis menambah kesan yang menakjubkan saat kamu mendatangi tempat wisata di Ciamis yang satu ini. Sebelum kamu berkunjung ke Air Terjun Lubang Timah pastikan kamu dalam kondisi yang prima ya.

Sebab, akses menuju lokasi wisata ini adalah jalan yang menanjak dan penuh dan bebatuan.

5. Leuwi Pamipiran

Leuwi Pampiran
Leuwi Pampiran. Sumber: Ciamis Info

Destinasi wisata berikutnya adalah Leuwi Pamipiran yang terletak di Desa Tanjungjaya, Kecamatan Sadananya, Ciamis, Jawa Barat. Baru-baru ini, Leuwi Pamipiran menjadi viral berkat para pelancong yang tidak sengaja mengunggahnya di media sosial.

Sesuai dengan namanya, Leuwi Pamipiran adalah sebuah cekungan dalam di dasar sungai yang memiliki air yang jernih. Air yang berwana biru kehijauan ini kabarnya berasal dari kaki Gunung Sawal.

Sampai saat ini, Leuwi Pamipiran masih belum terdapat pengelola resmi. Oleh karena itu, ketika kamu mengunjunginya, Hobring.com berharap agar kamu tetap menjaga kebersihan dan menjaga kelestarian alamnya.

Pastikan saat berkunjung ke Leuwi Pamipiran, kamu selalu sehat dan dalam kondisi yang prima, ya.

6. Puncak Gunung Bongkok

Gunung Bongkok
Gunung Bongkok. Sumber: Pewe.id

Kabupaten Ciamis tak hanya terkenal dengan Gunung Sawal tapi juga popular dengan Puncak Gunung Bongkok. Tidak jauh dari air terjun Lubang Timah terdapat sebuah tempat berkemah yang sayang sekali jika terlewatkan.

Puncak Gunung Bongkok bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang patut kamu coba saat berpetualang di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Masih berada dalam kawasan Gunung Sawal, Puncak Gunung Bongkok merupakan gunung tidak aktif yang berada di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Berada di ketinggian 1.141 meter di atas permukaan air laut atau Mdpl, Puncak Gunung Bongkok memiliki panorama alam yang memesona. Tidak hanya udara yang sejuk dan keindahan alam yang asri, Puncak Gunung Bongkok saat cocok untuk berkegiatan alam bebas.

Meskipun tidak terlalu tinggi, tapi jangan salah. Trek menuju Puncak Gunung Bongkok bisa dibilang cukup menantang. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pendakian ke Puncak Gunung Bongkok, selalu pastikan bahwa kamu membawa perlengkapan yang memadai dan memiliki pengalaman juga ya.

7. Situs Pangcalikan Gunung Padang

Situs Pangcalikan Gunung Padang
Situs Pangcalikan Gunung Padang. Sumber: Alam Priangan

Setelah puas menikmati keindahan alam di Kabupaten Ciamis, tidak ada salahnya kalau kamu mencari tahu tentang bagian sejarah yang ada di Ciamis namanya Situs Pangcalikan Gunung Padang.

Pada situ tersebut terdapat objek peninggalan purbakala berupa bangunan berundak, makam, dan kolam. Dikutip dari disparbud.jabarprov.go.id bahwa Situs Pangcalikan Gunung Padang selalu dikaitkan dengan Kerajaan Galuh.

Seorang raja dari Kerajaan Galuh yang bernama Sri Maharaja Adi Mulya merupakan raja yang sangat disegani oleh rakyatnya.

Keberadaan Situs Pangcalikan Gunung Padang tak ubahnya merupakan bagian dari peninggalan purbakala yang berhubungan dengan suatu bentuk sistem religi masyarakat di masa lalu. Sehingga, masyarakat setempat tentunya sangat menjaga adat istiadat yang ada di Situs Pangcalikan Gunung Padang.

Jika kamu tertarik dengan sejarah di Kabupaten Ciamis, tidak ada salahnya mengunjungi situs yang satu ini. Terletak di Desa Sukaresik, Kecamatan Cikoneng, Ciamis, Jawa Barat. Situs Pangcalikan Gunung Padang adalah sarana edukatif untuk mempelajari sejarah yang terjadi di masyarakat.

Nah itu dia beragam destinasi tempat wisata di Ciamis yang hits banget dan wajib kamu kunjungi saat berada di Kabupaten Ciamis. Tetap patuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan 3M yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak. Selamat berpetualang!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button